Memahami Hubungan antara Tidur dan Suasana Hati - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: The Indian Express

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 4 Juli 2020 06:29 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Memahami Hubungan antara Tidur dan Suasana Hati

    Dibaca : 1.177 kali

    Anda tidak perlu diberi tahu bahwa suasana hati dan tidur anda berkorelasi. Setelah semua, hanya satu malam gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak, dapat menghasilkan suasana hati yang busuk atau sensitif pada hari berikutnya.

    Namun, pernahkah anda bertanya-tanya mengapa ini terjadi atau apa hubungan sebenarnya antara suasana hati dan tidur? Jika pernah, anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini membahas semua aspek yang terkait dengan dua elemen ini dan menentukan bagaimana keduanya saling memengaruhi.

    Di sini juga terlihat bagaimana hubungan ini dapat digunakan untuk keuntungan anda. Mari kita mulai.

    Apa Dampak Tidur terhadap Suasana Hati Anda?

    Sekarang, ketika anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat, itu menguntungkan kesejahteraan emosional anda, sehingga membuat anda dalam suasana hati yang baik. Namun, jika anda kurang tidur, anda akan lebih cenderung harus bersaing dengan lebih banyak emosi negatif. Jadi, mari kita lihat lebih dekat fenomena ini.

    Bagaimana Tidur yang Cukup Menghasilkan Suasana Hati yang Baik?

    Yang benar adalah, sebenarnya tidak ada banyak penelitian tentang bagaimana tidur memengaruhi emosi positif karena sebagian besar ahli tertarik pada efek sebaliknya. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa berapa banyak tidur yang anda dapatkan dapat menentukan suasana hati anda dan bahkan kepribadian anda.

    Sampel berbasis komunitas memperhatikan jumlah jam tidur individu dan bagaimana hal itu memengaruhi optimisme dan rasa harga diri mereka. Dalam ukuran sampel 1.805, ditemukan bahwa orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam semalam melaporkan tingkat optimisme dan harga diri tertinggi.

    Mereka yang mendapat tidur kurang dari enam jam atau lebih dari sembilan jam lebih cenderung memiliki harga diri yang lebih rendah. Ini sesuai dengan bukti yang diberikan oleh National Sleep Foundation bahwa orang dewasa harus mengarah antara tujuh dan sembilan jam tidur setiap malam. Dengan demikian, individu dapat melihat diri mereka dalam cahaya yang lebih positif ketika mereka mendapatkan jumlah tidur yang tepat.

    Pemeriksaan Dampak Tidur pada Kesejahteraan

    Sekarang, jika tidur menghasilkan suasana hati yang baik, seberapa pentingkah bagi kesejahteraan individu, terutama dalam jangka panjang? The Sainsbury’s Living Well Index (bersama dengan Oxford Economics dan the National Centre for Social Research di Inggris) menunjukkan bahwa kualitas tidur adalah salah satu elemen paling signifikan di antara orang-orang yang puas dengan kehidupan mereka.

    Bahkan, ketika para ahli melihat kriteria yang paling menonjol untuk orang-orang yang bahagia versus mereka yang berjuang, jawabannya jelas: jumlah tidur yang memadai adalah perbedaan utama antara orang-orang yang puas dengan hidup mereka dan mereka yang tidak.

    Studi cross-sectional lain yang melibatkan 736 peserta mengamati apakah tidur dapat menang atas faktor-faktor psikososial lain yang menyebabkan kesejahteraan buruk. Ini termasuk aspek-aspek seperti tekanan psikologis dan tekanan finansial.

    Studi ini membuktikan bahwa ketika para peserta cukup tidur, mereka lebih cenderung mengalami perasaan positif secara keseluruhan. Pada saat yang sama, ditemukan bahwa tidur yang cukup juga dapat bekerja untuk mengatasi pemicu psikososial negatif yang dialami orang setiap hari.

    Bagaimana Suasana Hati Anda Dipengaruhi oleh Terlalu Sedikit Tidur?

    Sekarang, mari kita pertimbangkan sisi sebaliknya. Tidak dapat disangkal bahwa anda lebih cenderung memiliki reaksi negatif terhadap berbagai situasi ketika anda tidak cukup tidur. Namun, sejauh mana fenomena ini?

    Jawaban untuk ini dapat dijelaskan dengan memeriksa studi yang dilakukan pada penghuni medis. Para peneliti mengikuti residensi selama dua tahun dari 78 orang, mencatat tanggapan mereka terhadap berbagai keadaan sepanjang hari mereka.

    Seperti yang diharapkan, penghuni yang kurang tidur lebih cenderung bereaksi negatif ketika dihadapkan dengan situasi yang tidak nyaman atau mengganggu. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa bahkan situasi yang memuaskan atau positif pun dirusak oleh emosi negatif. Ini berarti bahwa ketika lelah, orang kurang bisa mengalami kenikmatan daripada jika istirahat cukup.

    Cara Bagian-Bagian Otak Anda yang Mengendalikan Suasana Hati Dipengaruhi oleh Tidur

    Dengan semua hasil ini dalam pikiran, mari kita periksa bagaimana bagian-bagian otak anda yang bertanggung jawab untuk suasana hati bekerja ketika anda belum cukup tidur.

    Eksperimen yang membuka mata melihat bagaimana otak merespons rangsangan setelah kurang tidur. Sekarang, struktur otak utama yang menjadi fokus di sini adalah amigdala, medial prefrontal cortex, dan locus coeruleus.

    Amigdala adalah struktur otak tengah yang bertanggung jawab untuk analisis emosi. Ketika peserta yang kurang tidur ditunjukkan gambar mulai dari hambar hingga mengerikan, amigdala mereka menampilkan aktivitas yang jauh lebih besar daripada kelompok terkendali. Jadi, ketika anda tidak cukup tidur, otak anda lebih cenderung memiliki respons yang signifikan terhadap stresor.

    Namun, temuan itu tidak berakhir di sana. Biasanya, amigdala berkomunikasi dengan korteks prefrontal medial otak. Selama proses ini, otak anda dapat menempatkan gambar dan mengalaminya dengan melihat ke dalam konteks yang tepat. Tetapi, apa yang diperlihatkan percobaan ini adalah bahwa komunikasi ini kurang lazim.

    Sebaliknya, amigdala lebih banyak berinteraksi dengan locus coeruleus (versus kontrol). Area batang otak ini bertanggung jawab atas pelepasan norepinefrin, yang merupakan prekursor adrenalin. Adrenalin, tentu saja, adalah apa yang dapat memicu penerbangan atau melawan respons di tubuh anda.

    Apakah Pola Tidur Anda Dipengaruhi oleh Suasana Hati Anda?

    Tidak hanya ada hubungan satu arah antara tidur dan suasana hati. Ini karena suasana hati memiliki banyak efek pada pola tidur anda dan sebaliknya. Dengan demikian, seberapa baik anda tidur dapat ditentukan oleh keadaan emosi anda.

    Tubuh dan otak anda menganggap stres dan situasi yang tidak menyenangkan sebagai ancaman. Ini berarti bahwa ketika anda dihadapkan dengan situasi stres, khususnya yang anda anggap berada di luar kendali anda, tubuh anda masuk ke dalam keadaan terangsang. Intinya, tubuh anda sedang mempersiapkan diri untuk respons pertarungan atau lari.

    Sekarang, jika emosi atau stres negatif bersifat sementara, tidak mungkin terlalu memengaruhi suasana hati atau pola tidur anda. Namun, jika anda terus mengalami tanggapan negatif ini berulang-ulang, tubuh anda akan terus berada dalam keadaan kewaspadaan tinggi.

    Maka, seperti yang bisa anda bayangkan, cukup sulit bagi anda untuk tertidur ketika tubuh anda terus-menerus distimulasi. Jadi, ini adalah bagaimana suasana hati dan emosi negatif dapat mengganggu pola tidur anda. Ini, pada gilirannya, dapat menciptakan lingkaran setan.

    Cara Memanfaatkan Kaitan antara Tidur dan Suasana Hati

    Maka pertanyaan yang paling logis adalah apa yang harus anda lakukan dengan semua informasi ini? Bagaimana anda bisa memanfaatkannya dengan baik? Nah, ada beberapa cara untuk melakukan ini.

    Yang paling jelas adalah memperbaiki pola tidur anda sehingga anda cukup tidur setiap malam. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian di atas, sangat penting bagi anda untuk mendapatkan tidak kurang - dan tidak lebih - dari tujuh hingga sembilan jam tidur jika anda seorang dewasa.

    Pola tidur ini juga harus diikuti secara konsisten jika itu membantu anda mempertahankan suasana hati yang positif. Tentu saja, seperti yang telah anda pelajari, penting untuk mengubah suasana hati anda sehingga anda dapat benar-benar tidur nyenyak.

    Jika anda mencari solusi untuk memperbaiki suasana hati anda, anda mungkin menemukan bahwa praktik berbasis kesadaran dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Dengan mengerjakan teknik relaksasi seperti pernapasan dan meditasi, anda akan melihat bahwa anda memiliki kesejahteraan emosional yang lebih besar dan dapat tidur lebih nyenyak.

    Anda mungkin juga ingin mencoba mengulangi beberapa afirmasi positif yang dirancang untuk membantu anda mengatasi stres dan kecemasan. Olahraga dan nutrisi yang baik juga merupakan bidang utama yang dapat memengaruhi suasana hati dan fungsi tubuh dan pikiran anda yang seimbang, sehingga memengaruhi tidur.

    Seperti yang anda lihat, hubungan antara tidur dan suasana hati adalah hubungan yang kompleks. Keduanya saling memengaruhi, oleh karena itu penting untuk memahami kedua sisi persamaan.

    Kaitan sebab akibat dua arah ini dapat mengarah pada siklus positif dan negatif di mana tidur memengaruhi suasana hati dan sebaliknya. Hanya dengan memahami kaitan ini dan bekerja dengannya akan benar-benar dapat meningkatkan suasana hati anda serta pola tidur anda.

    ***
    Solo, Jumat, 3 Juli 2020. 7:24 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.