x

Iklan

KKN UM Desa Bocek 2020

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juni 2020

Selasa, 7 Juli 2020 08:31 WIB

Mahasiswa KKN UM Memperkenalkan Potensi Desa Bocek Melalui Video Berbalut Podcast Voice


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, dimana kegiatan intrakurikuler ini menjadi perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya pendidikan, penelitian, dan tentunya pengabdian ke masyarakat. Salah satunya, kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tepatnya di Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Balai Desa Bocek

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa KKN UM di Desa Bocek telah menyiapkan berbagai program kerja (proker) yang bertujuan mencegah adanya penyebaran COVID-19 di daerah setempat. Selain itu, mereka juga menyiapkan program kerja berisikan sejumlah informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat luar, seperti halnya potensi-potensi yang dimiliki Desa Bocek.

Potensi-potensi yang akan dibahas di sini akan dikupas dalam bentuk video dengan berbalut podcast voice. Perlu kita ketahui arti dari podcast voice sendiri, podcast disini merupakan suatu rekaman audio/video yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai, hampir sama seperti radio. Sedangkan voice yang berarti suara, sehingga podcast voice berarti suara dari hasil rekaman audio.

Kegunaan podcast voice ini yakni untuk menambah ilmu pengetahuan dan saling berbagi informasi terkait yang bersifat dapat diulang. Bahkan setiap tahunnya mengalami perkembangan yang cukup signifikan, salah satunya di Indonesia, dimana podcast ini dapat diakses melalui website maupun aplikasi yang tersedia.

Perkembangan podcast voice pun bervariasi, salah satunya program kerja (proker) dari Mahasiswa KKN UM Desa Bocek 2020 yang menyediakan dalam berbentuk video berisikan footage daerah desa setempat. Hasil akhir video akan diupload ke channel youtube “KKN UM Desa Bocek 2020” dan diberikan ke perangkat desa setempat.

Hasil peternakan desa Bocek berupa susu sapi

Isi konten dalam video bertujuan untuk memperkenalkan potensi Desa Bocek kepada masyakat luas dalam rangka membantu mengembangkan dan memajukan desa dari berbagai sektor. Tujuan ini nantinya agar lebih terekspos dengan sejumlah potensi desa setempat yang belum cukup diketahui oleh kalangan masyarakat luas.

Salah satu hasil perkebunan desa Bocek berupa jeruk

Tentu dalam membuat isi konten video potensi desa tersebut tidak asal, maka untuk mengetahui berbagai potensi, Mahasiswa KKN UM Desa Bocek melakukan wawancara kepada masyarakat Desa Bocek khususnya perangkat desa maupun orang-orang yang cukup berperan di desa tersebut, dimana dengan melakukan hal tersebut agar mendapatkan informasi faktual dan keakuratan yang tepat tanpa adanya suatu hal yang melebihkan ataupun mengurangi.

Salah satu UMKM desa Bocek pembuatan batik

Beberapa hasil wawancara yang ada, sektor-sektor yang dimiliki meliputi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, industri, dan lain sebagainya. Desa Bocek juga memiliki motif batik khas, dimana hasil produksinya sudah dikirim ke luar negeri, bahkan juga pernah ada mahasiswa mancanegara yang ikut belajar membuat batik di Desa Bocek. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, maka bisa dilihat dan disimak melalui channel Youtube “KKN UM Desa Bocek 2020” atau dapat diakses melalui link berikut https://youtu.be/JBAZLE14M4M .

Pewarta Berita: Madih Tahtal Firdaus Sabila (Mahasiswa S1 Teknik Sipil UM), Sandra Widi Tama (Mahasiswa S1 PPKn UM), Setiawan Bayu Pratama (Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika UM)

Pewarta Foto: Setiawan Bayu Pratama (Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika UM)

Ikuti tulisan menarik KKN UM Desa Bocek 2020 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB