x

Iklan

Vivin Evelyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Desember 2019

Kamis, 26 Desember 2019 06:24 WIB

Manfaat dari Hobi Memancing Ikan

3 manfaat dan sisi positif memiliki hobi memancing ikan. Karena memancing bukanlah kegiatan yang hanya membuang buang waktu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu hobi yang populer di kalangan para pria adalah memancing ikan. Bahkan jika sudah mancing, pria bisa lupa waktu. Ada yang sampai menginap di waduk, atau berangkat dinihari hanya untuk memancing.

Memang sebenarnya apa sih manfaat memancing? Kenapa para pria sangat menyukai aktivitas ini? Analisa sederhananya sih awalnya mungkin hanya untuk mengisi waktu.

Sama seperti dengan orang yang hobi main game kan juga suka betah nge-game. Dan kenapa kalo mancing suka tidak kenal waktu? Karena mancing tidak capek bro, Berbeda dengan main futsal, baru main setengah jam aja kan udah ngos-ngosan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manfaat dari Hobi Mancing Ikan

Nah daripada kita mengkritik para pemancing yang tak kenal waktu, lebih baik kita gali saja beberapa manfaat memancing bagi diri sendiri. Karena setiap hal pasti ada sisi baik dan buruknya yang harus kita lihat.


1. Melatih Kesabaran

Sudah diketahui sejak dulu bahwa salah satu fungsi memancing adalah melatih kesabaran. Bagaimana sikap kita ketika semalaman boncos alias tidak dapat ikan. Jika kita tidak sabar pasti sudah menyerah atau bahkan marah-marah.

Darisanalah kesabaran pemancing ikan di uji, cocok sebagai terapi bagi orang yang pemarah. Salah satu ilmu agar tidak boncos atau setidaknya ikhlas dalam memancing adalah dengan membaca doa mancing ikan nila, jika sedang mencari ikan nila. Karena dengan begitu kita memasrahkan hasil kepada ridho Allah SWT.


2. Latihan Fisik

Memancing ikan juga bermanfaat untuk fisik. Terutama kekuatan tangan, karena saat berhasil strike ikan besar memang cukup menguras tenaga.

Contohnya saat memancing ikan nila babon, itu butuh tenaga loh buat menaikkan ikan. Apalagi buat angler yang sudah beda level dengan mancing ikan monster di laut, tenaga yang dikeluarkan pasti jauh lebih besar.

Untuk mempelajari tips tips memancing ikan babon, kalian bisa membacanya di blog Mancing Ikan.

 

3. Relaksasi

Mungkin ini alasan rasional dan paling umum bagi para pria untuk hobi mancing ikan, yaitu pengen relaksasi, santai dan mencari ketenangan saat jenuh dengan pekerjaan, misalnya.

Inilah bukti nyata manfaat memancing bagi kesehatan, bisa membuat rileks dan menghindari stress. Seolah oleh melepaskan seluruh ketegangan setelah seminggu bekerja.

Hobi mancing memang dapat memberikan ketenangan, terutama saat mancing di alam seperti danau atau sungai. Karena kalau mancing galatama di kolam tentu saja itu untuk berkompetisis dan tidak bisa rileks.

Kurang lebih demikianlah beberapa manfaat memiliki hobi memancing. Tentu saja dengan catatan jangan berlebihan dan membuat kita lupa akan kewajiban ibadah. Lakukan secukupnya dan jangan maruk dalam memancing agar kita menjadi orang yang pandai bersyukur.

Ikuti tulisan menarik Vivin Evelyn lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu