Sedang Tren! Ini Dia Resep Donat Bombolonie yang Patut Anda Coba - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Donat Bomboloni

Alvinda Dyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 September 2019

Kamis, 16 Juli 2020 06:33 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Sedang Tren! Ini Dia Resep Donat Bombolonie yang Patut Anda Coba

    Dibaca : 362 kali

    Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata donat? Kue manis goreng dengan lubang di tengah, biasanya memiliki berbagai macam topping? Iya? Bagaimana kalau donat itu tidak memiliki lubang di tengahnya pun topping?

    Yap! Donat yang tak memiliki lubang dan topping ini sering disebut donat bombolonie. Donat khas Italia ini memang tidak memiliki lubang. Sebagai ganti topping, donat ini biasanya diisi dengan berbagai macam selai di dalamnya. Menarik bukan?

    Seiring berkembangnya zaman dan semakin maraknya kreasi kuliner yang ada di Indonesia, membuat donat bombolonie ini naik daun. Donat ini pun menjadi tren usaha rumahan yang menjanjikan. Bentuknya yang seperti bantal dengan isian yang lumer, sudah dapat dipastikan donat ini menarik perhatian khalayak yang mungkin bosan dengan bentuk donat pada umumnya.

    Resep Donat Bombolonie dan Cara membuat

    Penasaran apa saja resepnya dan bagaimana cara membuat donat ini? Simak baik-baik ya!

    1. Bahan-bahan yang Diperlukan

    Untuk permulaan, mungkin Anda tak perlu membuatnya banyak-banyak terlebih dahulu. Toh, adonan ini nantinya akan mengemban dan akan menghasilkan lumayan banyak donat. Berikut bahan-bahannya, tepung terigu berprotein tinggi 250 gram saja, ragi instan 6 gram, garam secukupnya, gula pasir sesuai selera, susu bubuk 5 gram, kuning telur 1 butir, air dingin 110 gram, margarin 75 gram, dan isian atau filling sesuai selera Anda, bisa coklat ataau selai beri-berian atau yang lain.

    2. Membuat Adonan

    Langkah pertama, Anda cukup mencampurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, ragi, garam, gula, susu bubuk ke dalam wadah, lalu aduk sebentar, sekitar kurang lebih satu menit. Setelah itu baru Anda masukkan bahan cair seperti telur dan masukkan air dingin sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Setelah Anda rasa cukup tercampur semua bahan-bahannya, tambahkan margarin dan aduk kembali hingga kalis dan tidak lengket.

    3. Diamkan Adonan

    Setelah selesai mencampur semua bahan hingga menjadi kalis, diamkan adonan hingga mengembang dia kali lipat dari ukuran awal. Tutup adonan dengan plastik wrap atau kain basah.

    Setelah mengembang, kempiskan adonan untuk menghilangkan udara di dalamnya. Kemudian timbang dan dicetak adonan menggunakan ring cutter. Sebelum digoreng, diamkan lagi adonan hingga mengembang.

    4. Goreng Adonan

    Setelah cukup mengembang, Anda bisa langsung menggorengnya. Goreng dengan api kecil hingga dua sisinya berwarna coklat ke emasan.

    5. Memberi Taburan Gula Bubuk dan Filling

    Setelah donat bombolonie dingin, lubangi pinggirannya menggunakan sumpit agar bisa dimasuki filling. Atau jika Anda tidak memiliki isian untuk mengisi donat bombolonie Anda, cukup taburkan gula halus di atasnya.

    Bagaimana? Mudah bukan membuatnya? Bisa Anda coba untuk berbisnis juga lho! Selamat mencoba!


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.