Generasi Sehat Tanpa Rokok - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Seorang remaja yang tergabung dalam remaja anti rokok membentangkan ikat kepala yang bertuliskan keren tanpa rokok pada hari bebas kendaraan bermotor, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (3/11). TEMPO/Dasril Roszandi

Raiders Marpaung

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2020

Sabtu, 1 Agustus 2020 13:13 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Generasi Sehat Tanpa Rokok

    Bahaya rokok untuk kesehatan antara lain kanker otak, stroke, keriput, katarak, jari kekuningan, gigi hitam dan rusak, kanker mulut dan lidah, kanker tenggorokan, penyakit jantung koroner, kanker paru-paru, kerusakan organ reproduksi, dan lain-lain.

    Dibaca : 1.067 kali

    Rokok dan minol (minuman beralkohol) adalah window drugs atau pembuka jalan bagi penggunaan NAPZA  lain yang lebih berbahaya. Sebanyak 2 dari 3 laki-laki dewasa Indonesia adalah perokok dengan rata-rata konsumsi13 batang per hari. Menurut data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2010, rokok membunuh 200.000 orang per tahun.

    Jenis-jenis rokok antara lain rokok konvensional antara lain rokok kretek dan rokok filter. Rokok elektrik antara lain battery, atomizer dan cartridge. Shisha, pertukaran pipa shisha dapat menularkan berbagai penyakit infeksi, seperti penularan virus corona yang sampai saat ini masih meresahkan dunia. Vaporizer, antara lain cairan beraroma buah-buhan, nikotin cair dan pelarut.

    Bahaya yang tersembunyi pada rokok adalah terdapat 4000 jeniz zat kimia dalam sebatang rokok. Zat kimia tersebut antara lain acetone (penghapus cat), methanol (bahan bakar roket), dybenzacridine (digunakan dalam baterai), cadmium (dipakai accu mobil), hydrogen cyanide (racun untuk hukuman mati), ammonia (pembersih lantai), carbon monoxide (gas dari knalpot), nikotin, tar, dan lain-lain. Bahaya rokok untuk kesehatan antara lain kanker otak, stroke, keriput, katarak, jari kekuningan, gigi hitam dan rusak, kanker mulut dan lidah, kanker tenggorokan, penyakit jantung koroner, kanker paru-paru, kerusakan organ reproduksi, dan lain-lain.

    Jadi katakan tidak pada rokok.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.