x

TNI dan Polri ikut menanam pohon dalam rangka peringatan Baden Powel ke 163 di Desa Canden, Boyolali, Sabtu (22/2/2020).

Iklan

Eksani Boyolali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Mei 2019

Senin, 24 Februari 2020 06:12 WIB

Memperingati Hari Lahir Baden Powel di Boyolali, TNI dan POLRI Ikut Menanam Pohon


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peringatan Baden Powel di Boyolali, TNI dan POLRI ikut menanam pohon

BOYOLALI --- Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 1109 Boyolali menggelar peringatan hari lahirnya pendiri gerakan kepanduan dunia Lord Baden Powel di Bumi Perkemahan (Bumper) Ki Ageng Sempayak Desa Canden, Kecamatan Sambi, Boyolali, Sabtu (22/2/2020) pagi. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Disporapar) Boyolali, Susilo Hartono, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Boyolali, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boyolali Fraksi PDI-P, Nita Dewi Yuliani, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca) Kecamatan Sambi serta para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Puncak acara ini adalah penanaman pohon buah dan pohon keras di area Calon Bumi Perkemahan (Bumper) serta bakti sosial di Masyarakat. Untuk memeriahkan kegiatan ini, Kwartir Ranting (Kwaran) Sambi juga menggelar perkemahan dan berbagai kegiatan lomba di area tersebut yang diikuti ratusan peserta dari pramuka penggalang dan penegak di Kwartir Ranting Sambi.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Susilo Hartono mengatakan, “Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan pada adik adik pramuka, serta lebih bisa menjaga ekosistem kita, mengingat iklim perubahan, dimana semakin berubahnya iklim yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan dan bisa menimbulkan kerusakan, nah kegiatan ini adalah satu cara bagi adik adik sekalian untuk mereka itu mencintai lingkungannya, menghijaukan lingkungannya sehingga ketersediaan sumber daya terutama air nanti kedepan tetap terpelihara."

Semantara itu di tempat yang sama Ketua Kwarcab Boyolali Supana mengatakan kegiatan ini adalah peringatan hari Baden Powel, yang mana tanggal 22 Februari tahun 1857, telah lahir tokoh pandu dunia, Letnan Jenderal Baden Powel, yang telah mengilhami berkembangnya kepanduan dan di indonesia berkembang menjadi Pramuka.

"Kegiatan Kwarcab Boyolali dipusatkan di Desa Canden, Kecamatan Sambi, Boyolali, sekaligus serangkaian kegiatannya adalah apel dan dilanjutkan penanaman pohon, kebetulan di lokasi dilaksanakannya apel akan diproyeksikan menjadi Bumi Perkemahan (Bumper) Desa Canden,
Yang mana para pengurus sudah berkolaborasi bagus antara pengurus Kwarcab, Kwaran, dan Kepala Desa. Serta didukung oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan akan dikembangkan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang nantinya akan menjadi lahan perkemahan dan outbond para anggota paramuka dan masyarakat umum di Boyolali,” Ungkap Supana, yang juga menjabat sebagai Staff ahli Bupati Boyolali, Seno samodro.

Kegiatan apel dan penanaman pohon ini disambut baik oleh Kepala Desa Canden, Jiyanto. “Saya berharap dengan penerimaan bantuan dan penanaman pohon ini semoga bermanfaat, insyaallah kedepannya juga akan kita jadikan tempat ini menjadi bumi perkemahan, untuk permodalan nantinya akan kami ambilkan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan rencananya akan kami jadikan argo wisata atau tempat outbond, itu harapan dari Pemerintah Desa Canden, dan semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” ujar dia.

Dengan peringatan hari Baden Powel ke-163 ini anggota Pramuka diajak untuk berbuat sesuatu terhadap alam, seperti kata-kata yang pernah diungkapkan oleh Baden Powel, “jangan bertanya apa yang bisa saya dapatkan, tetapi apa yang bisa saya berikan”. Tentunya sesuatu yang bermanfaat yang diberikan oleh anggota pramuka pada alam, negara dan bangsa. Selamat Hari Baden Powel ke-163. (Eksani).

 

Ikuti tulisan menarik Eksani Boyolali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu