Kenali Tanda Paru-Paru Bermasalah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Aulia Akmal Kahasiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2019

Selasa, 13 Agustus 2019 09:35 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Kenali Tanda Paru-Paru Bermasalah

    Dibaca : 204 kali

    Tak hanya jantung, paru-paru juga merupakan organ yang vital bagi tubuh manusia. Organ utama dalam sistem pernapasan ini bertugas untuk mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida ketika manusia menghela napas. Paru-paru memiliki kaitan yang erat dengan peredaran darah, karena paru-paru juga bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui sel-sel darah.

    Paru-paru tak luput dari risiko penyakit. ada berbagai penyakit yang bisa menyerang paru-paru, seperti asma, bronkitis, atau bahkan kanker paru-paru. Ada beberapa gejala yang ditunjukkan apabila paru-paru bermasalah, seperti:

    1. Batuk kronis

    Batuk merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi, bahkan sering diremehkan oleh manusia. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika terserang batuk. Batuk yang tiada henti, apalagi jika disertai dengan lendir, darah, atau demam, dapat menjadi masalah kesehatan yang serius.

    Dilansir dari American Lung Association, batuk tak henti yang berlangsung selama satu bulan atau lebih tergolong dalam batuk kronis. Sebaiknya segera periksakan diri anda jika batuk sudah melewati batas waktu wajar untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

    2. Sesak napas

    Jika Anda memiliki masalah di paru-paru, gejala yang sudah pasti terjadi adalah sesak napas. Sesak napas terjadi karena Anda tidak mendapat cukup asupan udara, akibatnya Anda sulit bernapas bahkan ketika tidak melakukan kegiatan yang berat.

    Napas yang tersenggal-senggal juga dapat menjadi pertanda ada yang tak beres dengan paru-paru. Napas tersenggal setelah melakukan aktivitas fisik memang wajar, namun jika terjadi secara berlebihan sampai membuat sulit untuk bernapas bisa jadi itu merupakan pertanda paru-paru anda terinfeksi bakteri.

    3. Tidak fokus dan mudah bingung

    Otak manusia membutuhkan setidaknya 20% pasokan oksigen pada tubuh agar dapat berpikir dengan jernih. Tetapi jika kadar oksigen dalam otak rendah karena aliran yang tak lancar dari paru-paru, kondisi ini dapat membuat seseorang kehilangan fokus dan mudah bingung.

    4. Napas berbunyi

    Jika setiap Anda bernapas terdengar suara ‘ngik-ngik’, itu tandanya jalan udara menuju paru-paru terhambat atau menyempit. Kondisi suara napas berbunyi ini disebut juga dengan istilah mengi.

    Anda perlu waspada jika napas Anda berbunyi, karena mungkin ini merupakan pertanda penyakit asma dan emfisema.

    5. Batuk berdarah

    Jika Anda tiba-tiba mengalami batuk berdarah, maka segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Darah yang keluar melalui batuk biasanya berakibat dari infeksi atau peradangan pada sistem pernapasan. Batuk berdarah bisa jadi merupakan tanda seseorang mengalami masalah yang serius pada paru-paru.

    6. Nyeri pada dada

    Nyeri dada yang tak diketahui penyebabnya merupakan gejala adanya masalah pada organ di balik dada. Apalagi jika ini terjadi selama lebih dari 1 bulan, dapat menandakan terjadi peradangan yang mengiritasi di lapisan dalam dada.

    Rasa nyeri di dada ini bisa jadi merupakan gejala peradangan pada selaput pembungkus paru-paru, atau biasa disebut pleuritis.

    Orang biasanya mengabaikan nyeri dada karena mengira ini terjadi karena flu, padahal tanpa sadar Anda mungkin sedang mengabaikan gejala yang diberikan paru-paru Anda.

    7. Cepat lelah

    Seseorang dengan masalah paru-paru akan menunjukkan ciri tubuh yang lemah. Jika biasanya orang akan kelelahan setelah beraktivitas berat atau berkegiatan padat, orang dengan masalah paru-paru bisa merasa kelelahan hanya dengan melakukan kegiatan ringan saja.

    Ini merupakan pertanda sel-sel pada tubuh kekurangan oksigen, sehingga produksi energi tidak maksimal. Waspadai gejala ini, karena banyak orang yang mengabaikannya.

    Sumber6 Tanda Paru-paru Bermasalah


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Admin

    5 hari lalu

    Digeser Suplayer Telur Kabupaten, Peternak: Pak Bupati, Beri Kami Kesempatan

    Dibaca : 1.120 kali

    Tuban - Belum selesai polemik soal beras berkutu di program BPNT, kini muncul suplayer yang mengatasnamakan diri suplayer kabupaten. Tak ayal, kehadiran suplayer telur kabupaten inipun menggeser peternak lokal. Adalah Sahli, Peternak Ayam Petelur di Desa Pongpongan Kec. Merakurak yang mengeluhkan tak lagi bisa ikut menyuplai telur dalam program BPNT. Pasalnya, e-warong sembako di desanya sudah memiliki suplayer baru yang ditunjuk dari kabupaten. Akibatnya, Sahli kehilangan pangsa pasar terdekat yang ada di desanya. "Katanya sudah ada suplayer baru dari kabupaten yang bertugas menyuplai telur di program BPNT, jadi e-warong sekarang tidak lagi ambil telur dari saya" terang Sahli saat di temuai di kandangnya, Kamis, 21/05/2020. Sahli menuturkan, peternak ayam petelur yang ada di desanya sebenarnya cukup merasakan dampak ekonomi dari program andalan Jokowi ini. Ia dan teman-temannya tidak perlu jauh-jauh mencari pangsa pasar untuk telur yang dihasilkan dari kandangnya. Selain itu, harga jualnya juga relatif setabil dan kompetitif. Namun semenjak kehadiran suplayer kabupaten ini, ia terpaksa harus mencari pangsa pasar baru. "Dulu telur tidak pernah keluar dari desa karena diambil Agen BPNT, sekarang saya terpaksa jual telurnya ke tengkulak meski harganya lebih murah" terang pemuda yang sudah menggeluti peternakan unggas sejak 5 tahun terakhir ini. Terpisah, Aripin, peternak ayam petelur di desa yang sama juga menyayangkan masuknya suplayer baru dari luar desa. Menurutnya, supplier kabupaten ini makin menambah derita peternak ayam petelur yang beberapa bulan terakhir ini mengalami guncangan harga akibat beredarnya telur yang diduga HE. Jika hadirnya suplayer luar di BPNT Desa Pongpongan ini adalah kebijakan Bupati, Arifin meminta agar kebijaka itu dievaluasi. "Mohon Pak Bupati bisa melindungi peternak lokal. Beri kami kesempatan untuk menyuplai telur di desa kami" pinta Arifin. Untuk diketahui, adanya komoditi telur dalam program BPNT ini telah memantik semangat warga desa mencoba peruntungan dalam bidang perunggasan. di Desa Pongpongan sendiri, saat ini terdapat 5 kandang ayam petelur milik warga. Dua diantaranya merupakan kelompok binaan dari PT. Semen Indonesia. Diperkirakan, tahun ini juga akan muncul lagi peternak-peternak baru yang menggeluti peternakan ayam petelur. Hal ini diketahui dari banyaknya usulan peternakan unggas dari kelompok masyarakat yang yang masuk melalui program CSR Semen Indonesia tahun 2020 untuk Desa Pongpongan (tro/id).