Resep Cara Membuat Kolak Pisang Campur Nangka yang Enak dan

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi anda yang penasaran dengan resep kolak pisang yang enak maka tak perlu khawatir mari simak informasi resepnya di bawah ini.

Resep kolak pisang campur nangka yang enak adalah sajian mudah yang akan dapat anda buat di rumah. Bagi anda yang penasaran dengan resep kolak pisang yang enak maka tak perlu khawatir mari simak informasi resepnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 4 buah pisang tanduk
  • 50 gram nangka
  • 100 gram pacar cina
  • 400 gram gula merah
  • 1.500 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 200 gram singkong
  • 100 gram kolang kaling
  • 1 sendok teh garam
  • 800 ml santan dari 1 butir kelapa

Persiapan Membuat Kolak Pisang Campur Nangka yang Enak dan Nikmat:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cukup mudah. Silahkan persiapkan beberapa bahan yang ada pada resep sebelum terburu membuat sajian kali ini. Cara ini menjadi langkah yang penting yang akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Maka dari itu, silahkan dahulukan langkah persiapan kali ini.

2. Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mengupas pisang tanduknya dengan merata. Lalu setelah itu, potong pisang dengan menyerong dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.

3. Langkah berikutnya adalah dengan memotong nangka dengan bentuk memanjang. Anda cukup membagi dua bahan ini dengan menggunakan pisau. Lakukan pada nangka yang masih ada dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

4. Cara selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan singkong dan mengupasnya menggunakan pisau. Selesai pengupasan silahkan potong-potong singkong dengan ukuran yang lebih kecil. Masukkan dalam wadah yang berbeda dan sisihkan sajian ini sebelum di campurkan dengan bahan lainnya secara merata.

5. Untuk pacar cina anda akan dapat merebus sajian ini dalam sebuah panci sampai matang dan mengembang. Angkat sajian ini dan tiriskan air rebusannya kemudian sisihkan sementara.

6. Kemudian untuk kolang-kaling silahkan rebus pula dalam panci yang baru dan gunakan secukupnya air sampai kolang-kaling menjadi lebih empuk dan matang secara merata.

7. Untuk bumbu kolak pisang silahkna simpul daun pandan sebab nantinya bahan ini harus mengeluarkan aroma yang harum. Metode simpul akan membuat daun pandan lebih mudah mengeluarkan aromanya. Selain itu, sisir pula gula merah dengan merata sebagai campuran dari sajian kali ini.

Cara Membuat Kolak Pisang Campur Nangka yang Enak dan Nikmat:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara merebus sebuah air di dalam panci. Lalu masukkan ke dalamnya gula merah bersama dengan daun pandan dan berikan garam ke dalamnya. Masak sajian ini sampai dengan mendidih dan matang secara merata.

2. Baru kemudian anda akan dapat menuangkan potongan pisang bersama dengan kolang-kaling. Aduk merata semua sajian ini dan rebus dengan menggunakan api yang kecil sampai matang.

3. Baru anda akan dapat menuangkan pacar cina ke dalam sajian ini dan aduk kembali dengan merata.

4. Masukkan santan ke dalamnya dan aduk-aduk sajian ini dengan perlahan sampai matang dan mengental. Cicipi pula apakah manisnya sudah pas atau belum, jika belum maka anda akan dapat menuangkan lebih banyak gula ke dalamnya. Aduk kembali dengan merata.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ilham

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua