x

Iklan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2019

Senin, 1 Juli 2019 12:25 WIB

Bunga Tulip Di Masa Lalu Hingga Kini

Warna-warni menyolok dari tulip adalah pemandangan yang khas saat musim semi di Negara Belanda. Lalu bagaimana sejarah bunga tulip? Simak artikel berikut!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bunga tulip awalnya dibudidayakan saat masa Kekaisaran Turki Ottoman. Selanjutnya masuk ke Negara Belanda di abad ke-16. Sesudah Carolus Clusius membuat buku bertema bunga tulip di tahun 1592, akhirnya bunga tulip jadi sangat populer. Kemudian kebun bunga Carolus Clusius mengalami pengrusakan serta  bibit-bibit tulip milik Clusius dicuri. Seiring Zaman Keemasan Negara Belanda selama beberapa abad, maka begitu juga dengan zaman keemasan Bunga tulip indah berwarna warni tersebut.

Di zaman keemasan Bunga tulip kerap kali menjadi objek lukisan. Selain itu, di berbagai festival, bunga ini sangat digemari. Ketika pertengahan abad 17, bunga tulip sampai mampu menyebabkan kegoncangan dalam bidang ekonomi. Hal tersebut untuk pertama kali di dunia, dan peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa Demam Tulip atau Tulipomania.

Pada saat peristiwa Demam Tulip, banyak sekali masyarakat memborong tulip sehingga menyebabkan harga bunga tulip ini melambung sangat mahal. Di masa itu, sampai-sampai bunga tulip dapat berfungsi sebagai pengganti uang. Setelah demam Tulip atau Tulipomania mereda, akhirnya harga pasaran bunga tulip jatuh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hingga kini, Negara Belanda masih terkenal sebagai Negara tulip. Bahkan sebagian masyarakat dunia tidak mengetahui bahwa asal mula bunga tulip dari Turki. Bunga tulip pada umumnya dibudidayakan di area perladangan luas, sehingga saat tulip-tulip tumbuh, ladang menjadi berwarna indah. Meskipun zaman keemasan Bunga tulip telah berakhir, tetapi festival tulip masih diadakan. Festival tulip kini tak hanya diadakan di Belanda, festival tulip juga bisa ditemukan di Michigan dan New York.

Festival Tulip di Belanda diadakan setiap tahun, tepatnya di Noordoostpolder. Festival tersebut diadakan di ladang tulip, dan berlangsung mulai dari akhir April hingga awal Mei. Sedangkan Aalsmeer, dekat Amsterdam biasanya jadi tuan rumah untuk penyelenggaraan pelelangan bunga terbesar seluruh dunia. Jika ingin berkeliling taman Tulip di Belanda, kunjungi Keukenhof yang berada di selatan kota bernama Harlem. Keukenhof memiliki predikat taman bunga tulip paling besar di seluruh dunia.

Ketika berada di Belanda, sempatkanlah untuk berkunjung ke Kop van Noord Holland karena di sana Anda bisa menemukan bunga tulip dengan jumlah jutaan. Sepanjang mata memandang mata akan mendapati lautan berwarna-warni yang mempesona dan seolah Anda sedang berada di zaman keemasan Bunga tulip.

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler