x

Iklan

Fajar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Mei 2020

Minggu, 7 Juni 2020 14:19 WIB

Trik Mudah Memindahkan Data Kontak dari HP Lama ke HP Baru

Terkadang ketika baru membeli HP anyar, kita mengalami kesulitan ketika harus memindahkan data kontak dari HP lama ke HP baru tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika kamu memiliki perangkat telepon genggam (handphone) baru, mungkin terbersit dalam pikiran bagaimana cara memindahkan data kontak telepon keluarga dan teman-teman kamu.

Bagi yang belum tahu caran praktisnya mungkin akan melakukannya dengan manual satu per satu dalam mendata ulang nomor kontak yang kamu punya. Namun cara ini bakalan bikin kamu jenuh karena tak mampu menyelesaikan proses tersebut dalam waktu singkat.

Nah, di sini akan saya sampaikan trik mudah agar kamu tidak bersusah payah mendata ulang seluruh nomor kontak keluarga dan kawan-kawan kamu. Lalu bagaimana cara memindahkan data tersebut secara instan ?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya sendiri sudah membuktikan cara ini dan cukup berhasil dilakukan. Waktu itu saya memang hendak mengganti perangkat handphone lama saya dan menggantinya dengan perangkat handphone baru yang RAM-nya lebih besar dan spek foto yang mumpuni. Sebelum handphone lama tersebut saya serahkan ke istri, saya lakukan pemindahan seluruh data kontak telepon yang tersimpan di perangkat lama itu ke perangkat baru.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan :

Tahap 1 Ekspor Kontak

Klik menu [Phone] di home screen pada perangkat handphone lama kamu (icon bergambar gagang telepon).

 

Klik [Contacts] lalu klik icon bergambar titik kecil berjejer 3 vertikal.

 

3 dotted

Klik icon bergambar kotak kecil berjejer 3 ke bawah yang berada di sebelah sisi kanan menu ”Phone” lalu pilih ”Manage contacts”.

Pilih [Import/Export contacts] – [Export to storage].

Akan akan muncul pertanyaan, “Export contacts? Your contact list will be exported to file:/mnt/sdcard/00001.vcf”. Pilih [OK] dan tunggu sampai proses ekspor selesai.

Jangan lupa cek lokasi file 00001.vcf berada di dalam handphone lama kamu sebelum diimport ke HP baru.

Tahap 2 Impor Kontak

Selanjutnya adalah memindahkan file 00001.vcf ke perangkat handphone baru. Lakukan dengan langkah-langkah berikut :

Pilih file 00001.vcf lalu kirim ke perangkat handphone baru dengan menggunakan fitur bluetooth (lakukan pairing terlebih dahulu). Pilih [Accept] file pada perangkat handphone baru.

Lalu muncul pesan “Select the destination account to import contacts from the storage device.” Kamu bisa memilih [Phone] atau [Google]. Dalam kasus pemindahan data yang yang saya lakukan, saya mengambil pilihan [Phone]. Tunggu proses import selesai dilakukan.

Langkah terakhir, lakukan pengecekan di menu Contact HP baru kamu. Seharusnya di situ sudah terisi penuh dengan seluruh data nomor kontak yang sebelumnya kamu miliki di HP lama.

Selesai.

Cukup mudah bukan !.

Ikuti tulisan menarik Fajar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

16 jam lalu

Terpopuler