x

Iklan

dian basuki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Debat Menyingkapkan Kapasitas Capres

Debat capres menyingkapkan kapasitas intelektual, penguasaan masalah, kecerdikan strategi, dan karakter para capres.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Debat berpotensi jadi ajang pertukaran pikiran yang dapat menunjukkan sejumlah hal dalam diri orang-orang yang berdebat. Karena itu, debat calon presiden dan calon wakil presiden sesungguhnya merupakan peluang yang baik bagi rakyat untuk menyaksikan dan menilai langsung bagaimana sosok yang akan mereka pilih untuk memimpin sebuah negeri dengan penduduk lebih dari 250 juta orang.

Pertama, kapasitas intelektualnya. Kapasitas intelektual yang memadai diperlukan siapapun yang berhasrat atau merasa mampu memimpin negeri dengan tantangan yang berjibun ini: ekonomi, politik, pendidikan, energi, pangan, luar negeri, dan banyak lagi. Pemirsa debat dapat menilai seberapa besar kapasitas intelektual para capres dari caranya berpikir dan memandang persoalan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kedua, penguasaan masalah pada isu-isu yang diperdebatkan. Debat akan menyingkapkan bahwa capres 01 atau 02 memahami isu tertentu, tapi mungkin kedodoran dalam menyikapi isu lain. Sehabis acara debat perdana yang lalu, umpamanya, banyak tanggapan bahwa kedua capres memberi jawaban yang melenceng dari beberapa pertanyaan yang diajukan. Sebenarnya, cara berpikir dan memandang persoalan dapat meluruskan apa yang melenceng.

Ketiga, kecerdikan dalam strategi dan taktik. Setiap pemimpin dihadapkan pada tekanan yang mengharuskannya segera mengambil keputusan. Dalam situasi yang genting, dengan pengetahuan yang terbatas mengenai persoalan tertentu, kecerdikan mereka diuji: bagaimana mereka mencari jalan keluar. Kemampuan ini dapat dilihat saat debat berlangsung.

Keempat, karakter. Dalam debat, karakter seseorang akan semakin tersingkap: apakah ia sabar, cerdik, jujur, adil, berpikiran terbuka, cepat dalam memutuskan, atau sosok yang mudah terombang-ambing, peragu, emosional, atau baper-an. Karakter kepemimpinan yang diperlukan untuk memimpin negeri ini untuk sebagian dapat tersingkap dalam acara debat.

Setidaknya keempat hal itu dapat dilihat dalam acara debat capres-cawapres. Debat capres menyingkapkan kualitas para calon di hadapan rakyat dan juga masyarakat dunia. Karakter dan kapasitas intelektual merupakan basis, sedangkan penguasaan masalah dan kecerdikan strategi merupakan ikutannya. Dari caranya berpikir dan memandang tantangan, orang dapat menakar karakternya, apakah ia pemimpin yang Anda inginkan? Ataukah Anda berpikir seandainya ada calon alternatif ketiga? **

Ikuti tulisan menarik dian basuki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu