x

Iklan

Mas Li

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2020

Kamis, 28 Mei 2020 10:59 WIB

Hewan-Hewan Terbesar di Dunia

Hewan terbesar di dunia -  dunia ini dipenuhi dengan berbagai macam hewan, mulai dari yang terkecil hingga terbesar, mulai yang pendek hingga yang terpanjang. Pada kesempatan ini akan saya membagikan informasi tentang 12 hewan terbesar, mulai yang sudah punah hingga yang masih ada pada saat sekarang ini. Hewan terbesar di dunia -  dunia ini dipenuhi dengan berbagai macam hewan, mulai dari yang terkecil hingga terbesar, mulai yang pendek hingga yang terpanjang. Pada kesempatan ini akan saya membagikan informasi tentang 12 hewan terbesar, mulai yang sudah punah hingga yang masih ada pada saat sekarang ini Pada artikel ini saya akan meringkas bagian-bagian pentingnya saja dari beberapa jenis yang saya jelaskan. Hewan terbesar di bawah ini terdiri berbagai macam klasifikasi, mulai darin mamalia, reptil, burung, amfibi dan lain-lain.Oke langsung saja kita masuk pembahasannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Gajah Afrika (African Elephant)

Hewan terbesar di dunia yang pertama adalah gajah dari kawasan benua Afrika. Gajah Afrika umumnya memiliki berat badan sekitar 6,350 kg serta bentuk panjang tubuhnya sekitar 10,6 meter. Gajah afrika (Loxodonta Africana) merupakan sejenis gajah yang hanya dapat ditemukan di benua Afrika, tepatnya di daerah selatan, timur, dan barat benua tersebut.

Habitat gajah afrika sangat bervariasai, mulai dari gurun pasir, padang rumput, rawa-rawa, hingga hutan lebat. Selain gajah Afrika, spesies lain yang hidup di benua Afrika adalah gajah hutan, tetapi ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan gajah Afrika

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gajah Afrika mempunyai beberapa perbedaan fisik yang penting dibandingkan dengan jenis gajah di benua Asia. Dilihat dari punggungnya, gajah Afrika lebih cenderung datar, sedangkan punggung gajah Asia agak menonjol di bagian depan.

Pada bagian daun telinga gajah Afrika lebih besar daripada daun telinga gajah Asia, serta di bagian ujuang belalainya gajah Afrika memiliki 2 lubang, sedangkan pada belalai gajah Asia hanya memiliki satu lubang. Menurut data dari World Wildlife Foundation, total populasi yang tersisia dari gajah Aftika hanya sekitar 700.000 ekor pada tahun 2014.

2. Spinosaurus

Hewan predator Spinosaurus juga termasuk hewan terbesar di dunia yang pernah ada. Memang benar hewan-hewan jenis purba banyak yang memiliki bentuk tubuh raksasa, tetapi dalam golongan predator purba yang paling besar adalah Spinosaurus ini. Bentuk tubuh predator T-Rex pun masih kalah besar di bandingkan predator yang satu ini.

Ciri fisik pada predator Spinosaurus tidak jauh berbeda dengan tubuh T-Rex, tetapi hewan ini memiliki tanda yang menjadi ciri khas yaitu lengkungan di bagian punggungnya. Hewan karnovora satu ini diperkirakan hidup di zaman 112-87 juta tahun yang lalu.

Panjang tubuh dari predator Spinosaurus dari kepala hingga ekor adalah 18 meter, serta memiliki berat badan mencapai hingga 9 ton. Untungnya predator ini sudah punah, kalau tidak mungkin tidak bisa dibayangkan seperti apa buas dn besarnya.

3. Paus Biru (Blue Whale)

Nama hewan paus biru mungkin tidak asing kalian dengan sebagai hewan terbesar di dunia, memang benar hewan ini memilik bentuk tubuh yang dapat dikatakan raksasa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ukuran tubuh dari paus biru lebih besar dari dinosaurus atau hewan besar yang pernah ada.

Paus biru memiliki berat tubuh hingga 180 ton, serta panjang tubuhnya mencapai hingga 30 meter.Paus biru termasuk golongan hewan mamalia laut yang hidup di samudra Antartika, samudra Pasifik, samudra Hindia, dan samudra Atlantik.

4. Burung Unta (Ostrich)

Burung unta juga termasuk pada hewan terbesar di dunia jenis burung. Hewan yang satu ini memiliki bentuk tubuh dengan tinggi dapat mencapai 2,7 meter, serta memiliki berat badan sekitar 156 kg. Walaupun termasuk golongan burung, burung unta pada dasarnya tidak terbang di angkasa. Burung unta hanya bisa lari dengan kecepatan yang sangat tinggi sekitar 70 km per jam.

Banyak hal menarik dari hewan yang satu ini, mulai dari dapat bertahan hidup selama 40 tahun, burung pelari yang sangat cepat dengan menggunakan sayapnya sebagai kemudi.Dengan ukuran tubuh yang sangat besar, burung unta juga mempunyai ukuran telur yang besar juga, serta memiliki bentuk bola mata yang besar dan memiliki spesies yang sangat beragam.

5. Anaconda

Anaconda merupakan hewan yang bisa dikatakan terbesar di dunia, sebab ukuran tubuh anaconda dapat menjapai 6-8 meter dengan berat badan yang mencapai ratusan kilogram. Jika anaconda sudah mencari makanannya, sekelas hewan buaya pun tidak berkutik jika terkena lilitannya.

Ular merupakan jenis predator yang sangat di takuti keberdaannya bagi makhlup di sekitarnya, coba bayangkan saja jika ular sebesar anak konda berada disekitar kalian.Pasti tidak terbayangkan ketakutan yang ada dipikiran kalian.

6. Gajah Laut (Elephant Seal)

Gajah laut adalah hewan karnivora terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sangat luar biasa besarnya, bahkan gajah laut jenis jantan bertanya dapat mencapai 5 sampai 6 kali lipat berat betina.

Berat jenis betina umumnya adalah sekitar 400-900 kg serta memiliki panjang sekitar 4.5 hingga 5.8 meter, sedangkan berat jenis jantan adalah sekitar 2.200 hingga 4000 kg.Hewan ini bertahan hidup dengan memakan ikan dan cumi-cumi, gajah laut ini harus menyelam berkali-kali untuk berburu, setiap berburu gajah laut memerlukan 12 menit untuk kembali ke darat untuk mengambil nafas.

7. Beruang Kutub  Dan Beruang Coklat

Beruang kutub merupakan karnivora darat terbesar di dunia (Ursus maritimus) dan juga beruang coklat (Ursus artcos), sebetulnya dari dua hewan menakjubkan ini mempunyai bentuk dan ukuran tubuh yang cukup sama, jadi tidak jelas mana yang lebih besar.Namun, dari kedua spesies ini mempunyai ciri-ciri bentuk tubuh tanghampir sama, beruang kutub terberat yang pernah tercacat memiliki berat mencapai 1.003 kg dan beruang coklat terberat yang pernah tercatat memiliki berat hingga 1.135 kg.

8. Cumi-Cumi Kolosal  (Colossa Squid)

Cumi-cumi kolosal juga termasuk kategori hewan terbesar di dunia ketegori cumi-cumi. Hewan yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang dapat mencapai hingga 14 meter, serta memiliki berat yang dapat mencapai 4949kg. Jenis cumi-cumi kolosal ini hanya dapat di temukan di perairan Benua Antartika.

9. Jerapah (Giraffe) 

Jerapah (Giraffa camelopardalis) merupakan salah satu hewan Afrika yang memiliki gelar hewan paling tinggi di dunia, hewan ini memiliki ukuran tubuh yang tingginya dapat mencapai 5-6 meter, serta memiliki berat badan rata-rata sekitar 1600 kg untuk jenis jantan dan 830 untuk jenis betina.

Hewan jerapah mempunyai leher yang cukup panjang, yang dapat mencapai lebih dari 2 meter. Pertumbuhan leher yang tidak proporsional ini adalah salah satu adaptasi menakjubkan yang dilakukan oleh jerapah.

10. Salamander Raksasa Tiongkok (Chinese Giant Salamander) 

Salamander merupakan hewan amfibi yang hampir mirip dengan kadal. Hewan salamander mempunyai bentuk tubuh yang ramping, hidung pendek, dan ekornya yang panjang. Salamander raksasa dari Tiongkok ini memiliki panjang sekitar 1,83 meter, serta berat badannya mencapai hingga 64 kg.

Hewan salamander Tiongkok ini termasuk kategori hewan yang dilindungi sebab populasinya berkurang dengan cepat. Hewan salamander raksasa ini hanya dapat ditemukan di daratan Tiongkok dan Taiwan serta merupakan jenis hewan amfibi yang terbesar di dunia.

11. Buaya Air Asin (Crocodylus porosus) 

Buaya air asin (Crocodylus porosus) merupakan jenis reptil terbesar dari semua jenis reptil yang masih hidup, hewan ini ditemukan dari Australia Utara sampai Asia Tenggara dan India Selatan. Buaya air asin dewasa mempunyai berat tubuh hingga mencapai 409-1000 kg, serta memiliki panjang tubuh sekitar 4.1 hingga 5.5 meter.Namun, buaya air asin jantan yang sudah dewasa dapat mencapai 6 meter serta memiliki berat badan melebihi 1000 kg. Jenis hewan ini adalah hewan yang berburu di daerah territorinya saja dan memangsa hewan yang masuk ke daerah kekuasaannya, baik di darat ataupun di laut.

12. Ikan Mola-Mola (Ocean Sunfish)

Hewan terbesar di dunia yang terakhir adalah Ikan mola-mola (Ocean sunfish). Hewan ini memiliki panjang tubuh sekitar 1.8 meter, serta memiliki berat tubuh mencapai 1000 kg lebih. Walaupun demikian, sekilas jika kita lihat hewan ini hanya memilikin bentuk tubuh berupa kepala dan ekor saja, hewan ini memiliki banyak jenis dan macamnya yang bisa disebut sub-spesies, terdiri dari 29.00 spesies tang tersebar diseluruh dunia.

Nah,  mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan tentang berbagai hewan terbesar di dunia yang pernah ada dan yang masih hidup pada saat sekarang. Pasti tidak terbayangkan jika kita hidup di sekitar mereka yang memiliki bentuk raksasa. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kalian, baca informasi selengkapnya di ilmunik.com.

Ikuti tulisan menarik Mas Li lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB