Kiprah Anak Jokowi-Ma’ruf: Gibran Ingin Pimpin Solo, Azizah Bidik Tangsel - Viral - www.indonesiana.id
x

Wawancara eksklusif jurnalis Tempo, Abdur Rahim, dengan Siti Nur Azizah, putri Ma'ruf Amin yang mencalonkan diri jadi Wali Kota Tangsel.

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 20 Oktober 2019 01:07 WIB
  • Viral
  • Berita Utama
  • Kiprah Anak Jokowi-Ma’ruf: Gibran Ingin Pimpin Solo, Azizah Bidik Tangsel

    Dibaca : 2.936 kali

    Pemenang pemilihan presiden lalu, pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin  segera  resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil  Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.  Pasangan ini bakal dilantik di depan Majelis Permusyawaratan Rakyat, pada Minggu sore, 20 Oktober 2019.

    Khalayak ramai sudah mengetahui rekam jejak keduanya  lewat ekspose selama kampanye pemilu lalu.  Hanya, sepak terjang keluarganya, terutama anak-anak mereka, belum terlalu banyak  terungkap.

    Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, misalnya, berancang-ancang maju dalam pemilihan wali kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah.  Adapun  putri  Ma’ruf Amin,  Siti Nur Azizah, bersiap-siap bertarung dalam pemilihan Wali Kota  Tangerang Selatan, Banten.

    Gibran Menanti Restu Megawati
    Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bertekad terus maju  dalam pemilihan Wali Kota Surakarta 2020.  Seperti diberitakan oleh ANTARANEWS,  ia  mencalonkan diri lewat PDIP. “Saya sudah mendaftar ke PDIP, dan saya tidak pernah sekalipun, di manapun, serta siapapun bilang kalau saya akan maju calon Wali Kota Surakarta melalui independen," kata Gibran  usai menghadiri acara "Connext Conference 2019" di Hotel Novotel, Solo,  19 Oktober 2019.

    Menurut Gibran,  dirinya sudah bertemu beberapa orang senior-senior PDIP di pusat. Ia mengatakan, dirinya sesuai aturan masih berkesempatan untuk mendaftarkan diri lewat DPD atau DPP PDIP.

    Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kendati pendaftaran di DPC PDIP Solo sudah ditutup, Gibran bisa melalui dua pintu lain  yaitu pendaftaran di DPD PDIP Jawa Tengah dan jalur DPP. "Pintu DPD Jateng bisa dipakai, pintu DPP juga bisa dipakai," kata Hasto, 25 September 2019.

    Menurut Hasto, sebagai bakal calon yang mendaftar, Gibran harus mengikuti tahapan sekolah partai sampai psikotes. PDIP bakal menilai kesiapan dan kemampuan manajerial serta kepemimpinan dari tokoh yang mengikuti penjaringan bakal calon kepala daerah. Keputusan akhir, menurut Hasto,   akan diambil oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

    Azizah berlaga di Tangsel
    Putri  keempat  Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, kini juga bersiap-sipa berlaga dalam pemilihan wali kota Tangerang Selatan 2020.  Seperti halnya Gibran, ia pun masuk lewat jalur PDIP. Bedanya ia bisa masuk lewat DPC PDIP  Kota Tangsel.

    Bulan lalu, Azizah  telah  mengembalikan formulir pendaftaran ke partai itu.  "Kedatangan saya ke sini tentu sebagai bukti kesungguhan saya yang telah membulatkan tekad untuk menjadi bagian dari solusi untuk membangun Tangsel yang lebih maju lagi," kata Azizah di kantor DPC PDIP kota Tangerang Selatan, 16 September 2019.

    Perempuan 47 tahun itu  juga mengatakan bahwa ayahnya, Ma'ruf Amin sudah mengetahui kalau dirinya mendaftar bakal calon walikota.  "Pasti kalau kita pamit sama orang tua kan biasa, pasti orang tua mendukung, yang pasti beliau mendukung, beliau memberikan wejangan kalau setiap pertemuan dengan keluarga," ungkapnya.

    Selama ini Azizah merupakan pegawai negeri di Kementerian Agama. Suaminya, Muhammad Rapsel Ali, adalah politikus Partai NasDem. Selain PDI Perjuangan, "Nanti saya akan ke semua partai lah, semua partai sebagai legitimasi karena untuk membangun Tangsel yang lebih maju tentu harus bersama- sama," ujar Azizah  lagi. ****

    Baca juga:
    Prabowo & Budi Gunawan Diprediksi Masuk Kabinet, Begini Manuver Politiknya

     

     

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.