x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 29 Juni 2020 10:06 WIB

Perkuat Kultur Akademik Kampus, Pengurus ADRI Amerika Serikat Terbentuk

Untuk memperkuat kultur akademik di kalangan kampus, DPP ADRI (Ahli & Dosen Republik Indonesia) membentuk pengurus ADRI di Amerika Serikat. Apa targetnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkumpulan ADRI (Ahli dan Dosen Republik Indonesia) telah membentuk pengurus internasional di Amerika Serikat. Seusai webinar internasional bertajuk "Career Development of Lecturers in Universities and Indonesian-American International Cooperation",  yang digelar oleh UMAHA - ADRI -- PBNU - University of Texas at San Antonio-USA pada Sabtu (27/6/2020).

 

Dihadiri 400-an peserta dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia, USA, dan Mesir, tim formatur Dewan Pengurus Internasional (DPI) ADRI wilayah Amerika Serikat terdiri dari: 1) Prof. Etin Anwar, Ph.D., 2) Zainal Abidin, Ph.D., 3) A. Habibi, Ph.D., dan 4) Dimas Iqbal, Ph.D. Mereka adalah para dosen dan mahasiswa Indonesia yang ada di AS.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Pelebaran sayap ADRI di AS tentu bukan tanpa alasan. Tujuannya dapat memperkuat tradisi akademik para ahli dan dosen sebagai kultur akademik. Karenanya, program pertama DPI ADRI Amerika Serikat akan menggelar webinar International "New Normal on Academic Culture" pada 4 Juli 2020 nanti.


Keberadaan pengurus internasional ADRI, nantinya diharapkan dapat menjadi sarana
tukar pikiran dan pengembangan profesi ahli dan dosen di Indonesia. Sebagai insan akademis, ahli dan dosen bertekad terus mensosialisasikan pentingnya membangun kultur akademik. Entah terkait dengan mahasiswa, dosen, atau sistem yang berlaku di perguruan tinggi.

 

ADRI sebagai organisasi profesi yang menjadi wadah para ahli dan dosen di Indonesia terus bertekad dan berkontribusi dalam menyambut kebijakan "Kampus Merdeka", di samping memperkuat tridarma perguruan tinggi bagi para anggotanya. Untuk itu, ADRI memandang perlunya kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak, di samping memperkuat kesatuan di kalangan ahli dan dosen.


"Di era revolusi i industri 4.0 dan menyambut spirit Kampus Merdeka, ADRI ikut mengambil peran untuk memperkuat kultur akademik di perguruan tinggi. Sekaligus menkonsolidasikan para ahli dan dosen secara substabtif. Demi tegaknya tridarma perguruan tinggi secara utuh dan komprehensif," ujar Dr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd (Presiden ADRI/Rektor UMAHA) didamping Prof. Dt. Eri Sarimanah, M.Pd. (Sekjen ADRI/Guru Besar Unpak).


Beberapa inisiatif yang digagas ADRI pada tahun 2020 ini, antara lain: 1) menyiapkan Kampus Maya ADRI yang melibatkan konsorsium dari berbagai PT di dalam dan di luar negeri, 2) peringatan Harlah ADRI ke-5 di DPI ADRI USA yang diisi dengan Konferensi Terbuka ADRI, dan 3) Kuliah International ADRI yang melibatkan para dosen di seluruh Indonesia untuk menyiapkan materi dan menggunakan 5 studio maya/televisi maya ADRI/Umaha. Selain itu, ADRI pun akan memfasilitasi para dosen untuk sharing hasil riset, PKM, kuliah online, dan sebagainya.


Dalam kesempatan ini, ADRI pun mengimbau sekalipun di tengah wabah Covid-19, para dosen untuk terus-menerus melakukan pengembangan karier dan melakukan aktivitas pengajaran dengan penuh dedikasi, termasuk aktif melakukan perkuliahan jarak jauh.

Karena di tengah pandemi Covid-19, keseimbangan hidup pun tetap bisa diperoleh dengan terus bergeral dan berkontribusi di kampus masing-masing. (Syarifudin Yunus – Humas ADRI) #ADRIHebat #PerkumpulanADRI

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler