x

Iklan

warnet azzahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 April 2020

Sabtu, 4 April 2020 11:25 WIB

Membatasi Bandwidth Klien Secara Otomatis


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengatur dan membatasi pemakaian Bandwidth internet memang suatu hal yang penting ketika koneksi internet kita terbatas, misalnya kuota bandwidth yang terbatas dari ISP. Kita perlu membatasi kuota bandwidth tiap klien yang terkoneksi ke mikrotik routerboard. Pada router mikrotik sendiri sudah tersedia fitur yang bisa membatasi (limit) bandwidth yaitu Queue. Ada dua macam Queue pada mikrotik yang akan dijelaskan pada artikel ini:

Simple Queue, merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.

PCQ, mirip seperti queue simple tapi lebih rumit, yaitu dapat melakukan pembatasan bandwidth berdasarkan group bahkan secara hierarki.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Simple Queue, apa itu? yak simple queue berkaitan dengan membatasi bandwidth dari suatu jaringan mengatur dan membatasi pemakaian bandwidth internet memang suatu hal yang penting ketika koneksi internet kita terbatas, misalnya kuota bandwidth yang terbatas dari ISP. Sehingga kita perlu membatasi kuota bandwidth tiap client yang terkoneksi ke router mikrotik.

 

 

Ikuti tulisan menarik warnet azzahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler