x

Iklan

nita rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Cara Mekar Membuat Investasi Anda Rendah Risiko

Cara Mekar Membuat Investasi Anda Rendah Risiko

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pasar pinjaman peer-to-peer makin banyak menarik minat masyarakat Indonesia. Kelas aset yang terbilang baru ini terus menawarkan para investor nilai imbal hasil yang menarik. Salah satu contohnya, para funder di platform pinjaman mikro yang dikelola oleh Mekar menghasilkan rata-rata 10% per tahun dan bisa mencapai 16% bila funder menggunakan fitur spesial yang ada di platform tersebut yaitu fitur Reinvest, yang bekerja seperti dana pinjaman bergulir.

Jenis investasi ini memang terdengar seperti cara yang menjanjikan untuk menumbuhkan uang Anda. Tapi, seperti jenis investasi lainnya, investasi di pinjaman peer-to-peer tetap memiliki risiko. Sebelum Anda mengikuti jejak para investor yang telah lebih dulu berinvestasi di kelas aset ini, sebaiknya Anda lebih dulu mempelajari platform yang menawarkan layanan ini dan semua risiko yang mengikutinya.

Kalau Anda adalah seorang funder yang sudah lama berinvestasi melalui Mekar, Anda pasti tahu bahwa layanan investasi pinjaman peer-to-peer yang ditawarkan Mekar memiliki tingkat risiko yang jauh lebih rendah dibandingkan di platform lainnya di luaran. Bahkan mungkin inilah alasan kenapa awalnya Anda memilih untuk berinvestasi di Mekar. Bagi para funder di Mekar, peluang investasi yang hampir bebas risiko ini pastinya adalah sesuatu yang tak bisa dilewatkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di Mekar, Anda akan menemukan bahwa:

Angka Non-Performing Loan (NPL) sangat rendah, hanya 0,58% (Mekar menggunakan angka NPL gabungan dari para lending partner-nya –mengenai lending partner akan diulas lebih lanjut di bawah);

Setiap investasi awal dijamin keamanannya 100%, yang berarti bahwa jika terjadi kasus langka di mana peminjam gagal membayar kembali pinjaman yang telah Anda danai, Anda akan tetap mendapatkan kembali uang Anda.

Mekar telah melakukan banyak hal untuk memastikan bahwa para funder tidak perlu berurusan dengan tingkat risiko yang tinggi saat mereka berinvestasi melalui platform Mekar. Tapi, sebenarnya bagaimana Mekar melakukan semua ini? Baca terus untuk mengetahui bagaimana cara platform pinjaman favorit Anda ini terus menjaga agar investasi Anda aman dan terjamin.

Risiko yang jauh lebih rendah di Mekar dengan kriteria seleksi yang ketat

Setiap platform P2P memiliki caranya sendiri untuk mengurangi risiko bagi investor. Pendekatan yang paling umum yaitu dengan memiliki sebuah sistem rating (pemeringkatan) bagi para peminjam berdasarkan histori kredit mereka. Ingatlah bahwa di kebanyakan platform, Anda bisa saja meminjamkan uang Anda pada peminjam yang memiliki catatan kredit yang buruk. Pada kasus seperti itu, biasanya si peminjam sebelumnya telah diberi rating risiko tinggi, yang berarti peluang peminjam tersebut melakukan pembayaran kembali atas pinjaman yang Anda berikan lebih rendah.

Sementara, Mekar tidak lagi membutuhkan adanya sistem rating bagi para peminjamnya untuk satu alasan yang sederhana: setiap peminjam di platform ini telah melalui proses seleksi sehingga hanya mereka yang tidak pernah terlambat dalam melakukan pembayaran kembali yang bisa mendapatkan pinjaman melalui Mekar.

Selain itu, semua pinjaman di Mekar adalah pinjaman produktif. Seperti dikatakan oleh COO Mekar, Pandu Kristy, “Kami tidak mempertimbangkan permohonan pinjaman konsumtif karena kami tidak ingin mendukung konsumerisme. Kami mendukung produktivitas.” Maka, seluruh uang yang disalurkan sebagai pinjaman melalui Mekar digunakan untuk membeli bahan mentah atau mesin untuk produksi; intinya untuk mengembangkan bisnis peminjam dan menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Semua ini berarti bahwa setiap peminjam di Mekar memiliki risiko yang sangat rendah untuk mengalami gagal bayar.

Mekar bekerja secara dekat dengan para lending partner dalam proses seleksi peminjam. Anda akan sering menemukan istilah “Lending partner” atau “mitra pemberi pinjaman” bila Anda berinvestasi pada pinjaman usaha kecil melalui Mekar. Lending partner adalah lembaga-lembaga keuangan yang bermitra dengan Mekar untuk membantu Mekar menemukan usaha-usaha mikro dan kecil yang membutuhkan pendanaan di banyak daerah di seluruh Indonesia. Para lending partner adalah juga yang bertanggung jawab melakukan seleksi peminjam untuk Mekar.

Tidak hanya peminjam, lending partner pun harus melalui proses seleksi Mekar

Mekar memiliki dua lending partner, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) dan Abdi Kerta Raharja (AKR), keduanya merupakan koperasi simpan pinjam.

Komida adalah koperasi yang mengadopsi konsep Grameen Bank yang dicetuskan oleh Muhammad Yunus, pemenang penghargaan Nobel dari Bangladesh. Didirikan di Aceh setelah terjadinya bencana tsunami dahsyat di tahun 2004 yang menghancurkan provinsi tersebut, Komida kini memiliki kantor cabang di 11 provinsi di Indonesia dan secara eksklusif memberi pinjaman hanya kepada peminjam perempuan.

Sementara, AKR adalah koperasi pemenang berbagai penghargaan dengan cakupan yang sangat luas di provinsi Banten dan baru-baru ini mengembangkan jangkauannya ke provinsi Jawa Barat. Seperti Komida, AKR juga mengadopsi konsep Grameen Bank. AKR dan skema kredit mikronya telah membantu anggotanya yang sebagian besar berasal dari lapisan masyarakat yang tidak memiliki akses ke pinjaman bank.

Kedua koperasi tersebut menjadi lending partner Mekar setelah masing-masing menjalankan proses seleksi yang sangat ketat dan mendalam. Mekar mengharuskan semua lending partner untuk:

Memiliki angka NPL kurang dari 1%;

Telah mencairkan setidaknya 1.000 pinjaman produktif atau pinjaman usaha;

Memiliki rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) minimal sebesar 20% dan angka Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) minimal sebesar 81%;

Membukukan laba atau menghasilkan keuntungan selama 2 tahun terakhir dan pada saat tahun berjalan;

Menjamin pengembalian pokok pinjaman Anda.

Mekar mengembangkan berbagai persyaratan yang ketat ini untuk memastikan bahwa para lending partner-nya adalah lembaga-lembaga yang tepat yang bisa membantu platform ini menyediakan apa yang selalu Anda cari-cari sebagai seorang investor: pilihan investasi yang aman dengan risiko yang sangat rendah.

Tak perlu lagi khawatir kehilangan uang Anda, berinvestasilah pada pinjaman usaha kecil melalui Mekar dan Anda tentu akan bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Sumber: https://blog.mekar.id/cara-mekar-membuat-investasi-anda-rendah-risiko/

Ikuti tulisan menarik nita rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler