Tip dan Trik Menulis Artikel Hasil Tesis Atau Disertasi, Scientific Corner Pascasarjana Unpak - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 11 Juli 2020 06:00 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Tip dan Trik Menulis Artikel Hasil Tesis Atau Disertasi, Scientific Corner Pascasarjana Unpak

    Dibaca : 857 kali

    Banyak mahasiswa mengalami kesulitan menulis tesis atau disertasi. Bahkan tidak sedikit pula dosen terkendala soal penelitian dan artikel ilmiah yang dipublikasi di jurnal bereputasi. Mengacu pada realitas itulah, Scientific Corner Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menggelar seminar daring bertajuk “Tips & Trik Menulis Artikel Hasil Tesis dan Disertasi” dengan pembicara Prof. Dr. Anna Permasari, M.Si. (Guru Besar UPI) pada Jumat, 10 Juli 2020.

    Workshop daring ilmiah ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Bibin Rubini, M. Pd., (Rektor Unpak) dan keynote speech disampaikan ileh Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhienata (Dekan SPs Unpak). Diikuti sekitar 250 peserta dan dimoderatori oleh Dr. Indarini Dwi Pursitasari, M.Si., seminar tips dan trik menulis artikel hasil tesis dan disertasi ini mendapat apresiasi dan antusiasme pada peserta. Namun yang paling penting, bertanya pada diri sendiri, “Apakah menulis tesis atau disertasi sudah menjadi passion saya?”.

    Oleh karena itu, Prof. Ana menyatakan bahwa hal-hal yang harus dilakukan adalah 1) mahasiswa harus memulai berpikir tentang riset seawal mungkin, 2) mahasiswa mengikuti ekspose riset dosen, 3) mahasiswa mengajukan diri untuk bergabung dengan riset dosen, dan 4) proses pembimbingan dimulai sedini mungkin. Hal yang sama pun perlu dilakukan oleh dosen atau program studi untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitian.

    Maka untuk menyusu proposal tesis atau disertasi, Prof. Ana memberikan tips, antara lain: 1) melakukan kajian literatur sedini mungkin, 2) mencari potensi penelitian lanjutan, 3) merumuskan permasalahan/ pertanyaan penelitian, 4) menetapkan metode dan disain penelitian, dan 5) menetapkan strategi penyelesaian penelitian.

    Tulisan ilmiah setingkat tesis atau disertasi bahkan artikel ilmiah pun harus ditekuni. Caranya dapat dilakukan dengan menentukan rancang struktur tulisan. Selalu konsultasi dengan tim dan dosen. Berusaha menghindari menulis terlalu banyak. Menyediakan waktu untuk menulis agar dapat memenuhi target. Menghindari bahasa gaul atau menggunakan kata yang mengandung ketidakpastian. Dan yang tidak kalah penting adalah mengikuti kaidah sitasi.

    Maka siapapun, mahasiswa maupun dosen dalam menulis tesis/disertasi atau artikel ilmiah yang akan dipublikasikan ke jurnal bereputasi setingkat scopus patut memperhatikan: 1) memastikan menulis disertasi/tesis adalah passion Anda, 2) meneguhkan niat untuk melaksanakan penelitian tesis/disertasi, 3) disiplin terhadap waktu, 4) mengikuti ritme kerja pembimbing, 5) bernegosiasi dengan hati dan emos, dan 6) menurunkan disertasi/tesis ke dalam artikel jurnal, buku, atau invensi/Haki.

    Kini di tangan Anda, untuk bisa menuntaskan tesis atau disertasi dan artikel ilmiah. Karena bila berani memulai, maka harus berani mengakhirnya …. #PascaUnpak #MenulisIlmiah


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.