Mengungkap Asal-usul Telaga Sarangan dan Menikmati Keindahan Alamnya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Jumat, 2 Agustus 2019 15:36 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Mengungkap Asal-usul Telaga Sarangan dan Menikmati Keindahan Alamnya

    Dibaca : 956 kali

    Legenda telaga Sarangan Magetan. Asal-usul telaga Sarangan Magetan Jawa Timur tidak bisa dipisah dengan cerita tentang Ki Pasir serta Nyi Pasir yang konon tinggal di wilayah ini. Berikut ceritanya :

    Mitos Telaga Sarangan

    Dibalik keindahan alamnya, ternyata wisata Sarangan mempunyai cerita mistis yang serta dipercayai oleh warga seputar. Narasi mistis serta memiliki kandungan mitos ini terkait dengan proses terciptanya Telaga Sarangan. Konon tuturnya narasi ini diawali oleh sepasang suami istri yang namanya Ki Pasir serta Nyi Pasir.

    Mereka ialah suami istri yang telah menikah sekian tahun tetapi belum segera diberi keturunan. Untuk mendapatkan keturunan, pasangan suami istri ini putuskan untuk bersemedi serta minta pada sang pencipta. Karena semedi, pasangan suami istri ini sukses memiliki seorang putra yang dinamakan Jaka Lelung.

    Saat memperoleh keturunan automatis keperluan mereka makin bertambah. Oleh karenanya Ki Pasir serta Nyi Pasir kerja keras siang serta malam untuk penuhi keperluan anaknya. Serta mereka ikhlas pergi ke rimba untuk memburu serta bercocok tanam.

    Tetapi, makin lama usaha yang dilaksanakan mereka juga merasakan capek serta tidak mampu hidup sulit terus-terusan. Pada akhirnya pasangan suami istri ini lakukan semedi supaya dikasih kesehatan serta usia yang panjang. Di saat ke rimba tiba-tiba Kyai Pasir terkejut karena tahu sebutir telur raksasa yang ada di bawah pohon pinus. Kyai Pasir selekasnya pulang membwa telur itu serta diberi ke isterinya.

    Selanjutnya telur penemuan itu direbus. Lalu Dimakannya telur itu oleh Kyai Pasir serta Nyai Pasir dengan lahapnya. Setelah itu badannya terasa panas, sampai Kyai Pasir dan Nyai Pasir tidak bisa menahan sakit itu dan pada akhirnya rebah ke tanah. Dalam keadaan yang semacam ini Kyai Pasir berguling-guling di tanah, berguling kesana ke sini dengan dahsyatnya sampai ke barat serta Nyai Pasir sedikit bergulir ke timur. Tiba-tiba badanya berubah bentuk jadi ular naga yang besar, Ke-2 naga itu selanjutnya berguling-guling kesana ke sini serta membuat satu cekungan, Cekungan itu semakin lama makin luas serta dalam.

    Dalam sesaat saja, cekungan itu sudah penuh dengan air serta kebun Kyai Pasir beralih bentuk mejadi kolam besar yang disebutkan Telaga. Telaga ini oleh masyarakat di tempat awalnya dinamakan Telaga Pasir, karena telaga ini berlangsung disebabakan oleh tingkah Kyai Pasir yang membuat cekungan (Telaga Sarangan) serta Nyai Pasir yang membuat cekungan (Telaga Wahyu/Wurung).

    Semenjak itu, 1 tahun sekali, persisnya pada bulan Ruwah, di telaga ini diadakan acara larung sesaji. Upacara ini dikerjakan untuk bentuk pengakuan syukur masyarakat desa. Dalam upacara ritual ini, warga melarung persembahan atau sesaji ke tengah telaga. dan dikunjungi oleh Bupati Magetan serta masyarakat Magetan dan pelancong luar negeri juga ikut melihat acara larung sesaji, yang dibarengi olej musik gamelan.

    Telaga Sarangan

    Telaga Sarangan adalah obyek wisata air yang legendaris terdapat di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Wisata ini bersisihan dengan beberapa object wisata Tawangmangu. Walau pada musim kemarau yang panjang, telaga ini alami air surut tetapi tidaklah sampai kering, masih menarik pelancong lokal atau internasional. 

    Wahana dan Objek Wisata di Telaga Sarangan

    Buat Anda yang ingin bertandang ke wisata sarangan tetapi bingung harus ngapain di sini, tenang saja di sini disiapkan banyak obyek wisata serta wahana tidak hanya Telaga Sarangan tersebut. Jadi, Anda tak perlu cemas telah hadir jauh cuma lihat telaganya saja. Nah, buat Anda yang telah ingin tahu apapun si wahana serta obyek wisata yang dapat didatangi, baca sedetailnya berikut ini.

    Air Terjun Tirtosari

    Letak air terjun ini tidak jauh dari Telaga Sarangan kemungkinan cuma 15 km saja dari pemukiman paling akhir. Air terjun ini tawarkan pemandangan alam yang benar-benar indah dimana didukung dengan situasi yang sejuk serta menentramkan.

    Rimbunnya rimba ikut meningkatkan keindahan dari air terjun ini. Menariknya , untuk masuk air terjun ini Anda perlu bayar Rp. 7. 000 saja.

    Pundak Kiwo (Jarakan & Watu Ondo)

    Ini ialah dua air terjun yang benar-benar indah di wisata Sarangan. Air terjun ini masih alami serta terlihat benar-benar beri kesegaran mata. Siapapun yang menyaksikannya akan kagum serta merasakan kagum sebab keindahan alamnya. Jadi waktu Anda kesini Anda akan terhipnotis waktu lihat segarnya air, hijaunya rimba serta segarnya udara disana.

    Berkuda Dipinggir Telaga

    Tidak hanya air terjun di telaga Sarangan Anda dapat juga naiki kuda untuk melingkari daerah telaga. Ini pantas Anda coba sebab Anda coba lebih harga murah lho. Anda perlu bayar Rp. 50. 000 serta dapat melingkari tempat ini dengan senang.

    Naik Speed Boat

    Bila Anda ingin coba hal yang bagus serta melawan, karena itu naiki speed boat ialah langkah yang paling baik. Anda dapat berkeliling-keliling telaga satu putaran dengan speed boat cukup dengan uang Rp. 50. 000 saja.

    Belanja Sayuran

    Yang kemungkinan sedikit diketahui orang ialah, di sini harga sayur-mayur yang diperjual-belikan sangat murah dan meriah. Ini sebab penjualnya ialah langsung beberapa petani sayur yang mempunyai toko di seputar Telaga Sarangan. 

    Ya, telaga ini dikelilingi oleh kebun serta kebun sayur yang beraneka-ragam serta subur. Bila Anda lihat sayurnya, ditanggung akan kesegarannya.

    Spot Foto Menarik di Wisata Sarangan

    • Monumen pesawat tempur : Salah satunya spot photo menarik yang instagramable ialah Monumen Pesawat Tempur.
    • Sesuai namanya monumen ini benar-benar indah serta kaya riwayat. Monumen ini dekat sama pintu masuk air terjun Tirtosari. Maka bila Anda ingin singgah ke air terjun, luangkan berpose sesaat di monumen ini.
    • Magetan Sarangan Lake to Remember : Disamping itu, tentunya monumen Magetan Sarangan (lake to remember) sebagai icon Telaga Sarangan. Terletak persis di tepi telaga serta jadi tempat sandar speed boat.

    Harga Tiket Telaga Sarangan

    Menurut situs rangkuman sekolah, untuk nikmati indahnya alam di wisata Sarangan rupanya benar-benar murah. Untuk dewasa harga tiketnya cuma Rp. 7. 500 saja. Sedang untuk beberapa anak cuma Rp. 5. 000 saja. Harga ini belum termasuk juga ongkos parkir serta naiki wahana yang lain ya. Tetapi, pada harga ini telah memperlihatkan jika wisata ini benar-benar murah serta dapat dijangkau.

    Rute dan Lokasi Telaga Sarangan

    Obyek wisata ini ada di lereng gunung Lawu persisnya di Kecamatan Plaosan kabupaten Magetan, Jawa Timur.

    • Bila Anda pergi dari Tawangmangu, karena itu jarak yang dilakukan cuma 5 km saja.
    • Bila Anda pergi dari Surabaya, naikilah bis jurusan Madiun serta mencari kendaraan Magetan serta kelak Anda akan sampai ke Sarangan.

    Mengingat jalannya yang berliku, karena itu diharuskan untuk siaga serta lebih berhati-hati waktu ke arah obyek wisata ini. Cukup sudah banyak berlangsung kecelakaan karena medannya yang ekstrim, keadaan kendaraan yang tidak sempurna sampai unsur human error.

    Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk berkunjung ke wisata Sarangan? Dengan pemandangan alam yang benar-benar indah dan fasilitas yang komplet tidakkah wisata ini makin prima?

    Nantikan apalagi, ajak keluarga, teman dekat, orang tercinta, atau rekan kerja Anda liburan ke Wisata Sarangan. Ditanggung Anda tidak menyesal serta ingin hadir kembali.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.