x

Iklan

gorilnakal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 19 Juni 2019 19:10 WIB

Keutamaan dan Manfaat Besar dari Ayat Al-Kursi

Dalam nama Allah, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang  Semua pujian adalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Semoga Allah melimpahi kedamaian dan berkah-Nya atas Hamba dan Utusannya Muhammad dan atas seluruh keluarga dan para Sahabatnya. Ameen. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keutamaan dan Manfaat Besar dari Ayat Al-Kursi

Dalam nama Allah, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang 
Semua pujian adalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Semoga Allah melimpahi kedamaian dan berkah-Nya atas Hamba dan Utusannya Muhammad dan atas seluruh keluarga dan para Sahabatnya. Ameen. 


Ayat al-Kursi 

Adapun mengenai bacaan Ayat Kursi adalah sebagai berikut.

Allahu la ilaha illa huwa Al -Haiyul-Qaiyum 
La ta'khudhuhu sinatun wa la nawm 
lahu ma fi as-samawati wa ma fil-'Man 
Man dhal-ladhi yashfa'u' indahu illa bi-idhnihi 
Ya'lamu ma bayna aydihim wa ma khalfahum 
wa la yuhituna bi shai'in min 'ilmihi illa bima sha'a 
Wasi'a kursiyuhus-samawati wal ard 
wa la ya'uduhu hifdhuhuma wa Hu wal' Aliyul-Adheem


Allah! Tidak ada tuhan selain Dia - Yang Hidup, yang hidup mandiri, yang kekal. 
Tidak ada tidur yang dapat menangkap Dia maupun Tidur. 
Semua miliknya ada di surga dan di bumi. 
Siapa di sana yang bisa bersyafaat di hadirat-Nya kecuali saat Ia mengizinkan? 
Dia tahu apa (tampak kepada makhluk-Nya sebagai) Sebelum atau Setelah atau Di belakang mereka. 
Mereka juga tidak akan kompas dari pengetahuannya kecuali seperti yang Dia kehendaki. 
Takhta-Nya meluas ke langit dan di bumi, dan Ia tidak merasa lelah dalam menjaga dan melestarikannya, karena Dialah Yang Mahatinggi. Yang Agung (dalam kemuliaan). Al-Baqarah 2: 255 

Manfaat dan kebajikan dari Ayah ini sangat banyak dan berikut adalah beberapa di antaranya:

• Jaminan surga, insya Allah!
• Diriwayatkan bahwa Abu Umamah berkata: Utusan Allah (damai dan berkah besertanya) mengatakan: “Siapa pun yang membaca Ayat Al-Kursi segera setelah setiap salat yang ditentukan, tidak akan ada yang berdiri di antara dia dan surga yang masuk kecuali kematian. ”(Dilaporkan oleh An-Nasa'i dan Ibn Hibban.) 
• Di dalamnya Nama Allah Yang Maha Besar (ismullahi al-'atham) disebutkan. 
• Ini melindungi diri, properti, dan rumah seseorang dari shayatin (setan) dan membawa seseorang terbebas dari kesulitan. 
• Orang beriman yang membacanya setelah shalat wajib berada di bawah Perawatan dan Perlindungan Allah sampai dimulainya sholat berikutnya. 
• Ini adalah satu-satunya tempat dalam Al Qur'an di mana Kursi (Singgasana Allah) disebutkan
• Ini membawa banyak berkah doa Islam ketika dibacakan dan ditiup makanan dan minuman 
Berikut adalah beberapa hadits tentang manfaat besar dan kebajikan Ayat ul Kursi: 

Hadhrat Ali (ra) mengatakan bahwa kepala Ayats dari Al-Qur'an Kareem adalah Ayatul Kursi. 

Hadhrat Ibnu Masood ra mengatakan bahwa Allaah the Lofty tidak menciptakan apa pun di langit atau di bumi, di Jannat atau Jahannam, lebih tinggi dari Ayatul Kursi. 

Hadhrat Ibn Masood (ra) mengatakan bahwa tidak ada ruang di langit atau di bumi yang lebih tinggi dari Ayatul Kursi. 

Hadhrat Ali bin Kaab (ra) menyatakan bahwa Nabi (saw) bertanya kepadanya, " Manakah yang merupakan peringkat tertinggi Aayat dalam Al-Qur'an Kareem?" Dia berkata, "Allah dan Rasul-Nya paling tahu".Rasulallah mengulangi pernyataan ini dengan sangat sering. Hadhrat Ali (ra) menyatakan, "Ayatul Kursi". Nabi (saw) berkata: " Oh Abul Munzar (nama keluarga Abi bin Kaab). Semoga Anda diberkati dengan pengetahuan ini. Saya bersumpah dengan yang ada di tangan dan kontrol yang hidup saya, bahwa ayat ini memiliki satu lidah dan dua bibir Ini adalah dengan ambang pintu Arsh Allah, Menyebutkan kemurnian-Nya ". 

Dilaporkan dari Hadhrat Askee Baqri bahwa Nabi (saw) datang ke kediaman Muhajreen ketika seseorang bertanya, "Di dalam Al-Qur'an Kareem yang merupakan Ayat paling agung?" Nabi (saw) mengulangi "Ayatul Kursi". 

Hadhrat Hassan melaporkan "Marfoonaan", "Saya telah diberi Ayatul Kursi. Nabi (saw) berkata, "Surah Fateha, Ayatul Kursi dan dua Ayats dari Al-Imraan (Shaheedal Allaah - Ayat ke-18), dan" Qul Allaahumma Malekal mulk til Bi Ghairi Hisaab (Ayat 26/7) melekat pada Arsh dan berkata, "Oh kami Rabb, Engkau mengirim kami ke bumi untuk orang-orang yang tidak patuh !!! Allah berkata, "Aku telah memberimu status seperti itu, siapa pun dari antara hamba-hamba-Ku membacakanmu setelah setiap sholat, tempat peristirahatannya adalah Jannat. Dan saya akan tinggal di Jannatul Quddoos dan memenuhi 70 kebutuhan kebutuhan sehari-hari, yang paling tidak adalah memaafkannya dan menyelamatkannya dari semua musuh kejahatan. 

Ini setara dengan seperempat dari Al-Qur'an. 

Hadhrat Anas (RA) menceritakan bahwa Rasulallaah (saw) bertanya kepada salah seorang temannya: "Oh, begini dan begitu kamu sudah menikah?" Dia membalas:"Tidak, saya tidak memiliki cukup kekayaan yang bisa saya nikahi." Nabi (saw) berkata: "Apakah Anda tahu Surah Qul Huwallaahu Ahad?" Sahabat menjawab: "Saya tahu". Nabi (saw) berkata: "Itu sama saja ke seperempat dari Al-Qur'an. Nabi (saw) bertanya: "Apakah kamu tidak tahu Qul Yaa Ayyuhal Kaafiroon?" Sababi itu menjawab "Aku tahu". Nabi (saw) berkata, "Itu sama dengan seperempat dari Al-Qur'an." Nabi (saw) bertanya, "Apakah kamu tidak tahu Surah" Iza Zul Zilzilaat " ?" Sahaabi itu menjawab, "Aku Tahu". Nabi (saw) ) berkata: "Ini adalah seperempat dari Al-Qur'an".Nabi (saw) bertanya:Sahabi menjawab "Aku Tahu" Nabi (saw) mengatakan, itu adalah seperempat dari Al-Qur'an. Nabi (saw) bertanya: "Apakah Anda tahu Ayatul Kursi?" Sahabi itu menjawab "Aku tahu". Nabi (saw) berkata, "Itu sama dengan seperempat dari Al-Quran. Menikah, Menikah, Menikah." 

Manfaat dan Kebajikan Ayat ul Kursi 

Hadhrat Anas (ra) mengatakan bahwa Nabi (saw) mengatakan: "Orang yang membaca Ayatul Kursi setelah setiap shalat fardaat akan dilindungi sampai Shalat berikutnya dan ini terus dilakukan oleh seorang Nabi atau Siddiq. atau seorang martir 

Hadhrat Hassan bin Ali (ra) mengatakan: "Seseorang pernah bertanya:" Ya Rasulullah (saw) apa yang diterima orang itu yang membaca Ayatul Kursi setelah setiap Fard Sholat? Nabi (saw) berkata: "Orang itu tetap berada di bawah perlindungan Allah sampai shalat berikutnya." 

Hadhrat Anas (ra) mengatakan: Rasulallaah (saw) bertanya; "Apakah kamu tahu Ayat mana dalam Al-Qur'an yang paling tinggi?" Saya berkata, Allah dan Rasulnya tahu lebih banyak. Nabi (saw) membaca Ayatul Kursi 

Hadhrat Efai bin Abdullah Kallee mengatakan bahwa satu orang bertanya, " Wahai Rasulullah (saw), ayat mana dalam Al-Qur'an yang paling tinggi?" Nabi (saw) berkata: "Ayatul Kursi". Orang itu bertanya , "Ayat mana yang memiliki manfaat yang Anda inginkan untuk umat Anda, dalam Al-Qur'an?""Ayat terakhir dari Surah Baqarah, karena itu adalah dari harta Allah dari bawah ambang pintu Arsh. Itu mencakup semua kebaikan dunia ini dan Aakhiraat". 

Hadhrat Muhammad bin al Saumi bin Al Salsal bin Damasc meriwayatkan dari ayahnya, yang pada gilirannya, meriwayatkan dari ayahnya bahwa Nabi (saw) berkata: "Siapa pun yang membaca Ayatul Kursi setelah setiap shalat faat, hanya ada kematian antara dia dan Jannat", dia akan masuk ke Jannat segera ketika dia mati. 

Hadhrat Ibne Anas (ra) mengatakan bahwa Rasulallaah (saw) mengatakan: "Orang yang membaca Ayatul Kursi setelah setiap Fard Sholat, Allah akan memberinya hati yang bersyukur, tindakan orang-orang yang jujur ​​dan pahala seperti para nabi (ambiya). Belas kasih sayang khusus akan turun kepadanya, dan kematian adalah satu-satunya penghalang dari jalan masuknya ke Jannat. Pada saat sekarat dia akan memasuki Jannat ". Insya Allah, 

Berkah Ekstra atas makanan, ditiupkan pada 

Hadhrat Aisyah (RA) menceritakan bahwa satu orang datang kepada Nabi (saw) dan mengatakan bahwa sama sekali tidak ada "Barakat" (berkah) dalam hal-hal di rumah. Nabi (saw) menjawab, "Mengapa kamu lalai terhadap Ayatul Kursi." 
Setiap kali Aayatul Kursi dibacakan pada makanan, Allah akan meningkatkan Barakat dalam makanan itu. 


Untuk melindungi diri, kekayaan, harta benda dan rumah seseorang dari Setan

Hadhrat Ali (RA) mengatakan, "Saya telah mendengar Rasulullah (saw) mengatakan bahwa orang yang membaca Ayatul Kursi setelah setiap sholat, hanya kematian yang mencegahnya dari Jannat dan yang membacakannya ketika pensiun ke tempat tidurnya, Allah akan melindungi rumahnya, tetangganya dan bahkan lingkungannya. 

Hadhrat Abu Hurairah (ra) meriwayatkan ini (atas) Hadis dari Rasulallaah (saw), dengan penambahan bahwa ada Ayat dalam Surah Baqarah, yang merupakan kepala ayat dari Al-Qur'an. Barang siapa mengucapkannya di sebuah rumah di mana Shaitaan berada, dia (Shaitaan) akan pergi. 

Hadhrat Ibne Masood (ra) mengatakan bahwa seseorang meminta Rasulallaah (saw) untuk mengajarinya sesuatu yang akan menguntungkannya, "Nabi (saw) berkata, "Baca Ayatul Kursi, itu akan melindungi Anda, anak-anak Anda, rumah dan bahkan rumah-rumah di sekitar rumah Anda ada Dakwah Islam mulia." 


Dalam masa-masa sulit

Hadhrat Abu Zar (RA) mengatakan bahwa ia bertanya kepada Rasulallaah (SAW) yang merupakan yang paling (bahasa Arab) ( mulia, terhormat) Ayat mengungkapkan kepada Anda? Nabi (SAW) menjawab, "Ayatul Kursi". 

Bantuan pada saat kesulitan dan Malaikat ditetapkan untuk Perlindungan 

Hadhrat Abu Qatada (RA) menceritakan bahwa Nabi (SAW) mengatakan bahwa Nabi (SAW) berkata. "Siapa pun yang membaca Ayatul Kursi dan Ayat terakhir dari Surah Baqarah ketika dalam kesulitan, maka Allah mendengarkan permohonan itu. " 

Hadhrat Qatadah (RA) mengatakan: " Siapa pun yang membacakan Ayatul Kursi di tempat tidurnya, Allah Ta'aala menominasikan 2 malaikat untuk melindunginya sampai pagi. " 


Kelahiran anak mudah

Hadhrat Fatima Zahra (ra) meriwayatkan , "Ketika waktu mendekati pengirimannya, maka Nabi (saw) memerintahkan Hadhrat Umme Salama (ra) dan Hadhrat Zainab (ra) untuk pergi ke Fatima dan membaca Ayatul Kursi dan " Inna Rabba Kumullaah " ( seluruh Ayat) dan dua Quls terakhir dan pukulan padanya. 

Ayatul Kursi adalah Sarana Perlindungan Terbaik 

Hadhrat Ali (ra) menceritakan, "Saya tidak bisa mengerti bagaimana seseorang, yang adalah seorang Muslim dan pemilik akal (intelek), dapat menghabiskan malam tanpa membaca Ayatul Kursi. Jika Anda tahu manfaat dari itu, maka Anda tidak akan pernah membuangnya dalam kondisi apa pun ". 

Rasulallaah (saw) menyatakan, "Saya telah diberi Aayatul Kursi dari harta di bawah Arsh Allaah dan itu tidak diberikan kepada siapa pun sebelum saya".

Hadhrat Ali (ra) mengatakan, "Sejak saya mendengar ini, saya tidak pernah melewatkan malam tanpa membacanya". 

Hadhrat Abu Huraia (ra) mengatakan bahwa Rasulallaah (saw) menyatakan bahwa siapa pun yang membaca "Haa meem al Mu'minoon " hingga "al maseer" dan Ayatul Kursi di pagi hari, akan dilindungi sampai malam dan siapa pun yang membaca keduanya di malam akan dilindungi sampai pagi hari. 

Hadhrat Ibne Abbass (ra) meriwayatkan bahwa Bani Israeel bertanya kepada Musa (AS), "Apakah Rabb Anda tidur?" Musa AS berkata, "Fear Allaah". Allah memerintahkan, "Oh Musa, bangsa Anda bertanya kepada Anda apakah Rabb Anda tidur? Ambil dua gelas di tangan Anda dan tahan dengan itu sepanjang malam. "Hadhrat Musa (AS) melakukan apa yang diperintahkan kepadanya. Ketika malam ketiga berlalu, dia berlutut tetapi segera berdiri. Pada bagian akhir malam itu, tidur mengalahkannya dan kacamatanya jatuh dan pecah. Allaah berkata, "Oh Musa, jika aku tidur maka langit akan jatuh di bumi dan menghancurkannya sama seperti dua gelas jatuh dari tanganmu dan pecah." Kemudian Allaah Ta'aala mengungkapkan kepada Nabi (saw) Ayatul Kursi. 

Memenuhi 70 kebutuhan dan Ayat yang memberikan Jannat. 

Hadhrat Ali (ra) menceritakan bahwa Surah Fatiha, Ayatul Kursi dan dua Ayats dari Al Imraan (Shahidallaahu Anahu la ...... Azzizul Hakeem) dan (Qul Allahumma ... bi Ghairi Hisaab) terkait dengan lengkungan Allah dan di antara mereka dan Allah tidak ada kerudung. Ayats ini berkata kepada Allah"Kamu mengirim kami ke bumi dan di antara mereka yang menjadi tidak taat." Allah berfirman, "Demi Keberadaanku, aku berkata, bahwa siapa pun hamba-Ku membacakanmu (berbicara dengan para Ayats) setelah setiap sholat fasik, aku akan membuat tempat peristirahatannya Jannat, terlepas dari tindakan apa yang mungkin ia lakukan dan akan membuatnya tetap tinggal dalam "Blessed Peace" dan melihatnya dengan mata sembunyi saya setiap hari tujuh puluh kali dan memenuhi tujuh puluh kebutuhannya setiap hari, di antaranya yang terkecil adalah pengampunan dan saya akan melindunginya dari setiap musuh dan membantunya melawan musuh ". 

Beberapa Keutamaan Ayat ul Kursi Dirangkum

• Ini adalah Ayat al-Qur'an termulia. 
• Ini adalah Ayat utama Al-Qur'an.
• Pembaca dilindungi dari efek jahat Jinnat dari pagi hingga sore dan dari malam hingga pagi. 
• Itu dari ambang Arsh Allah (Tahta Allah). 
• Ini setara dengan seperempat dari Al-Qur'an. 
• Siapa pun yang membacanya setelah Fard Sholat akan dilindungi sampai Sholat berikutnya dan dan hanya kematian yang menjadi penghalang antara pembaca dan Jannat insya Allah. 
• Meniup makanan dan minuman membawa berkah dan kelimpahan pada makanan atau minuman yang dihancurkan. 
• Ini lebih besar dari langit, bumi, Jannat dan Jahannam. 
• Siapa pun yang membacanya saat memasuki rumah; Setan merasa tidak tertahankan untuk tetap di sana dan menjerit seperti keledai.
• Pembaca, anak-anaknya, rumah, kekayaan, properti, dan rumah-rumah tetangganya aman. 
• Siapa pun yang membacanya bersama dengan Ayats terakhir dari Surat Baqarah, Shaitaan tidak memasuki rumahnya selama setidaknya tiga hari ini adalah seberapa kuat efek dari Ayah ini. 
• Jinnah tidak bisa membuka peralatan apa pun di mana Ayat ini dibaca. 
• Di dalamnya ada Ism Azam. (Berbahagialah nama Allah; melalui mana doa dua penyerang terpenuhi). 
• Pencuri tidak mendekati pembacanya. 
• Ketika dibacakan dengan Ayat terakhir Surah Baqarah maka permohonan pembaca tidak akan diabaikan. 
• Ketika membacanya ketika tidur maka seseorang dilindungi sampai pagi. Dua malaikat ditugaskan untuk melindunginya.
• Siapa pun yang membacanya setelah setiap sholat faat, akan dihargai dengan hati yang bersyukur, lidah yang mengingat, hadiah menjadi martir di jalan Allah, dan juga akan dihargai seperti Siddiques. 
• Siapa yang membacanya dan "Inna Rabba bi kum Allaah .." dan dua Quls terakhir untuk seorang wanita pada pengiriman, maka pengiriman menjadi mudah untuk insya Allahnya. 
• Ketika seseorang membacanya dan menghancurkan harta miliknya dan barang-barangnya, maka Shaitaan tidak dapat mendekati harta miliknya. 
• Siapa pun yang membaca Ayatul Kursi dan awal Surah Ghafir di pagi hari maka ia akan dilindungi dan aman dari pagi hingga sore dan sebaliknya. 

SUBHANALLAH APA MANFAAT DAN VIRTUS YANG LUAR BIASA DENGAN PENDEK AYAH INI DARI QUR'AN YANG JUGA DAPAT DITEMUKAN DALAM MEDIA ISLAM.

Mari kita tidak kehilangan pahala dan berkat yang luar biasa ini dan mari kita pelajari jika kita tidak mengetahuinya dan meningkatkan dalam membacanya jika kita belum melakukannya dan mengingatkan orang lain juga untuk melakukan hal yang sama dan kita akan menerima hadiahnya! Mari kita juga mengajar keluarga, anak-anak, teman-teman, dan semua Muslim kita tentang kebajikan dan manfaat besar dari Ayah terbesar Al-Qur'an Agung!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik gorilnakal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

12 jam lalu

Terpopuler