Kenali Tanda Paru-Paru Bermasalah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Aulia Akmal Kahasiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2019

Selasa, 13 Agustus 2019 09:35 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Kenali Tanda Paru-Paru Bermasalah

    Dibaca : 129 kali

    Tak hanya jantung, paru-paru juga merupakan organ yang vital bagi tubuh manusia. Organ utama dalam sistem pernapasan ini bertugas untuk mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida ketika manusia menghela napas. Paru-paru memiliki kaitan yang erat dengan peredaran darah, karena paru-paru juga bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui sel-sel darah.

    Paru-paru tak luput dari risiko penyakit. ada berbagai penyakit yang bisa menyerang paru-paru, seperti asma, bronkitis, atau bahkan kanker paru-paru. Ada beberapa gejala yang ditunjukkan apabila paru-paru bermasalah, seperti:

    1. Batuk kronis

    Batuk merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi, bahkan sering diremehkan oleh manusia. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika terserang batuk. Batuk yang tiada henti, apalagi jika disertai dengan lendir, darah, atau demam, dapat menjadi masalah kesehatan yang serius.

    Dilansir dari American Lung Association, batuk tak henti yang berlangsung selama satu bulan atau lebih tergolong dalam batuk kronis. Sebaiknya segera periksakan diri anda jika batuk sudah melewati batas waktu wajar untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

    2. Sesak napas

    Jika Anda memiliki masalah di paru-paru, gejala yang sudah pasti terjadi adalah sesak napas. Sesak napas terjadi karena Anda tidak mendapat cukup asupan udara, akibatnya Anda sulit bernapas bahkan ketika tidak melakukan kegiatan yang berat.

    Napas yang tersenggal-senggal juga dapat menjadi pertanda ada yang tak beres dengan paru-paru. Napas tersenggal setelah melakukan aktivitas fisik memang wajar, namun jika terjadi secara berlebihan sampai membuat sulit untuk bernapas bisa jadi itu merupakan pertanda paru-paru anda terinfeksi bakteri.

    3. Tidak fokus dan mudah bingung

    Otak manusia membutuhkan setidaknya 20% pasokan oksigen pada tubuh agar dapat berpikir dengan jernih. Tetapi jika kadar oksigen dalam otak rendah karena aliran yang tak lancar dari paru-paru, kondisi ini dapat membuat seseorang kehilangan fokus dan mudah bingung.

    4. Napas berbunyi

    Jika setiap Anda bernapas terdengar suara ‘ngik-ngik’, itu tandanya jalan udara menuju paru-paru terhambat atau menyempit. Kondisi suara napas berbunyi ini disebut juga dengan istilah mengi.

    Anda perlu waspada jika napas Anda berbunyi, karena mungkin ini merupakan pertanda penyakit asma dan emfisema.

    5. Batuk berdarah

    Jika Anda tiba-tiba mengalami batuk berdarah, maka segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Darah yang keluar melalui batuk biasanya berakibat dari infeksi atau peradangan pada sistem pernapasan. Batuk berdarah bisa jadi merupakan tanda seseorang mengalami masalah yang serius pada paru-paru.

    6. Nyeri pada dada

    Nyeri dada yang tak diketahui penyebabnya merupakan gejala adanya masalah pada organ di balik dada. Apalagi jika ini terjadi selama lebih dari 1 bulan, dapat menandakan terjadi peradangan yang mengiritasi di lapisan dalam dada.

    Rasa nyeri di dada ini bisa jadi merupakan gejala peradangan pada selaput pembungkus paru-paru, atau biasa disebut pleuritis.

    Orang biasanya mengabaikan nyeri dada karena mengira ini terjadi karena flu, padahal tanpa sadar Anda mungkin sedang mengabaikan gejala yang diberikan paru-paru Anda.

    7. Cepat lelah

    Seseorang dengan masalah paru-paru akan menunjukkan ciri tubuh yang lemah. Jika biasanya orang akan kelelahan setelah beraktivitas berat atau berkegiatan padat, orang dengan masalah paru-paru bisa merasa kelelahan hanya dengan melakukan kegiatan ringan saja.

    Ini merupakan pertanda sel-sel pada tubuh kekurangan oksigen, sehingga produksi energi tidak maksimal. Waspadai gejala ini, karena banyak orang yang mengabaikannya.

    Sumber6 Tanda Paru-paru Bermasalah


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.