11 Tip Cara Menghilangkan Stres - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dicky Efendi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 November 2019

Selasa, 19 November 2019 09:42 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 11 Tip Cara Menghilangkan Stres

    Dibaca : 256 kali

    Pikiran positif tidak hanya memiliki efek yang baik pada suasana hati dan keadaan psikologis seseorang, tetapi juga baik untuk kesehatan. Tapi selalu berpikir positif saja tidak semua orang bisa melakukannya. Kadang-kadang, ada alasan untuk merasa pesimis, cemas, khawatir.

    Berikut ini beberapa saran untuk selalu bisa berpikir positif setiap hari.

    1. Selalu Bersyukurlah

    Jangan fokus pada apa yang tidak Anda punya. Cobalah untuk mengingat hal-hal baik yang Anda miliki, mengingat semua hal baik yang Anda punya. Mensyukuri hidup dan menghargai apa yang Anda miliki adalah aturan pertama untuk selalu berpikir positif.

    2. Pilih Teman yang Mensupport

    Kadang-kadang pikiran negatif juga bisa menular. Oleh karena itu, jangan menempatkan diri di tengah-tengah pengeluh. Bahkan lebih baik, pilih teman-teman yang selalu memberikan dukungan, semangat dan berpikir positif setiap hari. Cepat atau lambat Anda akan merasakan energi mereka mempengaruhi pikiran Anda.

    3. Tinggalkan drama

    Memiliki teman yang "beracun" atau selalu membuat hidup Anda penuh drama? Segera pergi. Bersama mereka akan membuat pikiran negatif menjadi sebuah kebiasaan.

    4. Berani Ambil tanggung jawab

    Ingat, Anda benar-benar tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi. Tapi Anda selalu dapat mengontrol pikiran, perasaan dan tindakan Anda sendiri. Jadi, ketika ada hal-hal buruk yang terjadi, Anda mengatakan: "Saya bertanggung jawab untuk perasaan dan pikiran, dan saya memutuskan untuk menjadi bahagia dan kuat. "

    5. Ganti Ucapan "tidak bisa" Menjadi "bisa"

    Mungkin butuh latihan, tapi jelas  bisa berhasil jika Anda menerapkan terus menerus. Cobalah mengubah kalimat Anda, negatif menjadi positif.

    Misalnya: "Kenapa pekerjaanku berantakan?" menjadi "Hasil kerjaku kali ini memang tidak memuaskan.

    Tapi selanjutnya aku pasti bisa lebih baik." Jika terus diterapkan, hal ini bisa mengubah persepsi Anda.

    6. Berbuat Baik

    Apakah berbuat baik untuk orang lain bisa membuat dampak besar untuk Anda. Ingat ketika membantu orang lain memberikan rasa senang dan puas? Perasaan ini bisa membuat Anda merasa lebih positif.

    7. Lihat Sisi Baiknya

    Setiap situasi selalu memiliki dua sisi jika Anda bisa menemukannya. Untuk melakukan hal ini, cobalah untuk menemukan sisi positif dari setiap situasi. Lebih menekankan pada sisi positif dari hal-hal akan memberikan kekuatan besar dalam diri sendiri untuk berubah.

    8. Istirahat yang Cukup

    Setiap orang membutuhkan istirahat dan menenangkan diri sesekali. Istirahat bisa berarti sedikit beraktivitas, merenung sejenak tentang apa yang sudah Anda lakukan, serta menyegarkan pikiran dari rasa khawatir dan cemas.

    9. Tentukan Tujuan

    Menurut Nurfasta menjadi leader bagi diri sendiri adalah suatu keharusan. Jangan mau terombang-ambing oleh pendapat orang lain mengenai diri Anda. Putuskan apa yang ingin Anda lakukan. Tetapkan standar milik Anda sendiri. Mengikuti jalan yang Anda putuskan sendiri akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi.

    10. Tertawa

    Apapun yang sedang terjadi, jangan lupa untuk menyempatkan diri tertawa. Tertawalah pada humor, film lucu, pada lelucon yang dibuat saudara atau anak Anda. Tertawalah pada diri Anda sendiri. Tawa mampu meredakan stres dan mengingatkan diri Anda untuk tidak terlalu serius ketika ada masalah.

    11. Olahraga Secara Rutin

    Disebutkah strees dapat berakibat buruk bagi fungsi tubuh. Stres dapat menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh seperti denyut jantung cepat, insomnia, meningkatkan nafsu makan, dan sebagainya.

    Dan melakukan orlahraga secara rutin maka fungsi tubuh yang berubah akibat stres juga dapat diatasi.

    11 Tips di atas jika Anda terapkan di kehidupan sehari-hari makan akan membuat Anda menjadi orang yang selalu berpikir positif, bahagia dan bersyukur setiap saat.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.