x

Gulbachar Jalilova

Iklan

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Kamis, 26 Desember 2019 19:41 WIB

Begini Nasib Wanita Uighur: Dibuat Steril, Diperkosa atau Dipaksa Nikah

Nasib orang Uighur di Xinjiang, Cina, masih terus menjadi sorotan dunia. Hingga kini, diperkirakan satu juta suku yang beragama Islam itu ditahan di kamp-kamp. Pemerintah telah berulang kali menyangkal keberadaan kamp, menyebutnya sebagai pusat pendidikan kejuruan sukarela.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Disterilkan
Bekas  penghuni kamp di Provinsi Xianjang Cina, Gulbachar Jalilova, 54 tahun,  mengungkapkan pengalamanya saat di tahanan itu. Ia dan tahanan lain dikurung   di ruangan 7x3x6 meter tanpa jendela, semua orang di dalam ruangan harus menghadap ke arah yang sama yakni foto Presiden Cina Xi Jinping.

Jalilova  yang pernah datang ke Indonesia, masuk tahanan karena  dituduh  mentransfer sejumlah dana ilegal dari Cina dan Turki ke Xinjang. Dilansir DW News,  ia mengungkapkan  bahwa pihak berwenang di kamp ini tak hanya menganggap perempuan Uighur ini sebagai teroris, tapi mereka juga dimasukkan ke dalam program sterilisasi.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program ini dilakukan untuk mengganggu kemampuan para perempuan untuk melahirkan. Nantinya para perempuan ini menstruasinya akan berhenti sendiri. Para perempuan ini dipaksa untuk menerima suntikan sterilisasi ini.

Dilansir The Epoch Times,   banyak wanita muda dalam tahanan yang diperkosa. Digambarkan, tahanan wanita yang muda dibawa keluar semalaman.  Ia akan dibunuh jika menolak.  ****

Ikuti tulisan menarik Dian Novitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler