Cara Menanam Buah Melon Hasilnya Manis dan Memuaskan - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

GDM Organik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 23 Maret 2020 15:56 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Menanam Buah Melon Hasilnya Manis dan Memuaskan

    Dibaca : 288 kali

    1. Syarat Tumbuh Melon

    Sama seperti tumbuhan buah yang lain, cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan juga harus memperhatikan media serta tempat menanam buah ini. Tempat yang tidak sesuai akan menjadikan buah melon tidak menghasilkan buah yang manis serta memuaskan bahkan kemungkinan untuk tidak tumbuh sangat besar.

    Berikut adalah  hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan tempat menanam buah melon:

    1. Keadaan Suhu Sejuk dan Kering

    Buah melon adalah jenis buah yang tumbuh ditempat yang sejuk tapi kering. Untuk mendapatkan buah melon yang manis serta memuaskan anda harus memilih tempat yang mendapatkan sinar matahari disepanjang harinya dengan kisaran suhu 24o sampai 30o celcius.

    Tidak hanya itu, anda juga harus memastikan bahwa lahan tempat anda akan menanam buah melon bukanlah tempat dimana angin bertiup dengan kencang. Angin yang kencang dikhawatirkan akan mematahkan batang dari pohon melon bahkan mengugurkan buah mudanya yang belum terlalu kuat.

    1. Curah Hujan Stabil

    Tempat yang kering bukan berarti tanaman melon tidak boleh terkena hujan. Tapi setidaknya anda harus menanam melon ditempat yang tidak terlalu sering terkena hujan atau setidaknya jangan menanam buah melon di musim hujan.

    Tanaman melon yang terkena curah hujan yang tidak stabil akan mempengaruhi buah melonnya nanti. Buah melon yang mengandung air terlalu banyak akan menjadikan buah tidak manis.

    Menanam tanaman melon ditempat dengan curah hujan yang tinggi atau pada saat musim hujan juga dikhawatirkan akan merusak tanaman karena hujan dapat mematahkan ranting dan daun melon.

    1. Media Tanah Netral dan Gembur

    Tanaman melon dapat tumbuh dengan sempurna pada ketinggian tanah sekitar 350 sampai 950 mdpl dengan tanah yang gembur, mengandung pasir, kaya akan unsur hara, dan ph tanah berada dikisaran 5 sampai 7.

    Tanah yang gembur menjadi keharusan dalam menanam tanaman melon karena akan memudahkan akar dari tanaman melon untuk tumbuh dan berkembang sehingga tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

    2. Memilih Bibit Melon Berkualitas

    Cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan selanjutnya ada pada bagian pemilihan bibit yang berkualitas.  Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas anda harus melakukan beberapa hal sebagai bentuk seleksi atau sortir.

    Bibit yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan tahan terhadap serangan penyakit dan hama yang dapat merusak. Dan berikut adalah beberapa tahap yang harus anda lakukan:

    1. Perendaman Bibit Melon

    Hal pertama yang harus dilakukan setelah anda mendapatkan bibit buah melon adalah merendam bibit melon. Anda bisa merendam bibit kedalam air yang sudah tercampur air atonik dan furadam. Jika kedua bahan tersebut tidak ada anda bisa merendamnya dengan air hangat biasa.

    1. Seleksi Bibit Melon yang Bagus

    Perendaman pada point pertama dilakukan selama dua jam untuk seleksi awal ini. Bibit yang berkualitas nantinya akan tenggelam sampai kedasar sedangkan bibit yang terapung itu mendakan bibit buah melon tersebut kurang berkualitas.

    1. Penyimpanan Bibit Melon

    Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas lewat proses perendaman, tahap selanjutnya adalah penyimpanan bibit yang berkualitas ini. Sebelum menyimpan anda harus pastikan bahwa bibit yang direndam tadi sudah dalam keadaan benar-benar kering. Bibit yang tidak kering atau masih dalam keadaan basah dan lembab dikhawatirkan akan terserang jamur mengganggu kualitas bibit.

    Untuk penyimpanan anda bisa masukkan kedalam plastik atau juga bisa langsung ke polybag. Namun sebelum menyimpan anda harus melapisi bagian alas dengan koran sehingga, jika tumbuh akar, akar tidak akan masuk kedalam tanah.

    3. Menyemai Benih Melon

    Tahap ketiga dari cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan adalah dengan memperhatikan proses penyemaian buah. Penyemaian adalah proses dimana anda menanam tanaman buah melon ini dimedia tanam sementara. Dan tahap-tahap dalam menyemai benih melon ini adalah:

    1. Perendaman Benih Melon

    Sebelum melakukan penyemaian bibit kembali direndam selama sekitar 3 jam. Fungsi dari perendaman ini adalah untuk merangsang pertumbuhan akar agar segera keluar setelah beberapa waktu masuk ke penyemaian.

    1. Penanaman Benih Melon pada Polybag

    Untuk media semai anda bisa menggunakan plastik polybag atau gelas plastik yang bagian bawahnya sudah dilubangi. Fungsi pelubahan di bagian alas ini adalah agar air dapat mengalir dan tidak menggenang didalam gelas plastik. Kandungan air yang berlebih didalam tanah dapat mengakibatkan benih tidak tumbuh maksimal.

    Polybag yang sudah disiapkan diawal diisi dengan campuran pupuk kandang dan tanah gembur dengan perbandingan 1:4 dan benih yang sudah dimasukkan kedalam polybag nantinya kemudian ditutup oleh abu sekam.

    1. Perawatan Benih Melon

    Perawatan pertama yang harus diberikan kepada benih yang baru masuk kedalam wadah penyemaian adalah penyiraman. Penyiraman sebaiknya dilakukan bukan dengan cara menyiram melainkan menyemprotkan air dengan alat semprot agar air tidak merusak tanah tempat benih berada.

    Selain penyemprotan, hal yang harus dilakukan adalah penjagaan polybag dari tumbuhya rumput liar. Rumput liar sangat mungkin tumbuh bersamaan dengan benih melon dan harus segera dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan benih.

    Lakukan perawan ini sekitar 12 hari lamanya sampai akhirnya benih melon tumbuh dan mengeluarkan dua sampai tiga helai daun muda. Jika sudah mengeluarkan daun seperti itu, benih sudah siap untuk dipindah ke lahan tanam.

    4. Cara Persiapan Lahan Tanam Melon

    Seperti sudah dijelaskan diawal bahwa tanaman melon membutuhkan kriteria khusus untuk tumbuh dimana diantaranya adalah tanah yang gembur. Langkah pertama dalam persiapan lahan tanam melon adalah dengan mencangkul lahan tanam untuk menghilangkan gulma atau rumput liar yang sudah lebih dahulu tumbuh. Dan beberapa hal lain yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah:

    1. Pengolahan Lahan Tanah

    Fungsi pencangkulan tanah adalah untuk menggemburkan tanah sehingga saat akar tanaman melon tumbuh, akar dapat tumbuh dengan maksimal karena keadaan tanah sudah tidak keras.

    Setelah pencangkulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kadar ph tanah. Jika ph tanah terlalu tinggi anda bisa mengunakan kapur dolomit untuk menjadikannya netral dan jika ph terlalu rendah anda bisa mencampur tanah dengan belerang. Diamkan selama satu minggu sebelum masuk ke proses penanaman.

     

    1. Pembuatan Jarak Tanam

    Setelah lahan tanam dibiarkan selama satu minggu tahap selanjutnya adalah pembuatan bedengan. Ukuran bedengan tentu saja menyesuaikan lahan tanam yang anda miliki namun tinggi bedengan biasanya adalah sekitar 50cm.

    Untuk memudahkan anda dalam perawatan anda harus memperhatikan jarak antar bedengan yang bisa dibuat dengan kisaran jarak 50cm-70cm. Jarak antar bedengan ini berfungsi sebagai parit jika hujan turun.

     

    1. Pemasangan Plastik Mulsa

    Saat bedengan yang anda buat sudah siap selanjutnya bedeng kemudian ditutup oleh 2 lapis plastik mulsa. Bagian hitam dibawah dan bagian perak dibagian atas dan diamkan lagi selama satu minggu.

    Jika sudah masuk ke satu minggu pelapisan plastik mulsa tahap selanjutnya adalah melubangi plastik mulsa. Untuk melubangi plastik ini anda bisa menggunakan kaleng susu bekas dimana nanti lubang ini difungsikan untuk benih yang akan dipindahkan dari polybag tadi.

    Berikutnya: Proses penanaman hingga tahapan pascapanen


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: wahyu yoyok

    1 hari lalu

    9 Mix and Match Celana Joger Trendi

    Dibaca : 118 kali

    9 Mix and Match Celana Joger Trendi Celana jogger saat ini memamg sedang trend dan sangat digemari oleh wanita. Selain tampilannya yang simpel, celana ini bisa dipadupadankan dengan berbagai macam model baju biar terkesan trendi. Dengan memakai celana ini, kamu juga bebas bergerak melakukan aktifitas. Hampir semua wanita yang selalu up to date masalah fashion, pasti memiiliki celana jogger di deretan wardrobe nya. Biar tampilannya ngga itu-itu saja dan terkesan monoton, berikut cara mix and match celana jogger. Celana Jogger dengan atasan Tshirt dilapisi Kardigan Celana jogger dengan atasan Tshirt ini akan terkesan kasual. Gaya ini sangat cocok untuk kamu jika ingin hang out bareng dengan teman-teman. Dengan menggunakan Tshirt polos lalu dipasangkan dengan menggunakan kardigan akan tampak lebih modis. Oh yaa mix n match model ini bisa dipake kamu yang berhijab juga lho. Celana Jogger dengan atasan Semiformal Dengan menggunakan atasan yang semi formal gaya ini bisa juga di pakai ke kantor. Padukan jogger pantsmu dengan atasan blouse, atau blazer agar terlihat makin elegan. Pemakaian blouse ini memiliki kesan semi formal namun tetap menawan. Atasan Turban dengan Jogger Pants untuk Hijaber Untuk kamu yang berhijab jangan khawatir memadukan jogger pants ini. Untuk atasan kamu bisa memakai turban berbahan spandex atau kashmir. Jogger pants dan turban ini cocok sekali dipakai kamu saat berolahraga. Model seperti akan akan membuatmu tampak sporty namun tetap stylish. Perpaduan jogger pants dan atasan model Crop top Cobalah untuk mengenakan jogger pants dengan atasan model crop top. Ini akan membuat tampilanmu terlihat fashionable. Selain itu kesan yang girly juga akan terlihat. Bagi kamu para hijaber apabila akan memakai atasan crop top seperti ini, maka harus memakai manset terlebih dahulu. Atasan Blouse dengan Jogger Pants Kesan santai akan terlihat apabila memakai jogger pants dan blouse polos. Ini juga bisa dipakai saat acara formal lohh. Jogger pants serta atasan serba putih yang terlindung dengan vest Perpaduan jogger pants putih serta hem warna senada tidak akan membuat kamu mati gaya kalo atasanmu dilapisi vest warna pink. Ini akan terkesan girly dan fashionable. Jogger Pants dengan Atasan Batik Ternyata jogger pants bisa juga lho dipake pas acara resmi. Lihat saja yang dipakai desainer kondang Dian Pelangi. Biar terkesan formal, Dian Pelangi memadukan oversize blouse bermotif batik. Dengan menggunakan krah model turtle neck akan membuat tampilanmu bergaya etnik namun tetap terlihat modern. Jogger pants dengan Kemeja Monokrom Tema monokrom tampak jelas pada jogger pants yang bermorif ditambah dengan atasan kemeja warna abu-abu akan memberikan kesan boyish. Dengan penambahan aksesoris tas berbentuk ikan yang dapat membuat tampilanmu terlihat kasual. Jogger Pants dengan Atasan Layering Gaya yang terkeaan semi formal namun tetap asik. Memakai jogger pants dengan konsep layering. Konsep layering ini menggunakan kombinasi antara kemeja stripe dengan cardigan. Jogger pants dengan vest grey Perpaduan antara jogger hitam dengan atasan manset warnanya pun sama. Serta menambahkan vest grey akan menambah kesan casual namun tetap trendi. Demikian cara memadankan jogger pants dengan berbagai atasan yang dimiliki dirumah. Kamu bisa mix and match sendiri dirumah. Untuk mendapatkan Celanan Jogger , hijab dan bajunya kamu bisa belanja di toko online terpercaya atau toko offline yang sudah menjadi langganan kamu. Nah itulah 9 tip Mix and Match Celana Joger Trendi yang bisa menjadi inspirasi kamu agar bisa tampil modis dan kekinian. Selamat mencoba.