Tip Belajar Online Saat Pandemi Covid-19 Ala Mahasiswa, Anak Kuliahan Wajib Baca! - Urban - www.indonesiana.id
x

Perkuliahan Online

Alvinda Dyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 September 2019

Senin, 8 Juni 2020 08:09 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tip Belajar Online Saat Pandemi Covid-19 Ala Mahasiswa, Anak Kuliahan Wajib Baca!

    Untuk meminimalisasi segala masalah dan godaan saat belajar online, kamu para mahasiswa wajib tahu tips-tipsnya berikut ini.

    Dibaca : 1.312 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Adanya pendemi yang sedang dihadapi oleh negara Indonesia mengakibatkan semua proses kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan di rumah. semua perguruan tinggi Indonesia sudah menerapkan pembelajaran dari jarak jauh atau pembelajaran online. Semua meteri pembelajaran dan tugas diberikan secara online  dengan menggunakan beragam aplikasi yang tersedia.

    Mau tak mau memang hal ini harus diterapkan, mengingat status bencana yang terjadi saat ini tak main  mian dampaknya. Para mahasiswa harus dapat membiasakan diri belajar online dari rumah. Namun belajar dari rumah tak semudah kelihatannya. Ya, belajar online dari rumah justru memberikan tantangan tersendiri bagi pada mahasiswa. Saat belajar online dari rumah, kamu bisa saja tergoda untuk rebahan, memaikan smartphone, atau bahkan bisa saja konsentrasi buyar. Tentunya ada cara-cara jitu agar belajar online di rumah bisa menyenangkan dan nyaman. Nah, berikut adalah tipsnya.

    Tips Belajar Online di Rumah Agar  Menyenangkan dan Nyaman

    Untuk meminimalisasi segala masalah dan godaan saat belajar online, kamu para mahasiswa wajib tahu tips-tipsnya agar perkuliahan lancar dan menyenangkan walau melalui e-learning.

    1. Siapkan Tempat yang Nyaman

    Belajar jelas membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dengan berkonsentrasi nantinya kamu akan dapat memahami setiap materi yang diberikan oleh dosen mu. Salah satu cara agar dapat berkonsentrasi adalah dengan belajar di tempat yang nyaman. Saat di rumah tentunya kondisi tidak akan sekondusif saat belajar di kampus. Oleh sebab itu,  kamu memang harus menyiapkan tempat senyaman mungkin untuk belajar online. Selain nyaman pastikan juga tempat belajar tak begitu ramai dengan suara-suara berisik yang dapat mengganggu mu. Kamar menjadi salah satu tempat nyaman untuk belajar, tapi perlu kamu ingat jangan belajar di atas kasur, sebab hal ini akan membuat mu ingin rebahan. Biasakan untuk duduk di kursi belajar, serta siapkan meja belajar juga saat belajar online.

    2. Siapkan Segala Peralatan Belajar yang Memang Dibutuhkan

    Tentunya ada beberapa alat-alat yang harus kamu digunakan saat belajar online dari rumah. Salah satunya adalah laptop atau smartphone. Laptop atau smartphone inilah yang nantinya kamu gunakan untuk menghubungkan mu dengan sisitem belajar online. Tapi ingat selama belajar online gunakan laptop dan smartphone sebagaimana mestinya, jangan sampai digunakan untuk keperluan lain di luar proses belajar online. Selain kedua benda tersebut, kamu juga tetap memerlukan buku dan bolpoin. Buku dan poplin diperlukan untuk mencatat setiap materi yang memang perlu dicatat.

    3. Pastikan Koneksi Internet Stabil

    Belajar online dapat terlaksana dengan baik jika koneksi internet mu juga baik. Ya. proses belajar online tak dapat terlaksana jika kamu tak memiliki koneksi internet. Dengan koneksi internet yang baik, kamu akan mudah terhubung dengan dosen mu. Jika tak memiliki koneksi internet di rumah mu, seperti wifi maka kamu bisa menggunakan koneksi internet dari smartphone mu. Pastikan provider yang kamu gunakan memiliki koneksi internet yang stabil.

    4. Jauhkan Benda yang Dapat Membuyarkan Konsentrasi mu

    Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa belajar dari rumah jelas tak akan sekondusif belajar di kampus. Benda-benda di sekitar mu bisa saja merusak konsentrasi. Maka dari itu jauhkan segala benda yang sekiranya dapat mengganggu konsentrasi. TV bisa menjadi benda yang mengganggu saat belajar online di rumah, maka dari itu pastikan kamu mematikan TV sebelum belajar online. Atau jika memang TV sedang ditonton oleh orang rumah, maka mintalah untuk mengecilkan volumenya.

    Selain keempat cara diatas pastikan juga kamu belajar online di tempat yang cukup pencahayaannya dan agar makin menyenangkan kamu bisa menyediakan cemilan untuk menemani belajar online mu.

     

    Ikuti tulisan menarik Alvinda Dyah Ayu lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 365 kali