Kwarcab 1109 Boyolali Gelar Pelantikan Pramuka Garuda - Viral - www.indonesiana.id
x

Ketua Kwarcab Boyolali, Supana menyematkan tanda kecakapan pramuka garuda pada peserta di Pendapi Ageng, Pemkab. Boyolali, Selasa (20/8/2019).

Eksani Boyolali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Mei 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 09:17 WIB
  • Viral
  • Pilihan
  • Kwarcab 1109 Boyolali Gelar Pelantikan Pramuka Garuda

    Dibaca : 507 kali

    Kwarcab 1109 Boyolali gelar Pelantikan Pramuka Garuda

    BOYOLALI (JAWA TENGAH) --- Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 1109 Boyolali menggelar pelantikan Pramuka Garuda terhadap 13 anggota Pramuka penggalang SMP di Pendapa Ageng, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Selasa (20/8/2019). Pelantikan ini dipimpin oleh ketua Kwarcab Boyolali yang juga menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali, Supana.

    Ke-13 anggota Pramuka Garuda tersebut sudah melalui proses dan seleksi ketat sesuai syarat kecakapan khusus (TKK) yang diikuti puluhan anggota Pramuka Penggalang se-Kabupaten Boyolali beberapa waktu lalu. Dan mereka ini merupakan siswa-siswi SMP yang terpilih," kata Supena.

    Mereka yang dilantik dinyatakan lengkap menyelesaikan TKU dan TKK dan mereka dianggap sudah menjadi pioner bagi teman temannya. "Mereka tangguh, disiplin dan terampil, itulah yang diharapakan bisa menjadi inspirasi bagi rekan rekannya. Mereka nantinya akan tergabung pada kontingen Jambore Daerah (Jamda) ke tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) di Kab. Blora pada 26 agustus mendatang,” kata Supana.

    Menjadi Pramuka Garuda tersebut merupakan salah satu kecakapan khusus tertinggi pada anggota Pramuka. Untuk menjadi Pramuka Garuda harus melalui proses panjang dan memenuhi syarat syarat yang sudah ditentukan.

    Selain melantik 13 anggota Pramuka Garuda, Kwarcab 1109 Boyolali juga akan memberangkatkan peserta Jambore Daerah (Jamda) Kwartir Daerah Jawa Tengah ke Kabupaten Blora sebanyak 20 peserta. Mereka terdiri dari siswa siswi SMP terpilih se Kabupaten Boyolali.

    Salah satu peserta dari SMPN 1 Boyolali, Nafisah (15) menyatakan merasa senang sekali bisa dilantik menjadi Pramuka Garuda. "Saya sangat terharu sekali hingga tadi menangis, harapannya kedepan bisa menjadi anggota Pramuka yang lebih baik lagi,” kata dia.

    Sementara itu Kwartir Cabang 1109 Boyolali akan menggelar puncak HUT Pramuka ke 58 pada Rabu (21/8/2019) di alun Alun Kidul, Boyolali. Direncanakan Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat akan menjadi Inspiktur upacara HUT Pramuka ke 58. (Eksani)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.