Generasi Muda Lestarikan Lingkungan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Fandy Syah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2020

Sabtu, 28 November 2020 18:01 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Generasi Muda Lestarikan Lingkungan

    Melestarikan lingkungan sekitar. Untuk kehidupan yang lebih baik

    Dibaca : 938 kali

    Astra Ajak Generasi Muda Lestarikan Lingkungan

    JAKARTA: Sebagian besar masyarakat yang harus beraktivitas di rumah akibat pandemi Covid-19 mulai membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru. Berkebun dan menanam pohon menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kegiatan selama di rumah. Akibat terjadi pergeseran perilaku masyarakat tersebut, penjualan tanaman di berbagai daerah meningkat secara signifikan.

    Apabila kebiasaan baru menanam pohon ini dapat berkelanjutan, gerakan bersama masyarakat tersebut diharapkan dapat berkontribusi mengatasi masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita.

    Gerakan mengatasi masalah lingkungan juga dilakukan oleh Astra, yang merupakan bagian dari ekosistem Indonesia dan senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan bangsa melalui program kontribusi sosial berkelanjutan, salah satunya di bidang lingkungan. Sejalan dengan gerakan tersebut, Astra pada hari ini (28/11) mengadakan Festival Lingkungan Astra 2020 dengan tema “Eco-Youth Generation”.

    Festival tersebut bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Melalui kegiatan ini, Astra tidak hanya ingin mengajak masyarakat untuk ikut berperan, tetapi mengajak generasi muda untuk mulai peduli terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan yang bisa berdampak besar.

    “Melalui kegiatan ini, Kami ingin meng ajak masyarakat terutama generasi muda untuk makin meningkatkan kepeduliannya terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan lainnya dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

    Dalam festival yang diadakan secara virtual, turut hadir Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nandang Prihadi, dan tokoh lingkungan dan konservasi energi Indonesia Ir. Tri Mumpuni.

    Eco-Youth Generation
    Sesuai dengan tema acara, Astra menghadirkan penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2019 bidang lingkungan Maya Stolastika, para aktivis muda yang bergerak di bidang lingkungan seperti Co-Founder Rebricks Novita Tan dan Co-Founder #SayaPilihBumi Diky Wahyudi Lubis untuk membahas diskusi tentang generasi milenial menuju generasi minim sampah plastik dan peduli konservasi melalui channel YouTube SATU Indonesia.

    Para narasumber menjelaskan kontribusinya dalam melestarikan lingkungan melalui program-program yang telah dijalankannya.

    Penanaman Pohon
    Astra telah melaksanakan beberapa program terkait dengan bidang lingkungan, di antaranya adalah penanaman lebih dari 5 juta pohon sejak tahun 2008 di berbagai wilayah di Indonesia, Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara atau disingkat Pranaraksa yang telah berhasil mengonservasi 208 jenis bibit buah langka dan endemik lokal di Indonesia.

    Pembinaan 116 Kampung Berseri Astra di 34 Provinsi dimana sebagian mengangkat tema eco village dan kampung iklim yang juga sejalan dengan program yang dijalankan pemerintah Indonesia serta pengembangan 753 Desa Sejahtera Astra (DSA) di 34 provinsi di Indonesia.

     

    Salah satunya adalah DSA yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah, yang saat ini merupakan daerah penghasil minyak atsiri yang terbuat dari ekstrak berbagai macam tumbuhan yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan.

    Semangat Kurangi Plastik
    Astra juga menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik yang diterapkan baik di internal Grup Astra maupun di masyarakat binaan Astra. Melalui program ini, Astra berhasil mereduksi 8,7 ton plastik dan mengelola lebih dari 49 ton plastik di internal Grup Astra; serta mengelola lebih dari 360 ton sampah plastik di masyarakat melalui 70 bank sampah binaan Astra selama tahun 2020.

    Program-program tersebut dirancang sebagai bentuk kepedulian Astra dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam yang sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan program-program pemerintah di bidang lingkungan.

    Kontribusi Astra dalam mengajak generasi muda untuk melestarikan lingkungan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

    Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

    Boy Kelana Soebroto
    Head of Corporate Communications
    PT Astra International Tbk
    Telp. 021-508-43-888
    Tentang Astra:
    PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

    Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

    Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 236 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 190.087 karyawan, berdasarkan data September 2020.

    Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

    Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 753 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.




    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.