x

jualan di event bazar

Iklan

Muhammad Fahrizzal Akbar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Maret 2020

Rabu, 1 April 2020 10:14 WIB

Cara Meningkatkan Penjualan Produk di Saat Event Bazar Berlangsung

Setelah tau produk jualan untuk acara event maupun bazar, bagaimana caranya agar penjualan mendapatkan penjualan yang maksimal? Simak rekomendasi terbaik kami untuk kamu disini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring banyak usaha bernilai mikro serta menengah yang bermunculan dan berbagai macam cara agar meningkatkan profit omzet, sebaiknya memperhatikan diferensiasi produk. Kebanyakan dari usaha ini terdiri dari home made yang berupa santapan baik makanan, minuman serta busana ataupun mode fashion.

Salah satu cara dalam mempromosikan dan menjualnya adalah memasarkan melalui bazar dan event yang membuka booth stand dalam kegiatan tersebut. Acara ini umumnya diadakan oleh organisasi- organisasi semacam badan kampus, badan kemasyarakatan, lembaga swasta ataupun event organizer yang memang terencana membuat event yang mempertemukan pembeli dan penjual ataupun tujuan tertentu

Umumnya, sebuah bazaar mempunyai jumlah wisatawan yang banyak sebab warga terpikat dengan event bazaar yang digelar dimana ada banyak pedagang yang menawarkan beberapa barang semacam santapan, busana, cenderamata dan lain sebagainya. Tidak bingung bila banyak bisnis- bisnis kecil ini berusaha mencatat serta membuka booth buat menaikkan serta pula menjual produk mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam menunjang pemasaran yang lebih luas dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang besar, pastinya sesekali kamu perlu mempertimbangkan mana produk yang cocok sekiranya laris manis. Namun jangan salah kira kalau hanya sekedar produk saja yang dijual bakal laris. Tidak sesimpel itu.

Jika kamu ingin mencari pembeli dengan menciptakan peluang strategi baru dalam hal pemasarannya, kami akan berikan tips dan triknya seperti dibawah ini.

Product-Fit Market

Merupakan jenis variabel yang sangat menentukan penjualan. Dalam hal menjual tentu perlu disadari bahwa ada yang membutuhkan dan tidak membutuhkan. Sehingga dalam cara ini, perlu dipikirkan matang-matang target pasar yang digolongkan dalam funneling market.

Apa itu?

Funneling market proses segmentasi pasar yang komprehensif dari yang belum mengetahui produk kamu menjadi mengerti dan tau. Dalam hal ini, semakin mencurut dan membutuhkan akan sesuai dengan target pasar kamu.

Terlihat dasar memang, tapi sangat sempurna untuk menentukan bazar mana yang perlu kita hadiri.

Contohnya,

Apabila event tersebut yang mendatangi banyak kaum perempuan (muda & mahasiswa) maka menjual hal yang memang diperlukan oleh mereka contohnya mukena, jilbab, buku mengenai wanita dan tentunya makanan dan minuman. Wanita yang cenderung lebih menjadi buying user akan lebih mempertimbangkan nafsu daripada logika. Ya, seperti yang kita tau selama ini.

Event & Bazar yang Sesuai

Selanjutnya, hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan event/bazar mana yang sesuai. Pemilik usaha jelas akan melihat ini sebagai peluang apabila event yang digelar sangat sesuai dengan produk yang dijual. Setelah kamu menganalisa pasar, sesuaikanlah dengan target pasar yang memiliki presentase paling tinggi.

Pemilihan event tersebut dapat dilihat disetiap ajang event tertentu yang diselenggarakan di kota kamu. Jika bazar yang diselenggarakan bertema pasar kuliner, berarti kamu harus mengikutinya jika produk kamu masuk dalam kategori masakan dan minuman.

Impresi Visual Produk/Stand

Memastikan sebuah produk yang terlihat menarik merupakan tahap fase selanjutnya. Alasan pembeli menentukan mana yang cocok dengannya adalah salah satunya ketertarikan baik dari produk serta tempat/stand pada saat bazar. Kebayang kan kalau kamu membeli di tempat yang kurang enak? Sama saja dengan pembeli yang bakal membeli produk kamu.

Setelah mengetahui produk jualan kamu, tentunya kamu juga perlu melihat dari segi konsumen atau mudahnya lihat diri kamu sendiri mengenai produk dan stand di medang pasar. Apakah sesuai? Kurang cocok? Dan lain sebagainya. Intinya adalah kenali terlebih dahulu produk kamu lalu kembangkan lebih dalam lagi mengenai praktek penjualan di lapangan sehingga tidak sia-sia produk yang kamu jual.

Pemilihan kelayakan atau tidak dalam sebuah kemasan produk atau tempat stand di bazar memang seperti itu itu saja. Tapi, cobalah untuk tetap terlihat menarik dan menonjol daripada penjual lain yang sekiranya mirip dengan produk yang kamu jual. Caranya dapat kamu lihat sewaktu event bazar yang ada dan analisalah terlebih dahulu mengenai penjual disana dan kecenderungan pembeli. Hal tersebut akan lebih meningkatkan hasil penjualan kamu.

Semakin unik kemasan visual produk dan tempat stand saat bazar, semakin pula tinggi tingkat konversi penjualan yang terjadi. Tempat event tersebut bisa kamu dekorasi sedemikian kreatif mungkin yang disesuaikan dengan produk kamu yang dapat berupa booth ataupun tenda. Tenda tersebut dapat Anda coba pilih di Tendanesia yang menyediakan beragam jenis untuk kegiatan berjualan dan promosi dengan model/ukuran yang dapat disesuaikan. Apabila menggunakan booth, tambahkanlah sedikit pernak pernik maupun aksesoris seperti poster, kursi untuk pembeli dan lain sebagainya guna menunjang visual tempat dan tentunya pastikan selalu membersihkan tempat jualan kamu.

Tetap, ingatlah diferensiasi merupakan hal penting dalam sebuah penjualan. Jadi buatlah seunik dan semenarik mungkin khususnya dalam jenis visualisasi tempat dan produk.

Penawaran Menarik

Mempraktekkan penawaran yang menarik dalam acara event yang ada adalah hal yang penting. Biasa para penjual dalam bazar menyepelekan hal ini, tentu tidak salah tetapi lack-of-strategy. Jika kamu bingung dengan promosi tenda yang sesuai dengan produk kamu, mencoba dengan memberikan penawaran seperti buy 2 get 3 tidak boleh dikesampingkan.

Cara tersebut merupakan stimulus yang bagus untuk mendapatkan penjualan semaksimal mungkin dalam sebuah acara. Memang terbilang profit akan lebih rendah, tetapi perputaran transaksi atas penjualan semakin meningkat. Cocok jika kamu memiliki produk dengan sebuah nama brand sendiri karena selanjutnya akan mengerti kualitas dari brand kamu. Keuntungan akan didapatkan setelah terjadi pembelian di esok atau lusa hari dengan pembeli yang sama atau dari temannya. Kenapa seperti itu? Karena setidaknya temannya akan mengetahui kualitas produk dari brand tersebut.

Tips dan saran diatas tersebut hanyalah rekomendasi dalam menaikkan omzet penjualan. Selanjutnya, tekad dan niat kamu dalam berjualan haruslah selaras dengan jiwa yang pantang menyerah dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat dan cobalah terus menerus agar mendapatkan formula yang cocok dengan produk jualan kamu.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Fahrizzal Akbar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler