Virus Positif #IndonesiaBanget Mewabah dan Trending Topic di Media Sosial - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Jusman Dalle

Praktisi Ekonomi Digital, Tulisan-tulisan telah diterbitkan di 38 media massa : Tempo, Kompas, Jawa Pos, Kontan, Republika, dll.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 6 April 2020 12:34 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Virus Positif #IndonesiaBanget Mewabah dan Trending Topic di Media Sosial

    Dibaca : 509 kali

    Virus Indonesia banget mewabah di media sosial. Tersaji dalam berbagai varian konten. Mulai dari quote, meme hingga video. Ada yang nadanya kocak, serius hingga yang rada-rada nyentil.

    Usut punya usut, viral Indonesia banget ini ternyata bersumber dari video kocak bertema Indonesia vs Luar Negeri yang pertama kali diunggah di akun Instagram @aulion yang memiliki 560 ribu follower. Konten kocak dan kreatif itu lantas direpost oleh akun @indovidgram. Akun yang memiliki 3 juta pengikut ini, memang dikenal sebagai akun bagi para konten kreator Indonesia.

    Video Luar Negeri vs Indonesia itu sendiri menggambarkan bagaimana  semangat kreativitas orang-orang Indonesia. Disandingkan dengan kebiasaan orang-orang di luar negeri. Misalnya ketika minum kopi, dituang lalu diminum dari piring tatakan. Agar kopinya tidak panas. Bukan dikipas atau ditambah es agar cepat dingin.

    Ada pula adegan naik motor sambil telponan dengan handphone disisipkan di sela helem. Lalu adegan mengisi ulang botol hand wash dengan air. Bukan kemasan refill sebagaimana mestinya.

    Tak ayal, muatan video yang merepresentasikan kebiasaan-kebiasaan unik orang Indonesia itu dengan cepat menyebar. Termasuk menyeberang dari Instagram ke platform Twitter.

    Selebtwit @andihiyat yang memiliki 1,7 juta pengikut menunggah video tersebut. Dengan tanda pagar #IndonesiaBanget. Akun spesialis video kocak, @receinaja yang berfollower 1,5 juta ikut memosting video tersebut.

     Tak ketinggalan, standup komedian Bintang Emon dengan akun @bintangemon turut nyamber. Bintang Emon yang tengah naik daun karena video viralnya tentang DPO corona, melontarkan canda : "Bahahahahahah iya ini #IndonesiaBanget. Hal lain yg gua inget tentang #IndonesiaBanget sih kalo ngisi bensin motornya digoyangin, biar apa ya allah :')" cuit akun @bintangemon yang memiliki 300 ribu pengikut itu.

    Semangat Indonesia banget dengan cepat menyebar. Bagai virus, menyebarkan energi positif, unik dan kocak. Sahut menyahut antara netizen terjadi. Termasuk oleh selebtwit yang tentu saja memancing keriuhan para follower mereka.

    "yang #IndonesiaBanget penyakit apapun pertolongan pertamanya dikerokin, gangerti juga kenapa bisa gitu abis itu minum nya selalu teh anget. Kecuali sakit ditinggal mantan, kerokan sampe berdarah jg ga mempann bos" cuit akun @bacotbgtsumpa

    "Kemana2 nyantai pake sandal jepit ,sampe tipis pun masih dipake.Putus? tinggal dikaitin peniti di bawahnya!! #IndonesiaBanget" tulis akun @juju_7799

    "Makan mie pakai nasi, kgk mau rugi banget dah. Wkwkwk #IndonesiaBanget celetuk akun @fatim_azahraa mengomentari kebiasaan makan nasi orang Indonesia.

    Berbagai konten menggelitik dan bernada positif hingga yang menggambarkan kegalauan itu, menjadi teman yang ditunggu-tunggu netizen. Mengusir rasa suntuk memasuki minggu keempat imbauan social distancing berdiam di rumah.

    Salah satu netizen mengucapkan terima kasih kepada konten kreator @Aulion yang memviralkan hestek Indonesia banget. Menurutnya, hestek tersebut memberikan energi positif. 

    Aulion sendiri dalam Instan story miliknya mengungkapkan kalau ide #IndonesiaBanget muncul saat ini diminta untuk membuat konten untuk merek cokelat Cadbury yang meluncurkan varian cokelat Cashew Nut.

    Menurut sang kreator yang dikenal dengan ciri khas warna warni dalam videonya itu, ide #IndonesiaBanget merupakan visualisasi gagasan merek cokelat Cadbury yang meracik varian cokelat cashew nut karena terinspirasi dari semangat lokalitas Indonesia. Termasuk kreativitas, keunikan dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat Indonesia. Bagi Aulion, cashew nut ini cokelat kelas dunia yang meski berasal dari Inggris, namun khusus diracik untuk pasar Indonesia.

    Dalam dunia bisnis, strategi yang diterapkan oleh Cadbury dikenal sebagai relationship marketing, yaitu pendekatan kepada target pasar dengan menjalin proximity. Cadbury mengasosiasikan diri, bahwa mereka merupakan bagian dari masyarakat Indonesia. Delivery pesan itu, lantas dieksekusi secara kekinian. Melibatkan konten kreator dan influencer sehingga semakin relevan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.