x

Iklan

GDM Organik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 23 Maret 2020 15:56 WIB

Cara Menanam Buah Melon Hasilnya Manis dan Memuaskan

Buah melon adalah buah cukup mudah ditemui disekitar kita. Walaupun buah melon bukanlah buah asli Indonesia namun kini buah melon sudah banyak ditanam di Indonesia. Dan jika anda ingin tahu bagaimana cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Syarat Tumbuh Melon

Sama seperti tumbuhan buah yang lain, cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan juga harus memperhatikan media serta tempat menanam buah ini. Tempat yang tidak sesuai akan menjadikan buah melon tidak menghasilkan buah yang manis serta memuaskan bahkan kemungkinan untuk tidak tumbuh sangat besar.

Berikut adalah  hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan tempat menanam buah melon:

  1. Keadaan Suhu Sejuk dan Kering

Buah melon adalah jenis buah yang tumbuh ditempat yang sejuk tapi kering. Untuk mendapatkan buah melon yang manis serta memuaskan anda harus memilih tempat yang mendapatkan sinar matahari disepanjang harinya dengan kisaran suhu 24o sampai 30o celcius.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak hanya itu, anda juga harus memastikan bahwa lahan tempat anda akan menanam buah melon bukanlah tempat dimana angin bertiup dengan kencang. Angin yang kencang dikhawatirkan akan mematahkan batang dari pohon melon bahkan mengugurkan buah mudanya yang belum terlalu kuat.

  1. Curah Hujan Stabil

Tempat yang kering bukan berarti tanaman melon tidak boleh terkena hujan. Tapi setidaknya anda harus menanam melon ditempat yang tidak terlalu sering terkena hujan atau setidaknya jangan menanam buah melon di musim hujan.

Tanaman melon yang terkena curah hujan yang tidak stabil akan mempengaruhi buah melonnya nanti. Buah melon yang mengandung air terlalu banyak akan menjadikan buah tidak manis.

Menanam tanaman melon ditempat dengan curah hujan yang tinggi atau pada saat musim hujan juga dikhawatirkan akan merusak tanaman karena hujan dapat mematahkan ranting dan daun melon.

  1. Media Tanah Netral dan Gembur

Tanaman melon dapat tumbuh dengan sempurna pada ketinggian tanah sekitar 350 sampai 950 mdpl dengan tanah yang gembur, mengandung pasir, kaya akan unsur hara, dan ph tanah berada dikisaran 5 sampai 7.

Tanah yang gembur menjadi keharusan dalam menanam tanaman melon karena akan memudahkan akar dari tanaman melon untuk tumbuh dan berkembang sehingga tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

2. Memilih Bibit Melon Berkualitas

Cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan selanjutnya ada pada bagian pemilihan bibit yang berkualitas.  Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas anda harus melakukan beberapa hal sebagai bentuk seleksi atau sortir.

Bibit yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan tahan terhadap serangan penyakit dan hama yang dapat merusak. Dan berikut adalah beberapa tahap yang harus anda lakukan:

  1. Perendaman Bibit Melon

Hal pertama yang harus dilakukan setelah anda mendapatkan bibit buah melon adalah merendam bibit melon. Anda bisa merendam bibit kedalam air yang sudah tercampur air atonik dan furadam. Jika kedua bahan tersebut tidak ada anda bisa merendamnya dengan air hangat biasa.

  1. Seleksi Bibit Melon yang Bagus

Perendaman pada point pertama dilakukan selama dua jam untuk seleksi awal ini. Bibit yang berkualitas nantinya akan tenggelam sampai kedasar sedangkan bibit yang terapung itu mendakan bibit buah melon tersebut kurang berkualitas.

  1. Penyimpanan Bibit Melon

Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas lewat proses perendaman, tahap selanjutnya adalah penyimpanan bibit yang berkualitas ini. Sebelum menyimpan anda harus pastikan bahwa bibit yang direndam tadi sudah dalam keadaan benar-benar kering. Bibit yang tidak kering atau masih dalam keadaan basah dan lembab dikhawatirkan akan terserang jamur mengganggu kualitas bibit.

Untuk penyimpanan anda bisa masukkan kedalam plastik atau juga bisa langsung ke polybag. Namun sebelum menyimpan anda harus melapisi bagian alas dengan koran sehingga, jika tumbuh akar, akar tidak akan masuk kedalam tanah.

3. Menyemai Benih Melon

Tahap ketiga dari cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan adalah dengan memperhatikan proses penyemaian buah. Penyemaian adalah proses dimana anda menanam tanaman buah melon ini dimedia tanam sementara. Dan tahap-tahap dalam menyemai benih melon ini adalah:

  1. Perendaman Benih Melon

Sebelum melakukan penyemaian bibit kembali direndam selama sekitar 3 jam. Fungsi dari perendaman ini adalah untuk merangsang pertumbuhan akar agar segera keluar setelah beberapa waktu masuk ke penyemaian.

  1. Penanaman Benih Melon pada Polybag

Untuk media semai anda bisa menggunakan plastik polybag atau gelas plastik yang bagian bawahnya sudah dilubangi. Fungsi pelubahan di bagian alas ini adalah agar air dapat mengalir dan tidak menggenang didalam gelas plastik. Kandungan air yang berlebih didalam tanah dapat mengakibatkan benih tidak tumbuh maksimal.

Polybag yang sudah disiapkan diawal diisi dengan campuran pupuk kandang dan tanah gembur dengan perbandingan 1:4 dan benih yang sudah dimasukkan kedalam polybag nantinya kemudian ditutup oleh abu sekam.

  1. Perawatan Benih Melon

Perawatan pertama yang harus diberikan kepada benih yang baru masuk kedalam wadah penyemaian adalah penyiraman. Penyiraman sebaiknya dilakukan bukan dengan cara menyiram melainkan menyemprotkan air dengan alat semprot agar air tidak merusak tanah tempat benih berada.

Selain penyemprotan, hal yang harus dilakukan adalah penjagaan polybag dari tumbuhya rumput liar. Rumput liar sangat mungkin tumbuh bersamaan dengan benih melon dan harus segera dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan benih.

Lakukan perawan ini sekitar 12 hari lamanya sampai akhirnya benih melon tumbuh dan mengeluarkan dua sampai tiga helai daun muda. Jika sudah mengeluarkan daun seperti itu, benih sudah siap untuk dipindah ke lahan tanam.

4. Cara Persiapan Lahan Tanam Melon

Seperti sudah dijelaskan diawal bahwa tanaman melon membutuhkan kriteria khusus untuk tumbuh dimana diantaranya adalah tanah yang gembur. Langkah pertama dalam persiapan lahan tanam melon adalah dengan mencangkul lahan tanam untuk menghilangkan gulma atau rumput liar yang sudah lebih dahulu tumbuh. Dan beberapa hal lain yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah:

  1. Pengolahan Lahan Tanah

Fungsi pencangkulan tanah adalah untuk menggemburkan tanah sehingga saat akar tanaman melon tumbuh, akar dapat tumbuh dengan maksimal karena keadaan tanah sudah tidak keras.

Setelah pencangkulan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kadar ph tanah. Jika ph tanah terlalu tinggi anda bisa mengunakan kapur dolomit untuk menjadikannya netral dan jika ph terlalu rendah anda bisa mencampur tanah dengan belerang. Diamkan selama satu minggu sebelum masuk ke proses penanaman.

 

  1. Pembuatan Jarak Tanam

Setelah lahan tanam dibiarkan selama satu minggu tahap selanjutnya adalah pembuatan bedengan. Ukuran bedengan tentu saja menyesuaikan lahan tanam yang anda miliki namun tinggi bedengan biasanya adalah sekitar 50cm.

Untuk memudahkan anda dalam perawatan anda harus memperhatikan jarak antar bedengan yang bisa dibuat dengan kisaran jarak 50cm-70cm. Jarak antar bedengan ini berfungsi sebagai parit jika hujan turun.

 

  1. Pemasangan Plastik Mulsa

Saat bedengan yang anda buat sudah siap selanjutnya bedeng kemudian ditutup oleh 2 lapis plastik mulsa. Bagian hitam dibawah dan bagian perak dibagian atas dan diamkan lagi selama satu minggu.

Jika sudah masuk ke satu minggu pelapisan plastik mulsa tahap selanjutnya adalah melubangi plastik mulsa. Untuk melubangi plastik ini anda bisa menggunakan kaleng susu bekas dimana nanti lubang ini difungsikan untuk benih yang akan dipindahkan dari polybag tadi.

Berikutnya: Proses penanaman hingga tahapan pascapanen

Ikuti tulisan menarik GDM Organik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB