10 Makanan Khas Jepang yang Selalu Menjadi Favorit - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Pioneer

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 September 2020

Minggu, 13 September 2020 06:07 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 10 Makanan Khas Jepang yang Selalu Menjadi Favorit

    Jepang memiliki makanan khas yang sudah terkenal di penjuru dunia, salah satunya Sushi. Eits, tak hanya Sushi, negeri ini juga memiliki makanan khas lainnya yang dapat dipastikan menggugah selera makan kalian. Penasaran kira-kira apa saja menu lainnya?

    Dibaca : 450 kali

    Jepang identik dengan gagahnya gunung Fuji dan indahnya bunga Sakura yang bermekaran di tiap tahunnya. Dibalik keindahannya, negeri Matahari Terbit ini memiliki makanan khas yang sudah terkenal di penjuru dunia, salah satunya Sushi.

    Eits, tak hanya Sushi, negeri ini juga memiliki makanan khas lainnya yang dapat dipastikan menggugah selera makan kalian. Penasaran kira-kira apa saja? Berikut akan kami ulas 10 Makanan Khas Jepang yang selalu menjadi favorit banyak kalangan.

    Udon

    1. Udon

    Dibandingkan dengan mie pada umumnya, Udon memiliki tekstur yang lebih liat dan lebih kenyal. Selain itu, ukuran mie pada Udon jauh lebih besar daripada Ramen. Untuk penyajiannya, Udon biasa dipadukan bersama kuah bening dari kaldu dashi. Terbayang kelezatannya bukan? Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak restoran Jepang yang menyajikan santapan ini lho, salah satunya Marugame Udon. Jadi, kalian tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk bisa menikmati Udon yang lezat ini.

    ramen

    2. Ramen

    Pastinya, kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini bukan? Ramen merupakan makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Mie khas Jepang ini disajikan bersama kuah kaldu dengan topping daging, ikan dan irisan bawang untuk menambah kelezatannya. Selain itu, Ramen juga bisa dinikmati bersama sup Miso yang tak kalah nikmat dalam setiap suapannya. Tertarik untuk mencobanya?

    soba

    3. Soba

    Masih seputar mie khas Jepang, Soba berbahan dasar tepung gandum kuda yang sekilas terlihat seperti Ramen. Soba memiliki tekstur kaku, tipis dan berukuran panjang. Untuk penyajiannya, Soba disajikan dengan 2 cara, yaitu Zaru Soba dan Bukkae Soba. Zaru Soba dihidangkan menggunakan piring berbentuk persegi yang terbuat dari anyaman bambu. Untuk menyantapnya, Soba dicelupkan ke dalam saus khusus, yaitu Soba Tsayu. Sedangkan Bukkae Soba dihidangkan bersama kaldu yang hangat dilengkapi topping berupa tempura ataupun daging bebek yang dapat menambah kelezatan dalam tiap suapannya. Bagaimana, sungguh nikmat bukan?

    miso

    4. Miso

    Miso merupakan sup khas Jepang yang berbahan dasar kaldu dashi. Makanan ini kaya akan vitamin dan protein karena Miso terbuat dari hasil rebusan rumput laut yang dikeringkan serta dipadukan bersama serutan ikan Cakalang. Biasanya, Miso dihidangkan bersama Ramen. Untuk menambah kelezatannya, Sup Miso bisa disantap bersama Seafood atau aneka sayur-sayuran. 

    teriyaki

    5. Teriyaki

    Teriyaki merupakan jajaran makanan khas Jepang yang cukup populer di negara kita karena memiliki rasa yang pas di lidah masyarakat Indonesia. Rasa manis dan gurih yang diciptakan selalu bikin nagih untuk memakannya terus menerus. Tak perlu khawatir, Ayam Teriyaki sudah tersedia banyak di restoran Indonesia. Kabar baiknya, kalian bisa menikmati hidangan nikmat ini di rumah dengan cara memasaknya sendiri. Membuat resep ayam teriyaki pun masih tergolong mudah karena bahannya bisa dicari di supermarket terdekat.

     

    sushi

    6. Sushi

    Makanan khas satu ini cukup tersohor di berbagai penjuru dunia. Pasalnya, Sushi merupakan makanan yang menjadi ikon Negeri Sakura ini. Sushi sendiri terdiri dari nasi yang dipadukan bersama makanan dari laut, sayur dan daging yang masih mentah maupun sudah matang. Untuk menyantapnya, bisa dicelupkan ke dalam saus khusus agar menambah cita rasa kenikmatannya dalam setiap gigitan. Eits, selain nikmat, Sushi juga rendah lemak namun kaya akan vitamin dan protein lho! Bagaimana, tergoda untuk mencicipinya?

    takoyaki

    7. Takoyaki

    Kudapan ini berasal dari daerah Kansai, Jepang. Takoyaki berbentuk bola-bola kecil dengan isian di dalamnya yang pastinya bikin nagih. Biasanya, isian Takoyaki berupa irisan daging Gurita, acar jahe merah, potongan tempura serta daun bawang yang menambah cita rasa nikmat dalam gigitannya. Untuk rasanya sendiri cenderung gurih dan asin dengan dilengkapi taburan ikan asap dan siraman saus manis di atasnya. 

    tempura

    8. Tempura

    Makanan ini tak kalah populernya dengan Sushi lho! Tempura merupakan gorengan yang berasal dari makanan laut ataupun sayuran yang dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu dan kuning telur kemudian diencerkan bersama air dingin. Selanjutnya di goreng hingga berwarna kekuningan dan tempura siap disantap. Terbayang kelezatannya bukan?

    okonomiyaki

    9. Okonomiyaki

    Kudapan khas Jepang satu ini bentuknya hampir mirip seperti omelet. Okonomiyaki berbahan dasar tepung terigu yang diencerkan dengan dashi atau air lalu dicampurkan bersama makanan laut atau daging babi, telur ayam dan irisan kol. Untuk menikmatinya, biasanya ditambahkan saus yang kental serta siraman mayonaise sehingga terasa lebih lezat dan bikin nagih!

    onigiri

    10. Onigiri

    Onigiri merupakan makanan yang terbilang sederhana namun menggugah selera makan lho. Terbuat dari nasi yang dikepal lalu diberi isian berupa sayuran ataupun olahan daging dan dibalut dengan nori pada bagian luarnya, menjadikan makanan ini sebagai santapan favorit untuk sarapan. Biasanya, Onigiri berbentuk segitiga maupun bulat sehingga memudahkan para penikmatnya untuk menyantap makanan ini.


    Itulah 10 makanan khas Jepang yang cukup populer dan selalu menjadi favorit banyak kalangan. Kalian tak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura untuk mencicipinya, karena di Indonesia juga sudah banyak yang menjajakan makanan khas Jepang tersebut lho. Kira-kira manakah yang menjadi menu favoritmu? Selamat berjelajah kuliner.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.