Traveling Sendirian? Tidak Perlu Khawatir, Ini Dia Manfaatnya! - Travel - www.indonesiana.id
x

Traveling Backpacker

Robit Mikrojul Huda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Maret 2020

Kamis, 19 Maret 2020 06:31 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Traveling Sendirian? Tidak Perlu Khawatir, Ini Dia Manfaatnya!

    Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan lebih tenang, maka ada baiknya untuk melakukan aktivitas liburan seorang diri. Tidak perlu takut, karena dengan melakukan aktivitas liburan Anda justru bisa mendapatkan beragam manfaat yang luar biasa, tidak percaya? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan

    Dibaca : 637 kali

    Memesan tiket pesawat menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin berlibur dengan lebih hemat. Seperti yang Anda tahu, berlibur adalah cara terbaik untuk menghilangkan penat dari padatnya aktivitas harian. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang memilih untuk berlibur bersama dengan orang terdekatnya.

    Namun jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan lebih tenang, maka ada baiknya untuk melakukan aktivitas liburan seorang diri. Tidak perlu takut, karena dengan melakukan aktivitas liburan Anda justru bisa mendapatkan beragam manfaat yang luar biasa, tidak percaya? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berlibur seorang diri: 

    • Lebih berani 

    Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari berlibur atau traveling sendirian adalah menjadikan Anda sosok yang lebih berani. Pasalnya dengan berlibur sendiri Anda tentunya dapat mencoba berbagai macam hal baru sendirian. Seperti mencoba beragam jenis makanan yang belum pernah Anda konsumsi sebelumnya atau bahkan mencoba jenis permainan yang menantang adrenalin.

    Hal ini terjadi karena ketika Anda berlibur seorang diri, maka Anda pun akan lebih terdorong untuk mencoba berbagai macam hal baru yang belum pernah Anda lakukan. 

    • Mengenali diri sendiri

    Berlibur seorang diri atau solo traveling juga dapat Anda jadikan sebagai ajang pencarian jati diri. Karena itulah kegiatan yang satu ini umumnya dilakukan oleh mereka yang berada dalam fase quarter life crisis. Pasalnya dengan menikmati perjalanan seorang diri, maka Anda pun dapat mengenali diri Anda dengan lebih baik. 

    Dalam perjalanan yang Anda lakukan ada banyak pengalaman yang dapat Anda ambil dan jadikan sebagai pelajaran penting. Dengan kata lain proses liburan tersebut dapat membantu Anda untuk belajar dengan lebih baik dan tentunya membentuk pribadi Anda secara utuh. Bahkan dengan perjalanan tersebut Anda pun dapat mengetahui sejauh mana batas kemampuan yang Anda miliki. 

    • Bertemu teman baru 

    Manfaat lain yang juga dapat Anda rasakan adalah Anda dapat bertemu dengan teman baru. Karena proses liburan yang dilakukan seorang diri umumnya membuat Anda menjadi pribadi yang lebih terbuka dan mau menerima orang-orang yang ada di sekitar Anda.

    Hal ini jelas berbeda dengan proses liburan yang Anda lakukan bersama dengan teman, kerabat atau bahkan keluarga, yang mana setiap aktivitas umumnya Anda lakukan bersama orang-orang tersebut. Sementara ketika Anda berlibur seorang diri tentunya aktivitas tersebut harus Anda lakukan seorang diri.

    Adapun jika Anda membutuhkan partner, maka Anda harus berbaur dengan orang lain di sekitar Anda. Dengan demikian, maka teman atau bahkan relasi baru pun bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah. 

    • Lebih mandiri 

    Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas, setiap aktivitas liburan yang Anda lakukan tentunya harus dilakukan seorang diri. Dengan demikian, Anda pun tidak dapat bergantung pada orang lain. Hal tersebut tentunya menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih mandiri. 

    • Lebih bebas 

    Selain dikenal sebagai manfaat, hal ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Pasalnya Anda dapat menikmati liburan dengan lebih bebas. Artinya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang diinginkan oleh orang lain, karena proses liburan  tersebut Anda lakukan seorang diri, maka Anda pun akan lebih leluasa dan bebas. Baik itu dalam memilih lokasi liburan atau traveling yang dituju, berapa lama waktu liburan yang akan Anda lakukan dan apa saja yang ingin Anda lakukan selama liburan tersebut. 

    • Mengatur uang dengan lebih mudah 

    Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan dari solo traveling adalah sistem pengaturan uang yang lebih mudah. Pasalnya Anda hanya perlu mengatur uang untuk kebutuhan Anda saja. Sehingga keputusan Anda untuk berhemat atau justru menghambur-hamburkan uang pun dapat dilakukan dengan mudah karena hal tersebut menjadi keputusan Anda sendiri.

    Selain itu, bagi Anda yang ingin berhemat tentunya berlibur seorang diri menjadi cara mudah untuk menghemat jatah liburan tanpa harus menghapus jadwal liburan yang telah diagendakan itu tadi. 

    Dari penjelasan di atas tentunya dapat Anda lihat bahwa tidak ada hal yang perlu ditakutkan untuk berlibur seorang diri. Karena selain menyenangkan, kegiatan liburan tersebut juga dapat memberikan Anda manfaat yang luar biasa. Oh ya, Anda juga bisa membaca tulisan saya di blog pribadi saya di Robit.id. Semoga bermanfaat, ya!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.