Di Balik Viral Foto Jokowi Bertemu Ahok, Ada Cerita Ini - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, didampingi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat meresmikan program mandatori penggunaan B30 di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Senin 23 Desember 2019. Jokowi juga meminta menteri-menteri terkait dan Pertamina untuk menyiapkan penerapan B40 dan B50 beberapa waktu ke depan. TEMPO/Subekti.

tuluswijanarko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 24 Desember 2019 10:38 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Di Balik Viral Foto Jokowi Bertemu Ahok, Ada Cerita Ini

    Beberapa hari ini media sosial tengah diramaikan oleh viralnya foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertemu Komisairs Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Inilah misi yang ditugaskan Jokowi kepada Ahok.

    Dibaca : 6.717 kali

    Beberapa hari ini media sosial tengah diramaikan oleh viralnya foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mereka bertemu dalam rangka acara peresmian implementasi B30 di SPBU Pertamina Jalan MT. Haryono, Tebet, Jakarta, Senin, 23 Desember 2019. Ahok saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Pertamina. Ahok menjabat sebagai Komut Pertamina per 25 November 2019.

    Seperti bisa disarikan dari riuhnya percakapan di media sosial, pertemuan Jokowi dengan Ahok itu disebut sebagai perjumpaan dua sahabat lama sesama alumni Balaikota DKI. Hal itu tentu merujuk pada fakta keduanya adalah mantanorang nomor 1 di Provinsi DKI Jakarta. Warga net juga menyebut keduanya sebagai tokoh jujur dan berintegritas.

    Tetapi ada hal yang jauh lebih penting dari sekedar perjumpaan dua sahabat. Sebab, penempatan  Ahok sebagai Komisaris Utama itu juga mengemban misi penting yang ditugaskan Jokowi.

    1. Mengawal Proyek B30 Biodisesel

    Seperti ditulis Tempo.co,  Presiden Jokowi memerintahkan Ahok mengawal penerapan biodiesel 30 persen atau B30. Perintah itu diberikan karena Jokowi tak mau B30 bernasib sama seperti program B20, yang molor sampai 2 tahun.

    “Presiden tidak mau ada masalah, belajar dari B20,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Desember 2019.

    Menurut Luhut, Jokowi telah mengingatkan semua anak buahnya soal rencana penerapan B30. “Saya gak mau main-main,” kata Luhut menirukan ucapan Jokowi.

    Ahok dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada awal Desember telah bertemu Jokowi di Istana Negara. Saat itu keduanya melaporkan ihwal kesiapan implementasi B30 pada Januari 2020. Pertamina pun menyatakan siap menjalankan sesuai jadwal.

    Selanjutnya: Mengawal pengurangan impor BBM



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.