Mengenal Sosok Fikri Hidayat, Pemuda Yang Sukses Di Bisnis Industri Digital - Analisis - www.indonesiana.id
x

Sumber: Instagram: @xfikrihidayat (Istimewa)

Maz Atca Berliando

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 April 2020

Rabu, 26 Agustus 2020 14:28 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Mengenal Sosok Fikri Hidayat, Pemuda Yang Sukses Di Bisnis Industri Digital

    Yuk Mengenal Sosok Fikri Hidayat Lebih Lanjut!

    Dibaca : 2.622 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sumber: Instagram: @xfikrihidayat (Istimewa)

    Muhamad Fikri Hidayat, pria kelahiran Tangerang, 13 Juni 1999 ini dikenal sebagai seorang entrepreneur. Di usianya yang masih cukup muda, ia telah cukup matang dalam berbisnis dengan suka duka yang telah dialaminya.

    Pemilik akun Instagram @xfikrihidayat ini menceritakan, bahwa sebelumnya pernah menjalankan beberapa bisnis, mulai dari agen perjalanan hingga ke fesyen. Namun semua bisnisnya tersebut dihantam kebangkrutan. "Hambatannya besar. Bisnis agen travel dan fashion saya gagal," ucap dia.

    Belajar dari kegagalan, Fikri enggan mengalami hal serupa di kemudian hari. Dia pun mulai menyiapkan segalanya. Lalu, ia mulai masuk ke bisnis digital agency.

    Di bisnis tersebut, Fikri seakan menemukan passion-nya. Dirinya mengaku terjun ke bisnis digital lantaran terinspirasi oleh manajemen-manajemen yang lebih dulu sukses. "Nah, saya kembangkan menjadi website agar lebih mudah digunakan," tuturnya.

    Fikri tak sendirian dalam membangun bisnis digitalnya. Ada partnernya Andri Irawan (@xandriirawan)  yang ikut andil mengembangkan bisnis yang dinamainya Dapur Buzzer Indonesia tersebut.

     

    Sumber: Instagram: @xandriirawan (Istimewa)

    Pada prosesnya juga tidaklah mudah. Menurut Fikri, di awal perkembangan   @dapurbuzzer, ia memulainya hanya dengan beberapa talent saja, itu pun tim Dapur Buzzer sendiri yang mencarinya.

    "Alhamdulillah, saat ini sudah banyak influencer yang ingin join menjadi talent di Dapur Buzzer sehingga tim kami hanya tinggal menyeleksi saja," kata dia.

    Ke depan ia bertekad untuk menjadikan bisnisnya menjadi platform influencer & KOL management yang besar sehingga mempermudah para pemilik brand untuk mencari talent untuk mempromosikan brand mereka dan tentunya memiliki talent yang berkualitas.

    Dengan pengalamannya berkecimpung di bisnis ini, ia melihat jika prospek ke depannya sangatlah besar. Sebab, orang yang memakai platform digital jumlahnya semakin besar, dan mulai meninggalkan media pemasaran konvensional. Hal ini pun dibuktikannya dengan capaian klien per hari yang mencapai angka 50 klien.

    Diakuinya, saat ini dirinya mampu membukukan omzet harian hingga Rp10 juta. "Memang ini sangat potensial untuk terus dikembangkan. Oleh sebab itu, ke depan saya akan terus memperluas fasilitas platform ini dan mencari target pasar baru lagi," kata dia.

    Ikuti tulisan menarik Maz Atca Berliando lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.




    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    1 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 171 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro