Mahasiswa KKN UM Memperkenalkan Potensi Desa Bocek Melalui Video Berbalut Podcast Voice - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UM Desa Bocek 2020

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juni 2020

Selasa, 7 Juli 2020 08:31 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN UM Memperkenalkan Potensi Desa Bocek Melalui Video Berbalut Podcast Voice


    Dibaca : 527 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Malang - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, dimana kegiatan intrakurikuler ini menjadi perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya pendidikan, penelitian, dan tentunya pengabdian ke masyarakat. Salah satunya, kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tepatnya di Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

    Balai Desa Bocek

    Mahasiswa KKN UM di Desa Bocek telah menyiapkan berbagai program kerja (proker) yang bertujuan mencegah adanya penyebaran COVID-19 di daerah setempat. Selain itu, mereka juga menyiapkan program kerja berisikan sejumlah informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat luar, seperti halnya potensi-potensi yang dimiliki Desa Bocek.

    Potensi-potensi yang akan dibahas di sini akan dikupas dalam bentuk video dengan berbalut podcast voice. Perlu kita ketahui arti dari podcast voice sendiri, podcast disini merupakan suatu rekaman audio/video yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai, hampir sama seperti radio. Sedangkan voice yang berarti suara, sehingga podcast voice berarti suara dari hasil rekaman audio.

    Kegunaan podcast voice ini yakni untuk menambah ilmu pengetahuan dan saling berbagi informasi terkait yang bersifat dapat diulang. Bahkan setiap tahunnya mengalami perkembangan yang cukup signifikan, salah satunya di Indonesia, dimana podcast ini dapat diakses melalui website maupun aplikasi yang tersedia.

    Perkembangan podcast voice pun bervariasi, salah satunya program kerja (proker) dari Mahasiswa KKN UM Desa Bocek 2020 yang menyediakan dalam berbentuk video berisikan footage daerah desa setempat. Hasil akhir video akan diupload ke channel youtube “KKN UM Desa Bocek 2020” dan diberikan ke perangkat desa setempat.

    Hasil peternakan desa Bocek berupa susu sapi

    Isi konten dalam video bertujuan untuk memperkenalkan potensi Desa Bocek kepada masyakat luas dalam rangka membantu mengembangkan dan memajukan desa dari berbagai sektor. Tujuan ini nantinya agar lebih terekspos dengan sejumlah potensi desa setempat yang belum cukup diketahui oleh kalangan masyarakat luas.

    Salah satu hasil perkebunan desa Bocek berupa jeruk

    Tentu dalam membuat isi konten video potensi desa tersebut tidak asal, maka untuk mengetahui berbagai potensi, Mahasiswa KKN UM Desa Bocek melakukan wawancara kepada masyarakat Desa Bocek khususnya perangkat desa maupun orang-orang yang cukup berperan di desa tersebut, dimana dengan melakukan hal tersebut agar mendapatkan informasi faktual dan keakuratan yang tepat tanpa adanya suatu hal yang melebihkan ataupun mengurangi.

    Salah satu UMKM desa Bocek pembuatan batik

    Beberapa hasil wawancara yang ada, sektor-sektor yang dimiliki meliputi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, industri, dan lain sebagainya. Desa Bocek juga memiliki motif batik khas, dimana hasil produksinya sudah dikirim ke luar negeri, bahkan juga pernah ada mahasiswa mancanegara yang ikut belajar membuat batik di Desa Bocek. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, maka bisa dilihat dan disimak melalui channel Youtube “KKN UM Desa Bocek 2020” atau dapat diakses melalui link berikut https://youtu.be/JBAZLE14M4M .

    Pewarta Berita: Madih Tahtal Firdaus Sabila (Mahasiswa S1 Teknik Sipil UM), Sandra Widi Tama (Mahasiswa S1 PPKn UM), Setiawan Bayu Pratama (Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika UM)

    Pewarta Foto: Setiawan Bayu Pratama (Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika UM)



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.080 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.