{Berhasil} 5 Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri Secara Mudah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Muhammad Faiq

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2020

Rabu, 15 Juli 2020 13:54 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • {Berhasil} 5 Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri Secara Mudah

    Dibaca : 326 kali

    Touchscreen android bergerak sendiri.

    Sampai sekarang, masih banyak pengguna android yang mengalami touchscreen bergerak sendiri meskipun mereka tidak tersentuh. Bagi yang masih belum mengerti, biasanya mereka akan menganggap bahwa layar sentuh rusak.

    Sebenarnya tidak tepat untuk mengatakan rusak, lebih tepatnya kesalahan karena kemungkinan tidak ada kerusakan pada layar sentuh. Ini sangat alami, karena saya pribadi juga pernah mengalaminya.

    Ada banyak hal yang menyebabkan layar layar sentuh android menjadi kesalahan. Selain itu, ada beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi, seperti layar sentuh meleset, menekan sendiri, atau melompat ketika disentuh.

    Penyebab Touchscreen Android Bergerak Sendiri


    Berikut penyebab sebuah permasalahan Touchscreen android bergerak sendiri sehingga menyebab layar sentuh pada android cepat rusak.

    1. Pengisi Daya Rusak


    2. Baterai Habis


    3. Layar Panas


    4. BUG pada ROM


    5. Pelindung Layar Kotor

    Nah untuk mengatasi hal seperti kamu, simak berikut..

    Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri


    Seperti yang saya katakan di atas, ada banyak hal yang menyebabkan layar sentuh android bergerak sendiri. Berikut adalah beberapa cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri:

    1. Mengganti Charger


    Sebenarnya ini juga tidak bisa dikatakan pengisi daya rusak. Biasanya, layar sentuh bergerak sendiri karena output pengisi daya tidak kompatibel dengan Android, jadi ketika digunakan, layar sentuh sering dilewati saat disentuh.

    Agar layar Android Anda tidak ketinggalan, terutama saat digunakan saat sedang diisi daya, coba gunakan pengisi daya asli atau setidaknya gunakan pengisi daya yang memiliki output yang sama.

    Oh ya, selain menyebabkan layar sentuh bergerak sendiri, charger yang rusak atau tidak cocok juga dapat menyebabkan baterai mengalami masalah suhu pada Android.

    2. Mengecas Baterai Yang habis


    Ketika baterai Android habis, biasanya kinerja akan menurun secara otomatis. Sistem Android juga akan menyesuaikan pengaturan sehingga baterai lebih efisien. Biasanya, beberapa pengaturan diubah, seperti meredupkan kecerahan layar.

    Anda perlu tahu bahwa baterai rendah di Android juga dapat menyebabkan kesalahan layar sentuh. Tidak jelas mengapa itu terkait. Namun pada kenyataannya banyak yang touchscreen normal lagi setelah mengisi baterai Android.

    3. Mendiginkan Layar Yang Panas


    Layar Android yang panas biasanya disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan. Jika layar Android panas, overheating biasanya terjadi pada komponen Android. Perlu diingat, layar yang panas akan membuat sensitivitas layar sentuh berkurang, sehingga sering melompat sendiri.

     

    Untuk mengatasinya, gunakan Android secara alami. Jika harus digunakan untuk waktu yang lama, silakan gunakan pendingin seperti kipas untuk memperlambat proses pemanasan pada komponen Android.

    4. BUG pada ROM


    Di setiap ROM atau Firmware, bug sering ditemukan, terutama dalam versi beta ROM. Jadi, ketika Anda mengalami layar sentuh bergerak sendiri setelah pembaruan firmware atau mengganti ROM, bisa jadi masalahnya ada pada ROM yang digunakan.

    Saran saya, ketika Anda ingin mengganti ROM Android, baca dan baca komentar di forum atau grup yang menyediakan ROM. Jika masih ada bug, lebih baik tidak melakukannya. Tetapi jika ROM adalah versi final atau stabil, silakan gunakan ROM.

    5. Mengganti Pelindung Layar Kotor


    Penggunaan screen guard pada layar Android memang bisa dikatakan penting karena bisa melindungi layar menjadi lebih kuat. Namun, perlu diperhatikan juga kebersihan screen guard. Karena jika kotor, sebenarnya dapat menyebabkan masalah dengan layar sentuh.

     

    Terkadang, debu dan kotoran sering menempel pada pelindung layar, menyebabkan fungsi layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Seringkali layar Android bergerak sendiri dapat disebabkan oleh penjaga layar yang kotor. Jadi, rajin membersihkan pelindung layar Anda.

     

    Itulah beberapa Penyebab Android Touchscreen Moving Alone. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan memperluas wawasan kita.

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.