Trik dan Tip Investasi Emas Untuk Pemula di Masa Pandemi Covid-19 - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Investasi Emas

Alvinda Dyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 September 2019

Minggu, 17 Mei 2020 14:04 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Trik dan Tip Investasi Emas Untuk Pemula di Masa Pandemi Covid-19

    Dibaca : 725 kali

    Emas menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dilakukan. Sebab investasi emas memang cenderung lebih aman dibandingkan dengan invesatasi lainya. Emas pun memiliki nilai yang bisa dibilang selalu stabil dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya itu saja, emas pun menjadi barang investasi yang mudah dijual. Bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti yang ada pada saat ini.

    Bagi Anda para milenial yang baru pemula dalam hal investasi, jelas investasi emas bisa menjadi solusinya. Bahkan bagi Anda yang memang memilki gaji pas-pasan, bisa saja melakukan investasi emas.  Nah, agar investasi emas Anda berhasil dan dapat selalu berkembang, maka Anda perlu tahu tips dan triknya yang bisa Anda terapkan sebelum berinvestasi emas.

    Tips Investasi Emas Untuk Pemula

    Anda perlu tahu bahwa investasi meruapakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan sedini mungkin. Ya, dengan investasi jelas bisa membantu kehidupan finansial Anda kelak. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa emas menjadi salah satu investasi yang paling menguntungkan. Berikut adalah tips dan trik investasi emas bagi para pemula.

    1. Buatlah Perencanaan yang Jelas

    Apapun yang akan Anda lakukan jelas harus selalu direncanakan dengan baik. Termasuk ketika Anda ingin melakukan investasi emas. Ya, investasi emas bukanlah sekadar tren yang bisa Anda ikuti begitu saja, Anda perlu sekali memikirkan perencanaan yang matang dan jelas. Jangan sekali-kali karena ingin mengikuti tren investasi emas, Anda malah seenaknya melakukan kegiatan jual beli emas.

    Anda perlu sekali menentukan terlebih dahulu tujan dari investasi emas yang akan Anda lakukan. Misal, investasi emas ini nantinya akan Anda gunakan untuk tabungan pendidikan masa depan, atau hal yang lain.

    2. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial Atau Keungan Anda

    Investasi emas juga tak beda dengan investasi lainya. Ya, Anda memang perlu sekali memilki dana lebih untuk berinvestasi. Oleh sebab itu, perlu sekali untuk Anda menyesuiakan investasi emas yang akan Anda lakukan dengan keadaan keuangan Anda. Anda tak perlu langsung mengeluarkan banyak dana sekaligus. Perlu Anda ketahui, bahwa ada banyak sekali lembaga penyedia investasi emas yang menerpakan anturan investasi dengan iauran yang ringan, seperti 50 ribu rupiah saja perbulan.

    3. Selalu Pantau Harga Emas

    Sebagai seorang yang sudah atau baru akan berinvestasi emas, maka menjadikan Anda harus selalu memantau harga emas tersebut. Jelas ada waktu-waktu yang tepat untuk Anda dapat membeli atau menjual emas. Seperti pada bulan April sampai Juni, menjadi bulan yang paling tepat untuk Anda untuk melakukan pembelian emas. Sebab pada bulan tersebut, harga emas cenderung menurun.

    Walaupun di tahun ini gara-gara pandemi covid 19 membuat harga emas terus naik. Intinya, saat sudah berinvestasi emas Anda harus sekali melihat berita-berita yang memuat harga emas hari ini untuk tahu perkembangannya. Anda juga perlu memperhatikan, bahwa investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu sekitra 5 tahun. Hal ini agar Anda mendapatkan hasil yang optimal.

    4. Pilih Jenis Emas yang Sesuai

    Bagi Anda yang masih pemula, lebih disarankan untuk berinvestasi emas logam mulia. Ya, invesatsi emas logam mulia memang dirasa lebih cocok dan lebih menguntungkan untuk simpanan di masa depan, jika dibandingkan dengan investasi emas dalam bentuk perhiasan. Tak hanya itu saja, emas logam mulai juga memiliki harga jual yang cenderung lebih tinggi.

    5. Pilih Penyimpanan Emas yang Aman

    Sebagai barang yang berharga dan berinial tinggi, tentunya Anda harus dapat menyimpan emas pada tepat yang aman. Pastinya Anda tak mau jika emas Anda hilang begitu saja karena kecerobahan yang Anda lakukan. Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, Anda bisa saja memanfaatkan layanan penyimpanan Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh layanan Bank.

    Bagaimana apakah Anda tertarik untuk berinvestasi emas? Jika iya, Anda bisa memulainya dengan berinvestasi emas di Sehatigold

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Admin

    2 hari lalu

    Digeser Suplayer Telur Kabupaten, Peternak: Pak Bupati, Beri Kami Kesempatan

    Dibaca : 667 kali

    Tuban - Belum selesai polemik soal beras berkutu di program BPNT, kini muncul suplayer yang mengatasnamakan diri suplayer kabupaten. Tak ayal, kehadiran suplayer telur kabupaten inipun menggeser peternak lokal. Adalah Sahli, Peternak Ayam Petelur di Desa Pongpongan Kec. Merakurak yang mengeluhkan tak lagi bisa ikut menyuplai telur dalam program BPNT. Pasalnya, e-warong sembako di desanya sudah memiliki suplayer baru yang ditunjuk dari kabupaten. Akibatnya, Sahli kehilangan pangsa pasar terdekat yang ada di desanya. "Katanya sudah ada suplayer baru dari kabupaten yang bertugas menyuplai telur di program BPNT, jadi e-warong sekarang tidak lagi ambil telur dari saya" terang Sahli saat di temuai di kandangnya, Kamis, 21/05/2020. Sahli menuturkan, peternak ayam petelur yang ada di desanya sebenarnya cukup merasakan dampak ekonomi dari program andalan Jokowi ini. Ia dan teman-temannya tidak perlu jauh-jauh mencari pangsa pasar untuk telur yang dihasilkan dari kandangnya. Selain itu, harga jualnya juga relatif setabil dan kompetitif. Namun semenjak kehadiran suplayer kabupaten ini, ia terpaksa harus mencari pangsa pasar baru. "Dulu telur tidak pernah keluar dari desa karena diambil Agen BPNT, sekarang saya terpaksa jual telurnya ke tengkulak meski harganya lebih murah" terang pemuda yang sudah menggeluti peternakan unggas sejak 5 tahun terakhir ini. Terpisah, Aripin, peternak ayam petelur di desa yang sama juga menyayangkan masuknya suplayer baru dari luar desa. Menurutnya, supplier kabupaten ini makin menambah derita peternak ayam petelur yang beberapa bulan terakhir ini mengalami guncangan harga akibat beredarnya telur yang diduga HE. Jika hadirnya suplayer luar di BPNT Desa Pongpongan ini adalah kebijakan Bupati, Arifin meminta agar kebijaka itu dievaluasi. "Mohon Pak Bupati bisa melindungi peternak lokal. Beri kami kesempatan untuk menyuplai telur di desa kami" pinta Arifin. Untuk diketahui, adanya komoditi telur dalam program BPNT ini telah memantik semangat warga desa mencoba peruntungan dalam bidang perunggasan. di Desa Pongpongan sendiri, saat ini terdapat 5 kandang ayam petelur milik warga. Dua diantaranya merupakan kelompok binaan dari PT. Semen Indonesia. Diperkirakan, tahun ini juga akan muncul lagi peternak-peternak baru yang menggeluti peternakan ayam petelur. Hal ini diketahui dari banyaknya usulan peternakan unggas dari kelompok masyarakat yang yang masuk melalui program CSR Semen Indonesia tahun 2020 untuk Desa Pongpongan (tro/id).