x

Media

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Jumat, 13 Desember 2019 11:51 WIB

Tip Meningkatkan Konversi Iklan di Facebook

Menempatkan iklan di platform apa pun membutuhkan target yang terukur serta perencanaan yang baik. Tanpa ada itu, Anda cuma akan berpeluang membakar uang tanpa ada menghasilkan konversi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menempatkan iklan di platform apa pun membutuhkan target yang terukur serta perencanaan yang baik. Tanpa ada itu, Anda cuma akan berpeluang membakar uang tanpa ada menghasilkan konversi. Minimal ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bila ingin membuat iklan Facebook yang efektif.

Petakan Target Market Anda

PilihPromosi seperti Facebook Ads ialah hal-hal lain yang memerlukan pengetahuan, pengalaman, serta kekeliruan sebelum memperoleh winning campaign yang diharapkan.

Langkah pertama yang butuh menjadi perhatian ialah memetakan target pasar akan iklan Anda. Di langkah ini Anda harus dapat mengelompokkan figur dari semasing kriteria konsumen yang disebut pasar baik untuk produk yang Anda menawarkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beberapa contoh pengelompokkan target pasar yang dimaksudkan semacam ini:

  • Jenis kelamin: Lelaki atau wanita, berapakah persentase untuk keduanya.
  • Usia: berapa usianya, apa 20-an, 30-an, 40-an atau 50-an?
  • Tingkat pendidikan: Apa target Anda pelajar (SMA, SMK, atau kuliah)?
  • Pendapatan: Berapakah standar pendapatannya?
  • Pekerjaan: apa buat mereka yang telah kerja, bila iya apa pekerjaan yang kira-kira pas untuk produk Anda.
  • Relationship: status target pasar yang pas untuk produk Anda, apa yang masih sendiri, menduda atau yang telah menikah?
  • Tempat: Di kota apa, di daerah mana, tinggal di perumahan apa, tempat tinggalnya type apa, kerja atau sekolah di daerah mana, dan lain-lain.
  • Hoby & olahraga: Apa minat mereka, club sepak bola apa yang mereka sukai, pekerjaan apa yang mereka gemari?
  • Minat: Umumnya berkaitan dengan tokoh pujaan, musik, buku serta pola hidup.
  • Dan lain-lain

Sesudah Anda mendapatkan profile yang pas, jadikanlah profile itu jadi target pemakai waktu membuat kampanye iklan di Facebook Ads.

Gunakan “Lookalike Audience”

Ini adalah satu diantara feature targeting yang sengaja disiapkan Facebook untuk membantu pengiklan menjangkau makin banyak pengguna yang mempunyai hubungan dengan custom audience yang telah Anda tetapkan awalnya. Jadi, secara singkat Facebook akan pelajari pola target iklan Anda selanjutnya membantu temukan pemakai lain yang mempunyai pola sama.

Tingkatkan Relevansi Iklan

Di Facebook Ads ada panel skor relevansi yang tunjukkan sebegitu baik iklan Anda dengan umpan balik yang diberi oleh target berbentuk konversi, engagement, dan lain-lain. Makin tinggi skor relevansi, karena itu makin murah pula biaya iklan untuk mencapai jumlah audiens yang sama atau malah makin banyak.

Untuk meningkatkan relevansi iklan, Anda bisa mencoba lakukan beberapa panduan di bawah ini.

Menawarkan diskon atau potongan harga untuk pengguna yang memberi tanggapan atas iklan Anda, dapat berbentuk like, share atau meninggalkan komentar.

Pastikan iklan Anda mengandung kata kunci khusus yang berkaitan dengan produk, hobi atau minat audiens.

Pakai template atau gambar yang relevan pula. Bila Anda kesulitan mendesain gambar yang relevan dan menarik, Anda bisa menggunakan template atau produk digital yang dijual di berbagai platform, seperti Saung Digital. Disana terdapat banyak template iklan yang sangat variatif dan kreatif.

So, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum iklan di Facebook agar hasilnya lebih maksimal.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu