x

Iklan

Irfa Syafiq Azhar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juni 2020

Senin, 8 Juni 2020 15:26 WIB

Lantai Kayu Yang Tahan Terhadap Air Beserta jenisnya

Lantai Kayu jenisnya berbeda beda Lantai Kayu Pasti memiliki ketahanan yang berbeda beda terhadap dampak terkena air. dampak air ini lantai kayu akan berbeda beda kasusnya, ada yang kayu melengkung, ada yang berdampak gelembung kecil di permukaannya. Mari kita cari tahu Lantai Kayu mana yang tahan terhadap air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jenis Jenis Lantai Kayu Yang Tahan Terhadap Air

jenis Lantai kayu

Bila membahas Lantai Kayu, pasti yang akan kita pikirkan dalam masalah perawatannya bukan? nah dibalik semua itu kita akan mendapatkan hasil yang sepadan dari apa yang kita pikirkan, selain itu juga ada beberapa jenis Lantai Kayu yang baik untuk kesehatan kita, yang harus kamu tahu yaitu Lantai Kayu ini musuhnya adalah air, tapi ada juga kok Lantai Kayu yang terhadap air, mari kita ulas diantaranya yaitu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantai Kayu Jenis Vinyl

lantai kayu vinyl

Lantai Kayu ini terbilang cukup baik. Bahannya terbuat dari serat fiber,serta dilaminasi motif serat atau lantai kayu buatan. Sistem pemasangannya yaitu dengan menggunakan lem dan langsung dipasang diatas keramik atau acian. Selain itu, ada 2 jenis produk Lantai Kayu Vinyl, yang pertama yaitu sudah ditempeli lem,mirip sticker. Dan yang kedua tanpa lem, artinya pemasangan dengan cara langsung melekatkan lem pada permukaan lantai serta pada bahan lantai Vinyl.

° Permukaannya dapat di pel dengan alat pel yang tidak terlalu basah. Serta tidak akan menimbulkan efek apapun apabila sering terkena alat pel yang tidak terlalu basah.

° Jika terkena tumpahan kopi atau teh, tidak akan terjadi apapun karena permukaanya dapat dibersihkan oleh alat pencuci piring,walaupun sudah kering sekalipun.

° Jika terkena tumpahan air yang begitu banyak dalam waktu lama,akan berakibat mengelupasnya beberapa bagian yang di lem. Terutama terkena pada bagian sambungan,akibatnya permukaan akan sedikit terlihat gelombang. Serta usahakan jangan terlalu banyak tumpahan yang akan bergenang bila itu terjadi maka cepat cepat dibersihkan. 

° Jika terjadinya bocoran didalam lantai beton,maka akan menimbulkan kerusakan dan mengelupasnya lem dari permukaan lantai.

Lantai Kayu Jenis Laminated

lantai kayu laiminated

Lantai ini terbuat dari serbuk kayu yang di padatkan, lalu di bagian atasnya dilaminasi sejenis fiber yang diberi motif serat kayu,pemasangan lantai ini memakai sistem klik terlebih dahulu dan diatasnya diberi alas polyfoam di area yang akan dipasang. Sistemnya lebih praktis dibanding dengan pemasangan Vinyl, Selain itu juga lantai ini permukaannya lebih empuk jika dibandingkan dengan lantai kayu jenis lainnya serta kamu bisa mengatur skala keempukannya. Berikut ini dampak dan pengaruh air terhadap jenis lantai ini.

° Lantainya sangat rentan apabila terkena air,jika kamu ingin mengepelnya sebaiknya menggunakan kanebo,dan tidak disarankan untuk memakai kain pel biasa, karena nantinya air akan meresap pada bagian celah sambungannya.

° Jika terkena tumpahan kopi atau teh dibagian tengahnya ( bukan pada sambungan ) aman langsung saja cuci,dan jika terkena pada bagian sambungan harus secepatnya dibersihkan. Bila terjadi tetesan air sedikitpun itu akan menimbulkan gelembung kecil di bagian permukannya.

° Jika terjadinya tumpahan air yang banyak? waduh apalagi ini sedikit aja akibatnya luar biasa, yang pasti ini sangat beresiko lantainya akan mengalami kerusakan.

° Jika area lantai ada yang lembab, kemungkinan akan aman, karena air tidak bisa melalui lapisan Polyfoam

 Lantai Kayu Jenis Parquet


parquet kayu

 Lantai Parket ini yaitu istilah untuk Lantai Kayu yang terbuat dari kayu asli. Lantai ini juga sudah dipakai dari dulu,pada saat ini Lantai Parket sudah diproduksi secara modern, makanya mempunyai tampilan lebih indah serta mewah. Bahannya juga terbuat dari bahan kayu yang keras serta memiliki ketahanan terhadap hama. Selain itu bahan yang sering digunakan untuk Lantai Parket diantaranya Kayu Merbau,Jati,snookling,Mapple,dll. Sistem pemasangannya juga ada yang menggunakan lem dan ada juga yang memakai sistem TNG dengan dilapisi Polyfoam di bagian bawahnya. Nah,kita juga harus mengetahui dampaknya bila terkena oleh air.

° Lantai Parket dapat di pel dengan kain yang tidak terlalu basah,serta tidak akan menimbulkan efek kerusakan bila tidak ada air yang lama menggenang.

° Permukaannya sudah di laminasi dengan bahan finishing,serta menutup pori dan sambungan kayu,sehingga jika terkena tumpahan teh ataupun kopi akan lebih aman,walaupun teh ataupun kopi sampai mengering. Lalu tinggal di lap saja dengan kain yang tidak terlalu basah.

° Jika terkena genangan air yang cukup lama akan menimbulkan kerusakan pada bagian finishingnya. Jika dalam jangka waktu yang lama permukaannya terkena air maka akan terlihat memutih serta tidak akan enak untung dilihat. Bagaimana cara mengembalikannya agar terlihat seperti semula? ya,tentunya kamu harus melakukan finishing ulang pada Lantai Parketnya.

° Yang harus kamu tahu yaitu Lantai yang lembab merupakan musuh Lantai Parket karena dibagian lemnya akan lepas. Usahakan juga jika ingin memasang lantai ini,jangan pada area basement yang lembab.

 Decking Kayu

decking kayu

 Decking kayu adalh jenis Lantai Kayu outdoor yang merupakan produk penutup lantai yang terbuat dari kayu aski. Ukuran produksi umumnya yaitu panjang panjang,dan rata rata panjangnya 100cm sampai 400cm. Decking kayu ini juga sudah banyak digunakan untuk area outdoor contohnya di area taman,area balkon,samping kolam renang,dan masih banyak lagi. Selain itu juga produk ini dapat digunakan juga untuk indoor antara lain. Dapur,lantai kamar mandi,bahkan juga pada area ruang tamu. Sementara bahan kayu ini rata rata kayu keras semacam kayu Ulin,Merbau,dll. Selain itu ayo kita lihat dampaknya jika Decking Kayu ini terkena air.

° Perawatan Lantai Decking Kayu bisa dengan cara disemprot air,disikat dengan pembersih bahkan disiram air sebanyak mungkin tidak akan menyebabkan efek apapun.

° Dekcing Kayu juga bisa dipakai untuk di kamar mandi, yang rata rata pasti terkena air. Tapi tenang saja tidak akan terjadi masalah sedikitpun,karena kayu ini tidak akan lapuk walau terkena air.

° Meskipun ditempatkan di area outdoor yang pasti bisa terkena panas bahkan hujan. Tenang Dekcing Kayu tidak akan mengalami kerusakan.

 

 Lantai Kayu Dengan Jenis Apa Yang Bisa Tahan Lama Jika Terkena Air?

Jika kamu membaca semuanya, pasti kamu akan menjawab yaitu Decking Kayu,karena kuat terhadap air bahkan panas sekalipun serta tidak akan mudah rusak tentunya.

Ikuti tulisan menarik Irfa Syafiq Azhar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler