Apa Itu cPanel dalam Dunia Website dan Manfaatnya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Sabtu, 1 Agustus 2020 06:46 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Apa Itu cPanel dalam Dunia Website dan Manfaatnya

    cPanel mempunyai peranan penting dalam dunia website. Jika Anda belum tau apa itu cPanel dan manfaatnya, Anda bisa baca artikel ini. Penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

    Dibaca : 402 kali

    Sederhananya, cPanel adalah dashboard yang akan membantu Anda mengelola akun hosting Anda. Ini beroperasi mirip dengan desktop di komputer Anda, di mana Anda akan menemukan ikon dan berbagai program yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

    Tanpa cPanel, mengelola lingkungan hosting Anda akan sangat sulit dan perlu pengetahuan teknis. Tetapi, dengan menggunakan dashboard seperti cPanel melakukan tugas-tugas kompleks hanya membutuhkan beberapa klik. Perangkat lunak unik ini memungkinkan pemula yang lengkap dapat mengelola akun hosting mereka sendiri. 

    Banyak host web menggunakan cPanel (termasuk Masterweb), jadi ide bagus untuk memahami apa itu cPanel, manfaat memiliki akses ke dashboard cPanel.

    Apa Itu cPanel?

    Seperti disebutkan dalam pendahuluan, cPanel adalah control panel yang membantu Anda mengelola backend dari dashboard hosting Anda. Ini menyederhanakan proses manajemen hosting dan memungkinkan Anda menyelesaikan tugas dengan beberapa klik.

    Keindahan cPanel adalah ia dibuat untuk pemula yang lengkap. Meskipun Anda dapat menyelesaikan tugas yang rumit, ini adalah alat yang sangat mudah dan mudah digunakan.

    Sebagai contoh, berikut adalah beberapa tugas yang dapat Anda selesaikan di cPanel:

    • Instal WordPress, atau CMS lain dengan beberapa klik
    • Atur server Anda dan kelola file melalui antarmuka visual
    • Buat akun email khusus domain
    • Periksa statistik penggunaan server Anda saat ini
    • Instal aplikasi dan perangkat lunak baru ke server Anda
    • Kelola alat keamanan apa pun
    • Jalankan atau jadwalkan backup situs web

     

    Tentu saja ini baru permulaan. Ada banyak lagi yang bisa Anda lakukan dari dalam cPanel. Tampaknya ada sederetan fitur dan alat yang hampir tak ada habisnya yang dapat Anda akses.

    Tapi, jangan biarkan ini mengintimidasi. Anda tidak perlu memahami bagaimana setiap fitur berfungsi untuk menggunakan cPanel secara efektif. Sebaliknya, hanya ada beberapa tugas inti yang perlu Anda ketahui bagaimana melakukannya. Sisanya bisa Anda pelajari perlahan atau biarkan begitu saja.

    Mengapa Anda Ingin Menggunakan cPanel?

    Tanpa cPanel akan sangat sulit untuk benar-benar mengelola server Anda. Anda membutuhkan pengetahuan teknis tingkat lanjut untuk menyelesaikan tugas yang cukup sederhana. Kecuali Anda bersedia meluangkan waktu untuk memahami cara kerja baris perintah, Anda akan kesulitan mengelola server Anda, atau bahkan membuat situs web.

    cPanel adalah salah satu control yang paling banyak digunakan di penyedia web hosting. Ini umum digunakan di seluruh paket shared hosting, tetapi Anda akan menemukannya di berbagai hosting lain juga. Namun, ketika Anda mendapatkan bentuk hosting yang lebih canggih seperti hosting yang dikelola WordPress, VPS, dan cloud hosting, Anda biasanya akan menemukan control panel khusus.

    cPanel membantu pemula mengelola lingkungan server mereka tanpa terlalu banyak belajar. Set fitur dapat sedikit membingungkan bagi pemula, tetapi menyelesaikan tugas-tugas tertentu untuk meluncurkan situs Anda cukup mudah. 

    Manfaat Menggunakan cPanel

    Ketika Anda mencoba memulai online, Anda ingin itu menjadi proses yang mudah. Sayangnya, banyak host membuat mengelola server Anda dan mengatur situs web Anda lebih rumit dari yang seharusnya. Untungnya, Masterweb dilengkapi dengan cPanel yang ramah bagi pemula.

    Ini sangat mudah untuk memulai, tetapi juga dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih untuk kontrol dan kustomisasi server total.

    Berikut adalah beberapa manfaat terbesar untuk menggunakan cPanel Masterweb:

    1. Mudah Digunakan dan Belajar

    Mencoba mengelola server Anda sendiri dan meluncurkan situs web Anda akan menjadi tugas yang hampir mustahil jika Anda tidak memiliki keterampilan dan pengalaman pemrograman yang tepat.

    Tetapi, dengan cPanel, Anda benar-benar hanya perlu menemukan aplikasi yang tepat, klik, dan biarkan perangkat lunak melakukan hal itu.

    Menjalankan aplikasi dasar untuk membuat situs web Anda hidup, online, dan dibangun hanya memerlukan beberapa klik. Mengelola file server Anda dan menginstal skrip server tambahan akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan, tetapi tidak ada tugas yang terlalu sulit untuk diselesaikan di cPanel.

    2. Dapat Menghemat Waktu dan Uang Anda

    Mengelola, memperbarui, dan menjalankan server Anda sendiri membutuhkan waktu dan uang. Dengan cPanel, melakukan semua tugas ini semudah klik, tetapi tanpa alat ini satu-satunya pilihan Anda adalah membayar developer. Atau, investasikan banyak waktu untuk mempelajari keterampilan ini sendiri.

    Alih-alih harus mempekerjakan staf teknis untuk mengelola situs web Anda, Anda dapat menangani sendiri semua tugas teknis ini dan bergantung pada penginstal perangkat lunak yang dibundel. 

    3. Banyak Perangkat Lunak Untuk Semua Kebutuhan

    Dengan cPanel Anda mendapatkan akses ke ratusan aplikasi perangkat lunak yang berbeda secara instan:

    Misalnya, ada penginstal perangkat lunak yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti:

    • Kelola file Anda di server Anda secara visual (tidak perlu coding)
    • Buat dan kelola akun email baru yang terkait dengan situs web Anda
    • Jalankan atau jadwalkan backup situs web otomatis
    • Instal beragam CMS di situs Anda

     

    Pada dasarnya apa pun yang ingin Anda lakukan dengan server atau situs web Anda, Anda akan menemukan perangkat lunak yang memungkinkan Anda menyelesaikan tugas tersebut. 

    4. Tersedia Banyak Tutorial dan Support

    Akhirnya, karena cPanel adalah salah satu control panel yang paling banyak digunakan, Anda akan dapat menemukan banyak tutorial dan artikel pendukung yang berbeda yang akan membantu Anda menguasai penggunaan alat ini.

    Kesimpulan

    Nah itulah artikel yang membahas tentang cPanel dan manafatnya. cPanel melakukan banyak tugas yang seharusnya dilakukan dengan cukup rumit namun menjadi sangat mudah hanya dengan klik - klik saja. Anda juga dapat membuat website dengan cepat menggunakan CMS WordPress. Terima kasih sudah menyimak artikel ini sampai selesai, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.