x

Iklan

cindy parastasia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Oktober 2020

Minggu, 4 Oktober 2020 08:17 WIB

Mahasiswa UMM Distribusikan Ilmu untuk Siswa SD Melalui Donasi Buku di Lombok Barat

Kegiatan PMM KKN Kelompok 55 Gelombang 10 oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kegiatan KKN di Dusun Montong Sager, Desa Tamansari, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Salah satu program kerja yang dijalankan adalah mengadakan kegiatan lingkar belajar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (2/10).

            Kegiatan lingkar belajar ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada siswa-siswi SD-SMP yang tidak mendapatkan akses untuk sekolah daring. Selama COVID-19, kelompok 55 PMM KKN UMM berupaya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tersebut. Sehingga, dengan tidak adanya kegiatan belajar di sekolah, kelompok 55 PMM KKN mengadakan lingkar belajar non-formal. Lokasi kegiatan lingkar belajar ini bertempat di sanggar literasi yang terdapat di desa tersebut.

            Bertempat di Bale Ade, sanggar literasi yang sudah didirikan oleh Ade Supardi sejak tahun 2012. Terdapat beberapa kendala yang dialami oleh sanggar ini yang kemudian berusaha diatasi oleh kelompok 55 PMM KKN. Salah satunya adalah kekurangan tenaga pengajar dan bahan ajar seperti buku.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Tenaga pengajar di sanggar Bale Ade tidak sebanding dengan jumlah peserta didik. Maka dari itu kelompok 55 PMM KKN turut serta dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut sebagai tenaga pengajar. Selain itu, dengan bahan bacaan yang masih kurang, kelompok 55 PMM KKN mengadakan donasi buku.

            Donasi buku yang dilakukan berhasil mengumpulkan lebih dari 100 buku bacaan anak-anak. Buku-buku yang terkumpul kemudian akan diserahkan kepada sanggar literasi Bale Ade untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.  Dengan adanya sumbangan buku ini, diharapkan minat baca anak-anak di desa Tamansari semakin meningkat.

 

Ikuti tulisan menarik cindy parastasia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler