Unik, Taman Bacaan Gelar "Lomba Serba Buku" Rayakan HUT RI Ke-74

Jumat, 26 Juli 2019 14:54 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Unik, taman bacaan masyarakat yayakan HUT RI ke-74 gelar "Lomba Serba Buku", semua lomba sambil memegang buku bacaan. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat.

Agustus 2019 ini, Bangsa Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-74.

Bangsa ini, dengan segala lebih kurangnya patut beryukur tiada tara atas karunia dan anugerah Allah SWT. Merdeka dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari tanpa kendala, bahkan ancaman.

 

Maka selalu ada cara unik dan kreatif dalam merayakan HUK Kemerdekaan RI ke-74 kali ini. Salah satunya di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kaki Gunung Salak Bogor. Tiap 17 Agustusan menggelar “LOMBA SERBA BUKU dan PESTA JAJANAN KAMPUNG GRATIS” sebagai wujud syukur dan membangun nasionalisme anak-anak dan warga di sekitarnya.

 

Lomba Serba Buku, artinya hampir semua mata lomba dari 20 lomba yang digelar “harus sambil memegang buku” yang ada di taman bacaan Lentera Pustaka. Mulai dari 1) senam literasi, 2) parade literasi, 3) membaca bersuara, 4) makan kerupuk sambil pegang buku, 5) joget balon pakai buku, 6) jalan sehat, 7) balap karung, 8) tangkap bebek, dan sebagainya. Intinya, lomba apa saja sambil membawa buku.

Uniknya lagi, selama lomba berlangsung pun akan disediakan "jajanan kampung gratis" dari para pedagang yang biasa keliling kampung, seperti cilok, bakso, cincau  untuk 100-an anak-anak dan warga sebagai realisasi praktik “budaya antre” dengan menggunakan kupon yang disediakan oleh TBM Lentera Pustaka. 

 

“Lomba Serba Buku adalah tradisi di Taman Bacaan Lentera Pustaka. Sebagai momentum mempersatukan anak-anak dan warga, di samping berbagi keceriaan bersama sambil merayakan kemerdekaan RI. Ada 20-an mata lomba dan semua hadiah adalah donasi dari rekan atau korporasi yang peduli” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

 

Kapan? Rencananya Lomba Serba Buku ala TBM Lentera Pustaka yang bertajuk “Langkah Kecil tuk Indonesia Besar” akan digelar pada Minggu, 18 Agustus 2019 mulai pukul 06.00 s.d. 18.00 WIB di area TBM Lentera Pustaka Kaki Gn. Salak Bogor. Tidak kurang 200-an orang ikut serta sambil menggelar upacara bendera peringatan 74 Tahun Kemerdekaan RI.

 

Kenapa Lomba Serba Buku?

Lomba Serba Buku adalah ciri taman bacaan. Karena lomba ini diselenggarakan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Maka buku menjadi identitas lomba sebagai bagian untuk meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak di Desa Sukaluyu. Hal ini sekaligus menjadi kampanye “AYO BACA” yang dilakukan TBM Lentera Pustaka untuk mengajak anak-anak usia sekolah yang “belum mau” ke taman bacaan untuk bergabung membaca tiap seminggu 3 kali. Lomba serba buku adalah simbol taman bacaan masyarakat dalam membangun budaya literasi anak dan masyarakat.

 

"Saya berharap, melalui lomba serba buku 17Agustusan ini, anak-anak makin cinta membaca buku. Di samping menjadi edukasi agar anak-anak terbiasa berkompetisi dengan cara-cara yang sehat. Karena zaman now, makin banyak orang yang egois; sulit untuk bersikap realistis. Mungkin kurang membaca buku" tambah Syarifudin Yunus yang berprofesi sebagai Dosen Unindra dan tengah studi S3 di Manajemen Pendidikan Unpak Bogor.

 

Lomba Serba Buku 17Agustusan ini pun menjadi momentum sederhana terciptanya kolaborasi dan kepedulian beberapa korporasi, khususnya dalam CSR program untuk menyediakan hadiah-hadiah untuk para juara lomba. Seperti Chubb Life, AJ Tugu Mandiri, Asosiasi DPLK, Generali Indonesia, Allianz Life, dsb. Korporasi yang “bersatu padu” mendukung tradisi baca dan budaya literasi anak-anak Indonesia.

Patut diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki lebih dari 3.200 koleksi buku bacaan dengan melayani lebih dari 62 anak pembaca aktif usia sekolah. Melalui jam baca 3 kali seminggu, setiap anak rata-rata berhasil membaca 5-10 buku per minggu dengan bimbingan 2 orang petugas baca. Setiap bulan, TBM Lentera Pustaka selalu menghadirkan "tamu dari luar" untuk berbagi kisah motivasi dalam event bulanan, termasuk anugerah pembaca terbaik. Tiap hari Minggu selalu digelar "Laboratorium Baca" yang dipimpin langsung Syarifudin Yunus selaku Kepala Program TBM Lentera Pustaka, di samping ada GErakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA) sebagai gerakan pemberantasan buta huruf di kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak yang belum bisa baca dan tulis. TBM Lentera Pustaka pun menjadi taman bacaan swadaya masyarakat satu-satunya yang resmi di Kecamatan Tamansari Kab. Bogor. Tiap kali jam baca, anak-anak taman bacaan selalu menerapkan senam literasi, salam literasi, dan doa literasi yang menjadi ciri penting dari konsep “TBM Edutainment” sebagai model pembelajaran yang diterapkan di TBM Lentera Pustaka.

 

Intinya, melalui Lomba Serba Buku dan Jajanan Kampung Gratis, TBM Lentera Pustaka hanya ingin mengajak anak-anak "hidup dan berada" di dunia yang seharusnya; dunia membaca dunia belajar. Anak-anak yang mau memulai membaca dan menyelesaikan bacaannya. Karena bila tidak, maka mereka akan terlindas di tengah gempuran era digital.

 

Semua dilakukan, demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah. Karena tanpa bacaan dan pengetahuan, dipastikan anak-anak akan terlindas zaman dan menjadi "penonton" pada setiap kompetisi kehidupan… Salam Literasi #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi #LombaSerbaBuku

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua