x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menu Buka Puasa Bagi Ibu Menyusui

Seperti apa saja jenis makanan tersebut? Mari simak langsung informasinya di bawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Waktu berbuka puasa merupakan detik-detik yang paling dinantikan selama menjalani ibadah puasa. Betapa tidak, setelah seharian menahan lapar dan haus, untuk pertama kalinya makanan dan minuman boleh kita santap.

Makanan yang terlihat biasa saja pun akan mungkin begitu istimewa saat dihidangkan ketika buka puasa. Hanya saja, bagi ibu menyusui yang ikut menjalani ibadah puasa aneka jenis makanan yang dihidangkan selama puasa sebaiknya bukanlah makanan yang sembarang.

Jenis makanan perlu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan dalam rangka mendukung produksi ASI dan kualitasnya dengan baik. Sebaliknya konsumsi makanan yang kurang sehat akan mungkin rentan membuat ibu terserang penyakit. Bila kondisi ini terjadi lantas bagaimana dengan kegiatan menyusui si buah hati?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Maka dari itu, mari simak menu buka puasa bagi ibu menyusui yang penting untuk senantiasa diperhatikan dengan baik. Seperti apa saja jenis makanan tersebut? Mari simak langsung informasinya di bawah ini.

Karbohidrat

Jenis makanan pertama yang penting dicukupi oleh ibu yang sedang menyusui adalah kebutuhan karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber cadangan energi yang akan membuat tubuh menjadi bugar dan segar selama menjalani ibadah puasa.

Dari jenis karbohidrat yang baik dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks yang mana sumber ini akan cenderung lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga dampaknya akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama. Asupan bahan karbohidrat akan tentu membantu ibu menyusui agar tidak mudah kelaparan selama menjalani ibadah puasanya.

Protein

Bahan makanan lain yang perlu dicukupi kebutuhannya selama puasa bagi ibu menyusui adalah protein. Di dalam tubuh protein akan dimanfaatkan sebagai zat pembangun yang memungkinkan memperbaiki kerusakan yang ada dalam tubuh. Selain itu, manfaat dari protein untuk ibu menyusui adalah sebagai regenerasi sel dan mencukupi kebutuhan energi di saat terdesak.

Beberapa jenis protein yang bisa anda dapatkan ada dua jenis yakni protein hewani dan protein nabati. Semisal daging, ayam, ikan dan telur. Sementara untuk makanan dengan kandungan protein nabati adalah tempe dan tahu. Jadi demikian, pastikan anda mencukupi kebutuhan ini di dalam tubuh.

Sayur dan Buah

Jenis makanan lain yang perlu diperhatikan asupannya sebagai menu buka puasa bagi ibu menyusui adalah sayur dan buah. Kedua jenis makanan ini adalah makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan serat yang banyak dalam buah dan sayur akan menghindarkan anda dari gangguan masalah pencernaan. Selain itu, sayuran dan buah-buahan kaya akan nutrisi yang baik yang diperlukan oleh tubuh.

Meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak sayur dan buah tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan yang besar. Sehingga jenis makanan ini cocok sekali untuk anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang lebih aman dan sehat.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Selain makanan sehat cairan pun memegang peranan penting untuk anda perhatikan asupannya. Hal ini dikarenakan selama puasa tubuh kita kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diasup ke dalam tubuh.

Kekurangan cairan akan dapat menyebabkan masalah seperti dehidrasi yang mana bila kondisi ini dialami ibu menyusui maka akan fatal akibatnya dan dapat menghambat proses pemberian ASI pada si kecil. Idealnya tubuh memerlukan kurang lebih 8 gelas asupan cairan ke dalam tubuh untuk menjaga keseimbangannya. Silahkan penuhi kebutuhan cairan ini dengan baik selama puasa. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu