Kemenkumham Sinergikan Strategi Kehumasan untuk Pelayanan Informasi Publik yang Prima - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Fandy Syah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2020

Kamis, 25 November 2021 06:34 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kemenkumham Sinergikan Strategi Kehumasan untuk Pelayanan Informasi Publik yang Prima


    Dibaca : 166 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jakarta - Di era internet of everything, hubungan masyarakat (humas) pemerintah dituntut untuk berkolaborasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya melayani informasi pada publik.
    Pelaksana tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt Dirjen KI) Razilu mengatakan bahwa Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang secara langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat memerlukan sinergitas kehumasan agar strategi komunikasi bisa dijalankan dengan baik.

    “Humas berpengaruh dalam membangun dan mempertahankan citra, sehingga tercipta
    komunikasi yang baik dan bermanfaat antar-instansi dengan masyarakat. Oleh karena
    itu, dibutuhkan manajemen kehumasan yang andal serta kompeten untuk membangun
    citra organisasi yang baik di mata publik,” kata Razilu saat memberi sambutan pada
    acara ‘Kumham PR Summit 2021’ yang diselenggarakan di Hotel Shangri-La pada
    Kamis, 23 November 2021.

    Humas Kemenkumham sebagai instrumen penting dalam mendiseminasi informasi
    kebijakan, undang-undang dan program pemerintah dituntut untuk kreatif menciptakan
    konten digital yang mengikuti tren masa kini dan memanfaatkan teknologi digital.
    “Humas harus mampu mengemas informasi tersebut dalam bahasa yang mudah
    dimengerti masyarakat,” ucap Razilu.

    Selain itu, Konsultan Strategi Komunikasi Kemenkumham Bane Raja Manalu
    mengatakan bahwa Humas Kemenkumham harus dapat menggunakan/memanfaatkan
    kanal internal institusi, seperti media sosial (Instagram, Twitter atau Facebook) maupun
    website unit kerja masing-masing.

    Menurutnya, strategi dan standar operasi dalam menyampaikan informasi juga perlu
    dibuat berdasarkan analisis target audiens yang jelas. Tujuannya agar konten yang
    dibuat dapat tidak hanya menjadi rujukan yang bernilai informatif dan edukatif. Namun,
    juga bisa menghibur dan menarik simpati masyarakat untuk memenangkan hati “Di samping itu, penting juga untuk memiliki relasi yang baik dengan media di era
    internet ini. Salah satunya dengan merespon pertanyaan mereka secara cepat dan
    tepat,” kata Bane.

    Sementara itu, ‘Kumham PR Summit 2021’ merupakan ajang penguatan manajemen
    kehumasan di seluruh unit kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, baik dari
    unit pusat, kantor wilayah, hingga ke unit pelaksana teknis (UPT). Lebih lanjut, Pranata Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Dimas Zainuddin Sukmajatnika mengatakan PR Kumham Summit harus rutin diadakan tidak hanya dari DJKI, tapi juga dari eselon I lainnya. “Ini penting untuk meningkatkan dan menjaga sinergi kehumasan di lingkungan Kemenkumham. Humas saat ini sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, sudah menjadi garda terdepan hubungan antara instansi pemerintah dengan publik, maka dari itu harus terus dibenahi dan ditingkatkan kinerjanya,” ujar Dimas.

    Diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 23-24 November 2021, seluruh
    peserta Kumham PR Summit 2021 diberi pembekalan materi oleh para ahli di bidang
    kehumasan.

    Hadir pada kegiatan di antaranya, Nia Sarinastiti dari Dewan Pakar BPP Perhumas;
    Heni Susila Wardoyo, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham;
    Lestari Nurhajati, Wakil Rektor IV The London School of Public Relations Jakarta; Dwi
    Astuti, Kasubdit Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan; Arif
    Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.

    Selain itu, terdapat pula narasumber lain yaitu, Iman Sjafei, Cofounder Sepikul
    Indonesia; Susangga Surya Alam, Head Of Brand Communication at Narasi.tv; Wani
    Sabu, Executive Vice President Sentra Layanan Digital BCA; Nico Herry Janto, Kepala
    Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan; serta
    Yudistiro Yanuarianto, Manajer Contact Center & Service Desk PT Indonesia Comnets Plus



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.