3 Baju Adat Jawa Timur yang Perlu Anda Ketahui - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Baju Adat Jawa Timur

amelia sarah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2019

Rabu, 12 Februari 2020 10:55 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 3 Baju Adat Jawa Timur yang Perlu Anda Ketahui

    Dibaca : 356 kali

    Pakaian adat yang berasal dari Jawa Timur merupakan simbol bagi keutuhan budaya yang ada di provinsi tersebut. Hampir setiap provinsi mempunyai pakaian adat dengan keunikan dan keaneragaman yang berbeda beda.

    Jawa Timur merupakan provinsi yang cukup besar dan kaya akan budaya. Untuk Anda yang ingin belajar tentang Budaya Jawa Timur, khususnya tentang Pakaian Adat Jatim. Berikut ini macam-macam baju adat dari Jawa Timur yang perlu Anda ketahui agar tidak luntur dan hilang ditelan zaman.

    1. Pese’an Madura.

    Pakaian ini merupakan jenis pakaian yang sering diingat oleh masyarakat pada umumnya dan juga sangat familiar. Wujud dari pakaian ini terdiri dari 2 jenis yakni, baju luar yang berwarna hitam dan juga baju dalam yang berupa kaos belang berwarna merah dan putih. Sedangkan untuk celana yang digunakan adalah celana longgar panjang sampai mata kaki. Pakaian ini sangat terkenal, baik itu secara nasional maupun internasional.

    Pada zaman dahulu, pakaian ini hanya digunakan oleh orang-orang Madura saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman pakaian ini dipakai oleh banyak orang diseluruh wilayah Jawa Timur, sehingga kemudian dipatenkannya menjadi pakaian adat khas Jawa Timur. Dulu, bahan yang digunakan dalam penyusunan pakaian ini adalah kain China, namun, pada zaman sekarang ini telah dimodifikasi menggunakan bahan tetoran yang dirancang oleh orang-orang Madura.

    2. Saring Bahan.

    Saring bahan merupakan salah satu pakaian yang berasal dari Jawa Timur yang sering digunakan. Sesuai dengan namanya, Saring Bahan ini disusun dari material kain. Pada umumnya, kain yang digunakan adalah kain sutra, serta saring pada bagian pelekatnya menggunakan bahan katun. Kain yang dipilih tentulah kain yang berkualitas tinggi dan sangat nyaman bila digunakan.

    Warna yang digunakan biasanya adalah warna yang mencolok, seperti warna kuning keemasan. Serta juga sering menggunakan warna putih sebagai dasar dan juga kotak-kotak hijau atau biru sebagai tambahan. Untuk ukuran Saring Bahan disesuaikan dengan masing-masing individu..

    3. Pakaian Mantenan.

    Nama dari pakaian ini sendiri merujuk pada pakaian yang digunakan dalam acara pernikahan. Pakaian Mantenan Jawa Timur ini dipakai ketika sang mempelai yang melakukan pernikahan dengan tata cara adat Jawa Timur.Jenis pakaian ini cukup terkenal, sehingga anda banyak menemui pakaian ini. Pakaian ini juga sering digunakan dibeberapa wilayah yang ada di Jawa Timur. Jenis pakaian ini juga dilengkapi dengan Odheng, Arloji Rantai, Kain selempang, dan juga beberapa aksesoris lainnya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.