Mengenal Yoris Adiputra, Milenial Berumur 17 Tahun Yang Sukses Berbisnis Digital - Urban - www.indonesiana.id
x

Sumber: Yoris Adiputra

Maz Atca Berliando

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 April 2020

Rabu, 6 Mei 2020 05:57 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Mengenal Yoris Adiputra, Milenial Berumur 17 Tahun Yang Sukses Berbisnis Digital

    Mengenal Yoris Adiputra

    Dibaca : 4.321 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Revolusi Industri 4.0 merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat. Dampak era revolusi industri 4.0 ini tentu sengat besar bagi dunia industri juga perilaku di masyarakat. Dalam bidang industri, yang sebelumnya masih mengandalkan tenaga manusia dalam proses produksi barang. Namun saat ini barang dibuat secara masal dengan menggunakan mesin dan berteknologi canggih. Keadaan seperti ini dikenal sebagai revolusi industri 4.0.

    Tidak dapat dipungkiri, perlahan semua sudah beralih ke arah digital. Sehingga interaksi antara manusia dan teknologi sudah tidak terelakkan lagi. Semua pemenuhan kebutuhan kini sudah tersedia secara digital, mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran.

    Yoris Rus Adiputra adalah salah satu contoh milenial yang sukses memanfaatkan peluang bisnis Industri Digital. Pemuda kelahiran Surakarta tahun 2002 ini sudah menjalankan bisnis Social Media Marketing sejak tahun 2018, saat masih menginjak bangku pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Yoris memulai bisnis Sosial Media Marketing saat ia duduk di bangku kelas 2 Sekolah Menengah Kejuruan. Dari Instagram, Yoris berhasil mendapatkan banyak pemasukan dan tentu saja banyak teman dan relasi yang terbangun. 

    Sampai saat ini Yoris memiliki akun instagram yang bernama @yorisadiputraa dan memiliki kurang lebih 5.000 pengikut atau followers.

    Setelah lulus sekolah, Yoris bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang social media marketing. Dari pertengahan 2019 sampai awal 2020 sebagai COO (Chief Operating Officer). Besarnya potensi peluang industri digital dan teknologi telah dirasakan oleh Yoris, mendorongnya untuk membangun bisnis digitalnya di usia yang terbilang masih sangat muda, 17 Tahun. 

    Bisnis digital dimulai Yoris ketika dirinya tertarik untuk belajar pada Social Media, "untuk persiapan memasuki Industri 4.0" Kata Yoris.

    "Bisnis di sosial media seru, ada kalanya rame ada kalanya sepi" Yoris pernah 1 bulan hanya menerima profit sekitar 150 ribu. "Saat itu lagi sepi-sepinya" Kata Yoris. Namun tidak berputus asa dan berhenti hanya sampai disitu, di tengah perjalanan yang sulit pemuda itu mendapatkan project yang menarik dari salah satu sosial media ternama di dunia dan berhasil meraup keuntungan kurang lebih 50 juta dalam waktu 3 bulan.

    Tidak hanya berhenti pada satu proyek, Yoris juga mengelola beberapa akun Instagram perusahaan-perusahaan dan restoran di tempat ia tinggal Semarang. "Social Media Management sebutannya, jadi kita mengelola akun Social Media client kita dan menganalisa penuh apa yang kurang dari Social Media tersebut. Mulai dari segi konten, editing, fotografi, menaikan engagement dan lain sebagainya. Materi ini tentunya tidak ada di sekolah, Yoris mengaku belajar dari Internet dan mengikuti beberapa kelas online yang ada di internet".

    Meski terdengar asing nama social media management namun inilah yang perlu dipersiapkan untuk masa depan industri 4.0, Sepertinya sekolah perlu menambahkan pengetahuan tentang sosial media, yakni social media management, social media marketing, ataupun internet marketing. Karena untuk sekarang banyak sekali perusahaan yang membutuhkan salah satu dari bidang tersebut. Maka dari itu Yoris bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun bisnis di bidang social media specialist.

    Sosial media dapat menjadi salah satu cara mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan, serta sebagai media untuk mempromosikan produk yang dijual. Dengan semakin bertambahnya pengguna social media beberapa tahun terakhir, tentu saja social media bisa menjadi channel marketing paling efisien yang bisa digunakan bagi para pebisnis.

    Ikuti tulisan menarik Maz Atca Berliando lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.


    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 409 kali