Yuk, Ketahui Cara Merawat AC agar Tidak Mudah Rusak - Urban - www.indonesiana.id
x

Ahmad Ansori

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 November 2020

Selasa, 24 November 2020 10:21 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Yuk, Ketahui Cara Merawat AC agar Tidak Mudah Rusak

    AC atau air conditioner adalah salah satunya piranti elektronik yang kerap Anda jumpai atau bahkan juga Anda sendiri adalah salah satunya pemakai AC di rumah. Kenyataannya walau tiap hari orang terus bersinggungan dengan AC, tidak seluruhnya orang pahami bagaimana menjaga AC supaya masih tahan lama dan tidak gampang rusak. Menggunakan AC secara asal-asalan pasti mempersingkat usia AC tersebut.

    Dibaca : 1.172 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    AC atau air conditioner adalah salah satunya piranti elektronik yang kerap Anda jumpai atau bahkan juga Anda sendiri adalah salah satunya pemakai AC di rumah. Kenyataannya walau tiap hari orang terus bersinggungan dengan AC, tidak seluruhnya orang pahami bagaimana menjaga AC supaya masih tahan lama dan tidak gampang rusak.

    Menggunakan AC secara asal-asalan pasti mempersingkat usia AC tersebut. Sering orang terus tergantung pada layanan servis AC untuk jaga AC, walau sebenarnya tukang servis AC cuman tiba beberapa waktu sekali itu juga bila pemilik AC berasa perlu untuk bersihkan AC. Atau bila Anda memikir cukup dengan panggil layanan bersihkan AC karena itu AC telah aman, ini tidak betul.

    Banyak factor yang memengaruhi kerusakan pada AC, baik dari elemen maupun dari faktor external. Waktu menempatkan AC yakinkan Anda memillih layanan pasang AC yang pas. Dengan pilih orang berpengalaman karena itu Anda dapat meminimalisir kerusakan.

    Atau bila Anda pengin mengalihkan AC dari ruangan tamu ke ruangan tengah yakinkan layanan bongkar-pasang AC yang Anda tentukan profesional. Perlakukan AC dengan asal-asalan cuman akan menghancurkan AC secara perlahan-lahan, walau Anda kerap lakukan servis Ac kenyataannya ada 7 fakta yang perlu Anda kenali supaya AC tidak gampang rusak.

    1. Setting Suhu 22 derajat Celcius untuk Penggunaan Lebih Dari 8 Jam

    Hidup ditengah-tengah kota dengan temperatur panas benar-benar tidak tenteram, itu penyebabnya banyak kantor maupun rumah yang pilih AC selaku salah satunya jalan keluar untuk menangani temperatur panas. Bila Anda terhitung orang yang dalam satu hari menggunakan AC lebih dari 8 jam karena itu Anda semestinya menyetel temperatur AC 22 derajat celcius dan jangan di bawah 22 derajat celcius.

    Penataan temperatur di bawah 22 derajat celcius cuman akan membuat AC makin cepat hancur sebab AC harus berusaha keras dalam periode waktu lama dan boros energi. Elemen pada AC akan bekerja lebih keras mana yang ini akan membuat AC cepat hancur di bagian internnya.

    Anda pun harus mengenali jika AC semestinya jadi pengontrol temperatur ruangan bukan pendingin ruangan dan selaku pengontrol temperatur ruangan karena itu temperatur 24 sampai 25 derajat telah cukup buat cuaca Indonesia. Dengan penataan temperatur yang pas karena itu AC tidak gampang rusak. Dan perombakan temperatur yang mencolok pada ruang dari panas jadi dingin tidak begitu bagus untuk badan.

    2. Rutin Membersihkan Debu

    Penyakit memang jadi lawan khusus manusia, tapi debu adalah lawan utama yang perlu diberantas. Debu yang melekat pada almari dan dinding tembok harus dibikin bersih secara teratur. Ini harus Anda kerjakan supaya ruang masih sehat dan bersih.

    Ada debu dalam partikel udara benar-benar tidak dapat dijauhi, itu penyebabnya penting untuk rajin bersihkan debu apa lagi debu berpotensi besar bawa bermacam jenis penyakit dan bisa memunculkan masalah kesehatan pada pernapasan manusia. Belum juga debu adalah salah satunya elemen yang gampang melekat pada beberapa sudut sempit dan tidak dapat dijangkau. Debu yang melekat di atas almari dan dinding sering lepas waktu Anda sedang bersihkan ruang. Walau sebenarnya debu yang terakumulasi akan memberatkan kerja AC.

    3. Posisi On ke Off Lalu On Kembali lagi Harus Dikasih Jeda 5 Menit

    Jaga supaya AC tidak gampang rusak sebenarnya gampang tetapi harus terus menerus. Diantaranya dalam proses menghidupkan dan mematikan AC. Kadang Anda tiada menyengaja salah menekan tombol Off dan AC langsung mati lalu buru-buru Anda memencet tombol On. Ini benar-benar tidak bagus. Sebab tidak jedah dari Anda memencet tombol Off ke tombol On.

    Dalam AC sedang berlangsung proses, yakni ada penataan refrigerant dalam proses mana yang memerlukan waktu lima menit. Karena itu saat sebelum menghidupkan kembali lagi AC seharusnya berikan jedah waktu lima menit.

    4. Pakai Mode Cool Bukan Auto Dry

    Pada remote AC ada beberapa lambang mana yang masing-masing lambang mempunyai peranan yang berbeda. Beberapa orang yang kerap menyambat jika temperatur AC kurang dingin walau sebenarnya telah disetel di bawah 20 derajat celcius. Bila ini Anda rasakan karena itu Anda dapat mengganti model AC jadi cool. Waktu Anda pilih model auto dry karena itu AC akan kurangi kelebapan udara pada ruang. Dan ini kurang sehat untuk kulit sebab jika udara begitu kering kelembapan akan raib dan kulit jadi kering hingga bisa menyebabkan kulit kerutan.

    5. Cuci AC Rutin

    Keutamaan untuk lakukan bersihkan AC secara teratur, penimbunan debu dan kotoran akan mempunyai imbas yang tidak bagus untuk mesin AC dan untuk kesehatan manusia. Apa lagi bila Anda mempunyai anak balita mana yang dalam ruang Anda harus menggunakan AC. Untuk penggunaan normal kurang dari 12 jam karena itu Anda dapat mencuci AC tiap tiga bulan sekali.

    Tapi untuk penggunaan AC 12 sampai 18 jam Anda dapat mencucinya dua bulan sekali. Dan untuk ruang berdebu seperti di tepi jalan karena itu Anda dapat mencucinya tiap bulan. Waktu penggunaan dan posisi akan tentukan jumlahnya debu yang tersaring pada filter AC, dan disini pentingnya melakukan bersihkan AC.

    6. Pakai Timer AC Saat Tidur

    AC benar-benar mempunyai peranan selaku pendukung kenyamanan waktu tidur tapi menyetel AC sepanjang malam pun tidak bagus untuk kesehatan badan. Mana yang semburan AC langsung dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah syaraf dan buruk untuk pasien asma. Karena itu Anda dapat aktifkan timer saat sebelum tidur. Yakinkan Anda menyetel temperatur 25 derajat celcius dan aktifkan timer, dengan demikian AC akan automatis mati sesudah beberapa jam dan temperatur ruangan masih dingin.

    7. Pastikan Sirkulasi Udara Pagi Lancar

    Walau Anda menggunakan AC dan rajin membersihkannya, janganlah lupa untuk selalu mengendalikan sirkulasi udara dengan membuka jendela pada pagi hari. Dengan buka jendela kamar karena itu ada berlangsung penggantian udara.

    Referensi artikel dari Service AC Malang.

    Ikuti tulisan menarik Ahmad Ansori lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 466 kali