x

Iklan

sitikhadijah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kenapa Suami Harus Rajin Mendekap Istri? Disini Jawabannya

Deskripsi ilmiah terkait manfaat positif dari memeluk pasangan baik dari segi kesehatan fisik maupun non fisik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kenapa Suami Harus Rajin Mendekap Istri atau Sebaliknya? Disini Jawabannya.

Agaknya tema kali ini akan menarik perhatian kaum hawa ya. Next yuk ... Dalam kehidupan sosial, kita dapati bahwa saling berdekapan adalah sebuah aktifitas khusus antara dua individu untuk saling mengekspresikan rasa kedekatan secara emosional. Umumnya hubungan sebagai teman, kerabat, kekasih, teman bisnis, orang tua dan anak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Intinya, kalau ada dua orang yang berpelukan saat bertemu maka bisa dipastikan bahwa keduanya telah memiliki hubungan hati yang erat. Walaupun secara fisik mungkin mereka sudah lama berjauhan.

Nah bagaimana jika berdekapan dengan pasangan? Pentingkah? Seberapa banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh sepasang suami istri kalau mereka rajin melakukan aktifitas fisik yang satu ini. Yuk simak bersama.

Psikologi Berdekapan

Bagaimana psikologi membahas aktifitas romantis ini? Ternyata dalam riset psikologi pembahasan ini telah complete dikaji lho. Termasuk kajian soal manfaat dari berpelukan ini. Nah yang penting digaris bawahi bersama bahwa berpelukan yang dibahas dalam psikologi ini tak hanya berlaku bagi sepasang suami istri melainkan berlaku secara umum.

Adapun berdekapan dengan pasangan, sudah ditegaskan juga dalam kajian ilmu psikologi bahwa berpelukan yang akan bermanfaat positif hanya berlaku bagi pasangan sah. Tidak sembarang pasangan yang diinginkan tanpa hubungan yang sah.

Dalam kajian psikologi keluarga, kaum ahli kejiwaan menyarankan sedikitnya delapan pelukan dalam sehari untuk lebih bahagia dan menikmati ikatan yang lebih baik.

Merujuk terapis kondang dalam hal keluarga Virginia Satir, mengungkapkan bahwa seseorang membutuhkan empat pelukan untuk bertahan hidup, delapan dekapan untuk kesehatan dan dua belas dekapan untuk pertumbuhan.

Ada satu riset ilmiah juga menunjukkan bahwa tindakan sederhana seperti mendekap bisa meningkatkan kuantitas hormon oksitosin di tubuh.

Hormon oksitosin adalah hormon yang mampu meningkatkan kepercayaan dan keyakinan diri, mengurangi rasa takut cemas, dan menaikkan kasih sayang serta ketenangan.

Hormon oksitosin ini merupakan hormon yang mampu menurunkan tekanan darah, menaikkan imunitas tubuh, melawan infeksi dan keletihan, serta mengurangi stres dan depresi.

Nah, berarti ada catatan untuk para suami, jika menemui istri sedang stres, cemas, galau atau bahkan depresi, coba aja ditenangkan dengan pelukan ya. Nitip salam buat para ibu sholihah di rumah.

Ada juga riset yang existed menunjukkan bahwa pelukan terhadap anak mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Trik Pelukan

Bagaimana supaya pelukan kita memiliki dampak lebih positif. Pertama, diharapkan sebelum memeluk coba hilangkan hal-hal yang akan mengganggu pikiran seperti soal bisnis, masalah rumah, konflik dan lain-lain.

Sebab saat memberikan pelukan bersamaan kondisi kepala penuh dengan berbagai pikiran, maka dapat menurunkan energi positif serta keromantisan yang dapat kita berikan.

Kedua, kosongkan jemari kita dari benda-benda kurang penting yang ada misalnya telepon genggam, tas, kunci dan benda lainnya sehingga dapat lebih bebas untuk memeluk.

Ketiga, lakukan dekapan sedikitnya tiga detik demi merasakan dampaknya pada tubuh.

Di Indonesia dan sebagian negara lainnya, berpelukan yang menyumbang manfaat positif dilakukan pada pasangan suami istri, saudara, rekan, dan orang tua pada anaknya. Pelukan juga penting diberikan ketika yang pas, pada orang yang tepat dan sesegera mungkin.

Banyak yang masih awam terhadap manfaat pelukan ini. Bahkan anak yang sering dipeluk dan dibelai orang tuanya maka tumbuh menjadi seseorang yang penyayang, tubuhnya menjadi lebih sehat, kekebalannya bagus serta percaya diri.

Bahkan karena kurangnya pelukan diantara suami dan istri, antar kerabat, antar orang tua anak, menjadi faktor banyaknya masalah, atau gangguan sikap yang muncul dalam satu lingkungan.

Jika boleh admin rangkumkan, bahwa pelukan dengan pasangan mampu menumbuhkan keromantisan, mengurangi ketegangan konflik, menurunkan stres pasangan, menumbuhkan kepercayaan diri pasangan, meningkatkan hormon oksitosin (hormon ketenangan).

Sangat banyak ya ternyata keuntungan positif dari dekapan yang ditunjukkan oleh riset ilmiah. Silahkan dibagikan ke kekasih masing-masing ya.

Semoga bermanfaat, Allahu alam bisshowwab

Disini information riset admin ambil dari situs kumpulan para psikolog Indonesia di psikologikita.com

Ikuti tulisan menarik sitikhadijah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler