x

Drama Korea memang sangat diminati di Indonesia. Mulai dari gadis remaja hingga ibu rumah tangga menyukai drama korea, lalu apa alasan kenapa drama korea lebih disukai dibandingkan sinetron indonesia?

Iklan

Vivin Evelyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Desember 2019

Jumat, 6 Desember 2019 06:43 WIB

3 Alasan Drama Korea Lebih Disukai Dibandingkan Sinetron

Drama Korea begitu digandrungi di Indonesia, tayangan ini menjadi alternatif dari sinetron yang kian membosankan. Lalu apa alasan kenapa drama korea lebih disukai dibandingkan sinetron Indonesia?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BuMakin hari Drama Korea (drakor) memang kian populer di tanah air. Awalnya memang tontonan ini hanya populer di kalangan anak remaja. Namun kini ibu rumah tangga alias wanita berumur pun bahkan juga menyukai tontonan ini.

Kemudian apakah fenomena Drama Korea ini dapat mengganggu ekosistem sinetron? Sebenarnya tidak juga, sih, karena semua ada pasarnya. Efeknya mungkin baru akan terasa beberapa tahun ke depan. Karena seperti kita tahu millenial kini lebih suka menonton drama korea, netflix dan tentu saja Youtube.

Lalu sebenarnya apa yang membuat drama korea begitu populer di tanah air? Kami pun telah mengamati fenomena ini dan menyimpulkan setidaknya ada 3 alasan kuat yang membuat drama korea disukai penonton Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Artis Korea Cantik dan Tampan

Kita Semua suka melihat orang cakep, entah cowok maupun cewek. Termasuk dalam drama korea yang mayoritas para pemerannya memang cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Walaupun mungkin saja penampilan mereka hasil oplas, mungkin lho ya.

Karena menampilkan para artis yang cakep dan bening, tentu para kaum hawa mudah menyukai drama korea. Selain itu gaya busana dalam drama korea juga modis dan terlihat berkelas.

Tapi kan artis Indonesia juga cakep-cakep, lalu apa bedanya dengan artis drakor? Memang benar, artis kita tidak kalah cakep, tapi tak bisa dipungkiri bahwa kita lebih menyukai orang asing yang cakep daripada orang lokal, paham kan.

2. Jalan Cerita Menarik

Mencari ide jalan cerita sebuah sinetron atau film itu pasti tidaklah mudah. Dan untuk itu kita harus angkat topi pada tim kreatif drama Korea. Mereka selalu saja bisa membuat cerita yang baru dan segar.

Jalan cerita drama korea tentu jauh lebih menarik daripada sinetron di Indonesia. Drama Korea bisa menceritakan tentang misteri pembunuhan, thriller, fantasy hingga peperangan. Dan semuanya dikemas dengan apik karena memang budget mereka sangat besar.

Simak informasi mengenai drama korea terbaru di laman dramaven.com

Beda dibandingkan sinetron tanah air yang seringkali hanya bercerita tentang perselingkuhan. Atau tentang tokoh yang selalu menderita karena ditindas oleh si jahat. Pattern nya selalu begitu, sinetron Indonesia perlu berubah dan membuat ide cerita yang lebih segar.

3. Episode Singkat

Ini yang membuat drama korea terasa eksklusif dan tidak bikin penontonnya bosan. Yaitu karena jumlah episode drama kore yang sedikit.

Rata-rata episode drama korea hanya berjumlah belasan hingga puluhan. Saya tidak pernah menemui drama korea yang memiliki episode hingga ratusan. Drakor sendiri biasanya hanya tayang 2x dalam seminggu, paling banter dalam 2 bulan drama korea sudah tamat.

Bandingkan dengan sinetron indonesia yang tayang setiap hari dan jumlah episodenya mencapai ribuan. Jalan ceritanya jadi semakin mbulet dan lama kelamaan seperti hanya menceritakan kehidupan sehari-hari.

Jadi demikianlah beberapa kelebihan drama korea yang membuatnya lebih diminati daripada sinetron Indonesia. Nah kalau kamu sendiri lebih suka menonton drama korea atau masih setia menikmati sinetron tanah air?

 

 

Ikuti tulisan menarik Vivin Evelyn lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB