x

Kemendikbud

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 6 Juli 2020 13:57 WIB

Keren! Mahasiswa UEU Juara Visualisasi Animasi Kemendikbud

Muhammad Haekal dan Yovanka Melly Afiana, Mahasiswa Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Universitas Esa Unggul, berhasil mendapatkan juara dalam kategori animasi apresiasi mahasiswa dalam ajang Kompetisi Visualisasi Rempah / Jalur Rempah Tingkat Nasional, Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),(13/04/2020).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Muhammad Haekal dan Yovanka Melly Afiana, Mahasiswa Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Universitas Esa Unggul, berhasil mendapatkan juara dalam kategori animasi apresiasi mahasiswa dalam ajang Kompetisi Visualisasi Rempah/Jalur Rempah Tingkat Nasional, Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),(13/04/2020).

Dalam perjalanan menjadi juara, Melly mengatakan karya dirinya bersama temannya yang berjudul “Aroma Pemikat Dunia (Jalur Rempah)” bersaing dengan total 1862 peserta. Dalam kompetisi tersebut terdapat 3 Juara Utama dan 10 Juara Karya Pilihan masing-masing kelompok, 2 Juara Favorit, serta 30 Pemenang Apresiasi Karya dari tiap kategori.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melly menceritakan karya yang dibuatnya ini ingin menyampaikan kepada khalayak bahwa Indonesia merupakan pusat penghasil rempah yang telah diakui dunia. Indonesia dijuluki sebagai Negeri Rempah Dunia yang sangat dicari oleh bangsa-bangsa asing pada beberapa abad silam.

“Menurut kami dari prespektif mahasiswa, Warisan budaya ini sangat penting untuk diangkat, dikaji dan dimaknai kembali agar semakin menumbuhkan rasa cinta kita terhadap Indonesia. Kami sebagai generasi muda, tak ingin meninggalkan sejarah dan akan berusaha menyemikan kembali rempah-rempah yang sempat gugur ini,” ujarnya.

Mahasiswa Jurusan DKV ini pun melanjutkan Jalur rempah merupakan hasil menggali masa lalu sejarah Indonesia dengan konteks kekinian. Jalur rempah mengingatkan kembali masa jaya Nusantara karena harga Rempah yang disetarakan dengan harga emas. Selain itu Rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat untuk makanan, kesehatan, kecantikan, maupun fashion.

Melly bersama Yovanka berharap prestasi yang didapatkannya ini mampu memberikan cambuk semangat bagi mereka untuk selalu berprestasi di sejumlah ajang kreativitas lainnya.

“Mudah-mudahan kami dapat selalu berprestasi di sejumlah ajang lainnya, dan dapat maksimalkan menghasilkan sejumlah karya yang berkualitas, tentunya prestasi yang kami dapatkan mampu menginspirasi, mahasiswa UEU,” tuturnya.


Acara penghargaan ini diselenggarakanDirektorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud dengan tujuan memajukan kebudayaan dan sumber daya yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan ekonomi rakyat, inisiasi ini merupakan sebuah Program JALUR REMPAH, sebuah program yang diarahkan untuk mencapai tujuan besar jangka Panjang.


Program ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, agar cita-cita dan dampak besar yang diharapkan dapat dicapai. Untuk itu diperlukan sinergi dan kerjasama serta partisipasi semua pihak untuk mensukseskan program ini.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu