x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Selasa, 18 Agustus 2020 06:37 WIB

Perlu Anda Ketahui, 4 Kekurangan Motor Matic Dibanding Motor Manual

Di balik kemudahan dan popularitasnya, ternyata motor matic juga mempunyai kekurangan loh apabila dibandingkan dengan motor manual.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika dahulu motor manual mendominasi jalanan Indonesia, kini jalanan Indonesia dipenuhi oleh motor-motor matic dari berbagai merek. Motor matic yang pada awal munculnya di Indonesia seringkali diragukan dan dicibir kini menjadi motor yang mendominasi pasaran dan disukai oleh semua kalangan.

 

Motor matic sangat populer dan disukai oleh banyak kalangan karena kenyamanan dan kemudahan penggunaannya berkat sistem transmisi otomatis dan bobotnya yang rata-rata lebih ringan dari motor manual, dan memiliki bagasi dan dek yang dapat menampung lebih banyak barang bawaan jika dibandingkan dengan motor manual.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Karena kemudahan dan kenyamanan penggunaannya, banyak orang-orang yang baru menggunakan motor dan wanita akhirnya memilih motor matic daripada motor manual.

 

Akan tetapi, dibalik kemudahan dan kenyamanan penggunaannya, sepeda motor matic juga mempunyai kekurangan jika dibandingkan dengan motor manual, kekurangan ini ada baiknya Anda ketahui sebagai calon pengguna atau sebagai pengguna motor matic, karena dengan ini Anda akan lebih mengenal motor Anda sendiri.

 

Kekurangan Motor Matic Jika Dibandingkan dengan Motor Manual

Berikut ini beberapa kekurangan motor matic jika dibandingkan dengan motor manual yang wajib Anda ketahui.

 

1. Tidak Memiliki Engine Brake

Ini adalah salah satu kekurangan motor matic jika dibandingkan sengan motor manual yang wajib Anda ketahui sebagai pengguna motor matic. Karena menggunakan transmisi otomatis, motor matic pun tidak mempunyai engine brake seperti motor manual yang menggunakan transmisi manual.

 

Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna motor matic harus senantiasa mengecek dan melakukan perawatan terhadap sistem pengereman motor Anda, kalau tidak bisa-bisa suatu saat rem Anda bermasalah dan saat itu Anda tidak akan bisa berbuat apa-apa untuk melambatkan motor Anda karena motor Anda tidak mempunyai engine brake dan hanya bergantung pada rem saja.

 

2. Shock Belakang Rentan Ambles

Kebanyakan motor matic menggunakan shockbreaker di bagian belakang, meski membawa keuntungan berupa lebih empuk dan membuat kenyamanan berkendara naik, namun shockbreaker yang berada di bagian belakang lebih rentan ambles.

 

Jadi, jika Anda menggunakan motor matic, pastikan Anda tidak terlalu sering membawa beban berlebihan dan memaksa motor Anda.

 

3. Biaya Perawatan yang Lebih Mahal

Biaya perawatan yang lebih mahal pada motor matic terjadi karena sistem mesin yang lebih tertutup membuat motor matic relatif lebih susah untuk diperbaiki komponennya, karena hal itu biaya perawatan motor matic terbilang relatif lebih mahal daripada motor manual.

 

4. Kurang Nyaman di Jalan Bergelombang

Penggunaan ban dan roda dengan ukuran kecil membuat motor matic terasa kurang nyaman jika digunakan untuk melewati jalanan yang bergelombang atau belum di aspal. Jika Anda saat ini menggunakan motor matic, maka Anda dapat dengan mudah merasakan kekurangan yang satu ini, apalagi jika Anda juga menggunakan motor manual, kekurangan ini akan lebih terasa lagi.

 

Demikian beberapa kekurangan motor matic jika dibandingkan motor manual yang wajib kita semua dan khususnya pengguna motor matic ketahui. Kekurangan diatas bukan berarti bahwa motor matic lebih jelek daripada motor manual, karena jenis motor mana yang bagus untuk Anda tergantung pada Anda sendiri.

 

Dengan mengetahui kekurangan motor matic diatas, pengguna motor matic dapat melakukan hal yang lebih baik lagi untuk mengatasi kekurangan motornya, dan bagi calon pengguna dapat menjadikan kekurangan diatas sebagai bahan pertimbangan.

 

Sumber referensi : Aufaproject46

 

 

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB