x

Babinsa Koramil 0815/06 Kemlagi mendampingi petani perawatanan tanaman dan panen jagung di desa binaan

Iklan

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Minggu, 9 Februari 2020 19:39 WIB

Jagung Hibrida Komoditas Produktif

Varietas jagung hibrida NASA 29 mampu meningkatkan produktivitas pertanian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Telah lama petani menjadi profesi yang terpinggir dalam ranah pembangunan di Indonesia. Namun demikian, akhir-akhir ini telah banyak program pertanian yang dijalankan oleh pemerintah pusat dan daerah. Pertanian sendiri merupakan salah satu sektor terbesar yang menyumbang PDB di Indonesia. Banyak daerah di Indonesia kemudian meningkatkan potensi pertanian, seperti halnya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Berau.

Pertanian di Berau adalah salah satu sektor produktif yang tengah menjadi fokus dari pemerintah Kabupaten Berau. Potensi pertanian di Berau sendiri terbilang besar karena Berau memiliki lahan pertanian seluas 93.000Ha, dimana 4.206Ha, diantaranya adalah pertanian jagung. Bupati Berau, H. Muharram menginginkan agar produksi jagung di Berau dapat terus ditingkatkan. Capaian luar bisa pertanian jagung di Berau ialah pada tahun 2018, dimana Berau penyumbang terbesar produksi jagung se-Kalimantan Timur. Prestasi ini tidak bisa terlepas dari kepemimpinan Bupati Berau H. Muharram, dimana sebagian besar program-program yang dijalankan, berpihak kepada pertanian dan pedesaan. Sebut saja program ADK atau alokasi dana kampung dan BUMK atau badan usaha milik kampung, dimana produk-produk unggulan suatu kampung dikelola kedalam badan usaha yang dijalankan secara profresional dan mandiri.

Produk unggulan jagung sendiri tidak bisa terlepas dari inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Berau, dimana petani menggunakan bibit hibrida jagung. Dilansir dari technology-indonesia.com, Bupati Kabupaten Berau, H. Muharram, mengatakan bahwa varietas bibit hibrida jagung NASA 29 mampu meningkatkan produksi jagung berau hingga 10-12 ton/ha. Dengan produk unggulan jagung hibrida, diharapkan produksi pertanian jagung tidak hanya meningkat, namun turut serta meningkatkan kesejahteraan petani jagung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

 

Ikuti tulisan menarik Rizki Siahaan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu