x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Jumat, 29 November 2019 23:24 WIB

Jenis Ikan Hias Air Tawar Asli Indonesia dan Asal Usulnya

Berdasar data yang kami bisa dari wikipedia. Dengan jumlahnya spesies ikan air tawar yang banyak, seputar 1. 155 spesies, menjadikan Indonesia untuk negara paling besar ke-3 di Dunia yang mempunyai keberagaman ikan air tawar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia adalah negara dengan banyak spesies ikan air tawar yang di dalamnya mempunyai banyak spesies ikan hias. Berdasar data yang kami bisa dari wikipedia. Dengan jumlahnya spesies ikan air tawar yang banyak, seputar 1. 155 spesies, menjadikan Indonesia untuk negara paling besar ke-3 di Dunia yang mempunyai keberagaman ikan air tawar.

Dalam daftar ini memuat ikan hias air tawar asli dari Indonesia, Ikan hias endemik Indonesia, termasuk ikan-ikan hias air tawar langka yang cuma berada di Indonesia.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Cantik Asli Indonesia yang bisa Anda pelihara di aquascape atau akuarium berikut penjelasan dan asalnya.

Ikan Pelangi Mungil

  • Nama Latin/ Ilmiah : Melanotaenia praecox.
  • Nama Lain : rainbowfish neon, rainbo pikok, rainbowfish dwarf
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melanotaenia praecox ialah spesies ikan dalam keluarga Melanotaeniidae, dikenal juga untuk rainbowfish neon. Ikan ini endemik di lembah Sungai Mamberamo di Papua Barat, Indonesia serta sudah umum jadi ikan hias yang diperjualbelikan, cukup laku serta laris di pasar.

Melanotaenia Vanheurni

  • Nama Latin/ Ilmiah : Melanotaenia vanheurni

Rainbowfish Van Heurn masih spesies ikan dari keluarga Melanotaeniidae. Datang dari sungai-sungai kecil di Papua, yang mengalir lewat rimba hujan yang dekat sama kaki bukit di seputar tepian Dataran Mamberamo.

Mugilogobius Adeia

Mugilogobius adeia ialah spesies ikan dari keluarga Gobiidae (Ikan Gobi). Datang dari timur Talu, Danau Matano, Sulawesi, ikan ini adalah ikan endemik di Indonesia. Beberapa ciri, mempunyai minimal lima garis hitam yang tidak teratur disamping tubuhnya, diselingi dengan bintik-bintik besar yang tidak teratur menghiasi ikan ini. Ikan ini termasuk juga ikan hias langka di Indonesia.

Betta Burdigala

Betta burdigala (Red Brown Dwarf Fighter) ialah spesies endemik Kepulauan Bangka Belitung di Indonesia. Mereka ialah penghuni rawa gambut, ikan ini dapat tumbuh sampai panjang 2, 5 cm di habitat aslinya.

Betta Channoides (Snakehead Betta)

Semacam ikan cupang dalam barisan Albimarginata. Di dunia ikan hias populer dengan nama Snakehead Betta. Asli dari lembah sungai Mahakam di propinsi Kalimantan Timur di pulau Kalimantan, Indonesia. Ikan ini salah satunya ikan cupang tangkapan alam yang cukup terkenal sebab warnanya yang bagus dan cukup gampang didapatkan.

Cupang Api Api

  • Nama Latin/ ilmiah : Betta coccina
  • Nama Lain : Scarlet Betta, Wine Red Betta

Diketahui datang dari beberapa wilayah di Propinsi Jambi serta Riau di pulau Sumatra, Indonesia, serta negara sisi Johor, Semenanjung Malaysia.

Boraras Brigittae (Mosquito Rasbora)

Kendati catatan yang kami bisa masih tidak cukup tentang ikan yang dikenal dengan nama rasbora cabai atau rasbora nyamuk ini, tetapi dapat disebutkan ikan yang disebutkan Redfin Dwarf Rasbora ini asli endemik kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Mereka termasuk juga ikan hias yang menyukai bergerombol.

Ikan Botia Badut

  • Nama Latin/ Ilmiah : Chromobotia macracanthus
  • Nama lain : Harimau botia/ Ikan Botia Badut

Ialah ikan air tawar tropis punya keluarga loach botia. Ikan ini ialah anggota tunggal dari genus Chromobotia. Asli dari Kepulauan Sunda Besar, Kepulauan Borneo serta Sumatera. Awal-awalnya cuma ada di skema sungai Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah serta Kalimantan Timur Indonesia, termasuk juga Kayan serta Kabupaten Kapuas.

Ikan Puntang

  • Nama Latin/ Ilmiah : Brachygobius xanthozonus
  • Nama Lain : Bumblebee Goby

Ikan bumblebee goby ialah spesies ikan gobi air tawar dari Thailand serta Indonesia. Spesies yang menempati air payau ini bisa sampai panjang 3, 8 cm serta diketemukan dibagian bawah sungai, wilayah pesisir, rimba bakau serta wilayah yang bervegetasi tinggi.

Carinotetraodon Irrubesco

  • Nama lain : Red-tailed Redeye Puffer

Carinotetraodon irrubesco, ialah ikan buntal air tawar (buntal kerdil ekor merah) yang cuma diketemukan di Kabupaten Banyuasin di Propinsi Sumatra Selatan serta Sungai Sambas di Kalimantan Barat. Baca : Ikan Buntal Hias Air Tawar

Sebenarnya ada banyak ikan hias air tawar yang memiliki ukuran semakin besar dari ikan-ikan yang ada pada daftar ini, seperti ikan Arwana dan sebagainya. Tapi semoga adanya daftar ini bisa sedikit menyembuhkan dahaga akan informasi tentang Ikan Hias Air Tawar anda.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler