x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 10 Maret 2020 14:32 WIB

5 Manfaat Mandiri Keuangan buat Milenial

Karena sudah tidak bergantung maka biasanya juga bisa mengambil keputusan secara mandiri alias pede.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai seorang gadis yang beranjak dewasa dan kini sudah mulai bekerja serta mendapatkan gaji bulanan, tentu perlu berpikir untuk mulai mandiri secara keuangan. Rasanya akan aneh jika sudah punya pendapatan sendiri, tetapi masih bergantung pada orangtua.

Milenial yang sudah mulai bekerja penting untuk berpikir tentang pengelolaan keuangan secara profesional. Pasalnya, yang namanya mandiri secara keuangan itu bukan semata-mata mampu mencukupi kebutuhan pribadi, tetapi mengelola keuangan untuk keamanan keuangan di masa depan pula, semisal dengan investasi di pasar modal melalui aplikasi IPOTGO untuk investasi saham dan reksa dana. Dana yang dikembangkan berpotensi menjadi jaminan keamanan keuangan di masa depan.

Apalagi dalam hidup ini yang namanya ketidakpastian itu bukan hal yang baru, bahkan ketika rencana yang dibuat telah disusun secara rinci. Keamanan keuangan di masa depan adalah tantangan yang wajib diwujudkan bagi milenial, terutama bermula dari kemandirian keuangan terlebih dahhulu, karena akan ada banyak manfaat yang diperoleh:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Tenang Karena Ada Cadangan
Ketenangan ini terwujud karena ada cadangan dana, berbeda halnya jika milenial masih bergantung secara keuangan pada orangtua. Karena sudah mandiri maka bukan tidak mungkin saat keluarga mengalami krisis maka bisa meringankan ekonomi keluarga. Pun jika kebutuhan tiba-tiba meroket maka hidup akan tetap tenang.

2. Makin Percaya Diri
Pada umumnya milenial yang sudah mandiri secara finansial lebih percaya diri karena sudah tidak bergantung pada orangtua atau pihak lain. Karena sudah tidak bergantung maka biasanya juga bisa mengambil keputusan secara mandiri alias pede.

3. Memiliki Daya Tawar
Fakta menemukan bahwa perempuan yang mandiri memiliki daya tawar tinggi dalam sistem patriarkal. Sebagai perempuan yang mandiri secara keuangan, tentu tidak akan dipandang sebelah mata dibandung mereka yang hanya bergantung pada pihak laki-laki.

4. Menjadi Inspirasi
Kemandirian keuangan adalah teladan dan karenanya bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang terdekat. Pun saat sudah hidup berkeluarga, anak bisa mengambil inspirasi dari ibunya sendiri.

5. Aktualisasi Diri
Kebutuhan manusia yang tak boleh ditutup-tutupi adalah aktualisasi diri. Karenanya, perempuan yang mandiri secara keuangan merupakan bentuk dari aktualisasi diri.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler